WordPress

Backup WordPress ke Dropbox

Database adalah hal paling penting dari sebuah website. Saya sudah merasakan berbagai macam kisah pilu yang melibatkan database. Saya tidak perlu menceritakan detail kisahnya seperti apa, tapi cukuplah bagi kamu untuk mulai aware memperhatikan bagian ini.

Di WordPress, ada banyak cara melakukan backup, teknologi terkini yang cukup simple dan efisien adalah dengan backup database ke Dropbox. Bukan hanya databasenya saja, tapi website secara keseluruhan bisa dibackup ke Dropbox.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buat Akun di Dropbox

Kalau belum punya, bisa langsung daftar Dropbox. Kalau sudah, bisa lanjutkan poin nomor 2.

2. Install Plugin

Ada banyak plugin yang bisa membantu menghubungkan website kita dengan Dropbox, dan yang menjadi favorit saya adalah “WordPress Backup to Dropbox”. kamu bisa search dengan kata kunci itu di menu Plugins -> Add New seperti gambar berikut.

Bla bla bla

Plugin WordPress Backup to Dropbox

3. Hubungkan Akun

kamu tinggal memasukkan username dan password akun Dropbox, dan website kamu sudah terhubung. Selanjutnya bisa melakukan pengaturan sesuai kebutuhan. Apakah akan melakukan backup tiap 1 pekan, 1 bulan, atau setiap hari. Kalau satu bulan hanya update 3 sampai 5 konten, baiknya dibuat setiap bulan atau setiap pekan.

Semoga bermanfaat.

Gabung Telegram

Ada banyak insight singkat-menarik yang ditulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

Ayah
I love photos. And happy to archive them in my blog. Sometimes I show some good photos to my family and friends. If you love what I did in my blog, please give me a support with share it to others. Hehe.
You may also like
5 Plugin SEO WordPress Terbaik yang Wajib Kamu Install
Baru Mengenal WordPress? Hindari 10 Kesalahan Ini
3 Comments

Yakin Ngga Mau Komen?