Search Engine WordPress

Cara Daftarkan Website ke Google Webmasters

Alasan mengapa setiap website kamu harus didaftarkan ke Google Webmasters supaya website kamu bisa sangat cepat ter-index oleh Google. Perlu dicatat bahwa ter-index bukan berarti masuk ke halaman satu, tapi sudah selangkah lebih maju untuk bisa masuk ke halaman satu. (baca: Bagaimana Cara Mengetahui Konten Sudah Terindex di Google?)

Saya akan membagi pelajaran ini menjadi dua.

  1. Cara daftar website ke Webmasters.
  2. Cara submit sitemap ke Webmasters.

Oke, langsung saja kita mulai.

Daftar Website

kamu membutuhkan akun Google untuk daftar di Webmasters. Saya pikir semua orang punya akun Google. Jadi langsung saja buka halaman Webmasters. kamu bisa ketik “Google Webmasters” di Google atau bisa menuju halaman ini. Setelah itu langsung klik Sign in to Webmaster Tools.

Sign in to Webmaster Tools

 

Di halaman selanjutnya, kamu akan masuk ke Dashboard. Bisa langsung klik Add a Site di pojok kanan atas (yang berwarna merah). Dilanjut mengisi alamat website kamu.

add-a-site

Tahap terakhir, kamu diminta untuk verifikasi kepemilikan situs. Pilih tab Alternate Method, dan pilih yang HTML Tag. kamu akan diminta untuk menempelkan kode ke bagian <head> dari situs kamu. Setelah itu klik Verify. Dan selesai.

Tahap verifikasi kepemilikan website (domain).

Tahap verifikasi kepemilikan website (domain).

Jika kamu kebingungan bagaimana memasukkan kode tersebut ke dalam <head>, kamu bisa baca Cara Verifikasi Website di Google Webmasters.

Daftar Sitemap

Setelah proses verifikasi kepemilikan selesai kamu lakukan, kamu akan diberi akses untuk memonitor website kamu secara keseluruhan, termasuk melakukan submit sitemap.

Langkah pertama adalah membuat sitemap untuk website kamu, yaitu dengan install plugin Google XML Sitemaps karya Arne Brachhold. Setelah kamu install, kamu akan mempunyai sitemap dengan alamat seperti ini revorma.com/sitemap.xml. Nah alamat sitemap itulah yang nantinya kamu daftarkan ke Google Webmasters.

Selanjutnya, balik lagi ke Google Webmasters, pilih situs yang ingin kamu monitor, klik Crawl kemudian Sitemaps.

Submit sitemap

Submit sitemap

Oke, proses PDTK ke Google Webmasters sudah selesai. Setidaknya, kamu sudah selangkah lebih bagus supaya mendapatkan perhatian khusus dan cinta dari Google.

Semoga bermanfaat.

Gabung Telegram

Ada banyak insight singkat-menarik yang ditulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

Pelajaran Lainnya
Hal Krusial Yang Harus Diperhatikan Saat Ganti Theme WordPress
Bagaimana Cara Mengetahui Konten Sudah Terindex di Google?

Yakin Ngga Mau Komen?