Apa Itu Referring Domain?

Kalau kamu punya 100 backlink, belum tentu kamu mempunyai 100 referring domain. Logikanya, referring domain tidak pernah bisa melebihi jumlah backlink.

Yang saya pahami dari referring domain itu memiliki arti yang agak luas, untuk menjelaskannya saya bagi menjadi 3 poin:

  1. Dia adalah bagian dari backlink.
  2. Bisa jadi dalam sebuah website, kita memiliki 5 backlink, kita tetap dihitung mempunyai 1 referring domain dari situs tersebut, karena referring domain berbasis domain, bukan page.
  3. Jika kita sudah mendapat backlink ataupun referring domain dari sebuah website, kemudian kita memberikan link-back (membalas sedekah backlink), maka referring domain menjadi batal.

Manfaatnya?

Google menilai kualitas setiap backlink. Ada banyak faktor yang membuat backlink menjadi berkualitas atau tidak. Salah satunya adalah referring domain. Google akan menilai website kita benar-benar mendapat rekomendasi dari sebuah situs.

Perlu dicatat bahwa referring domain akan batal ketika kamu membalas backlink.

Sehingga semakin banyak referring domain yang kamu miliki, akan menjadikan website kamu primadona, ada banyak yang merekomendasikan website kamu. Yang semua itu berujung pada kemudahan menembus halaman 1 Google.

Sampai di sini jelas bahwa praktik link-exchange, arisan, dan sejenisnya berhasil dihadang oleh Google alias tidak akan memberikan efek yang besar, bahkan bisa dibilang tidak bermanfaat.

Demikian penjelasannya.

14 pemikiran pada “Apa Itu Referring Domain?”

  1. saya sudah lama sekali meninggalkan tukar link tersebut, di kalangan blogger memang selalu menjadi pro kontra tentan bahaya bertukar link, namun yang paling penting mendapatkan refering domain, tapi cukup susah juga yaa

    Balas
  2. Mas vatih, jumlah referring domain ini dihitung berdasarkan apa ya? Apakah hanya reffering menuju artikel money site atau menuju home money site?

    Karena di beberapa artikel mas vatih menyebutkan minimal 100 reffering domain yang digunakan untuk mengoptimasi moneysite.

    Nah apakah itu menuju artikel atau ke home?

    Balas
  3. Pantesan Saya lihat kok refferensi domain sama backlink bedanya jauh sekali, ternyata itu perbedaannya. Oh ya, tools pengecek backlink yang akurat apa ya? Soalnya Saya cek diberbagai tools hasilnya berbeda beda.

    Balas
  4. Atau bisa di bilang gini ya min, Reffering domain itu merefferensikan domain kita di mata google….. Atau sebagai nilai seberapa manfaatnya atau kualitas link dari keseluruhan link yang ada di dalam situs si pemberi referensi itu tadi…. Mungkin gitu kah min maksudnya??

    Balas

Yakin Ngga Mau Komen?