Search Engine

Apa Itu Referring Domain?

Kalau kamu punya 100 backlink, belum tentu kamu mempunyai 100 referring domain. Logikanya, referring domain tidak pernah bisa melebihi jumlah backlink.

Yang saya pahami dari referring domain itu memiliki arti yang agak luas, untuk menjelaskannya saya bagi menjadi 3 poin:

  1. Dia adalah bagian dari backlink.
  2. Bisa jadi dalam sebuah website, kita memiliki 5 backlink, kita tetap dihitung mempunyai 1 referring domain dari situs tersebut, karena referring domain berbasis domain, bukan page.
  3. Jika kita sudah mendapat backlink ataupun referring domain dari sebuah website, kemudian kita memberikan link-back (membalas sedekah backlink), maka referring domain menjadi batal.

Manfaatnya?

Google menilai kualitas setiap backlink. Ada banyak faktor yang membuat backlink menjadi berkualitas atau tidak. Salah satunya adalah referring domain. Google akan menilai website kita benar-benar mendapat rekomendasi dari sebuah situs.

Perlu dicatat bahwa referring domain akan batal ketika kamu membalas backlink.

Sehingga semakin banyak referring domain yang kamu miliki, akan menjadikan website kamu primadona, ada banyak yang merekomendasikan website kamu. Yang semua itu berujung pada kemudahan menembus halaman 1 Google.

Sampai di sini jelas bahwa praktik link-exchange, arisan, dan sejenisnya berhasil dihadang oleh Google alias tidak akan memberikan efek yang besar, bahkan bisa dibilang tidak bermanfaat.

Demikian penjelasannya.

Gabung Telegram

Ada banyak insight singkat-menarik yang ditulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

Ibrahim Vatih
I love photos. And happy to archive them in my blog. Sometimes I show some good photos to my family and friends. If you love what I did in my blog, please give me a support with share it to others. Hehe.
You may also like
5 Cara Praktis Membangun Backlink di Kolom Komentar
Cara Efektif Membuat Anchor Text
4 Comments
  • karmoen May 6,2018 at 8:39 pm

    berarti kalo gak sengaja memberikan link pada web yang sudah memberikan link pada kita akhirnya efek refering domain hilang dong?

  • riccosafiira Mar 12,2018 at 7:42 pm

    Akhirnya aku jadi paham ttg Referring Domains..
    thanks gan postingannya .

  • makarya cargo Dec 29,2017 at 9:13 pm

    sangat membantu sekali artikelnya admin makasih

  • ijo gading Jul 6,2017 at 4:03 pm

    saya sudah lama sekali meninggalkan tukar link tersebut, di kalangan blogger memang selalu menjadi pro kontra tentan bahaya bertukar link, namun yang paling penting mendapatkan refering domain, tapi cukup susah juga yaa

Yakin Ngga Mau Komen?