Search Engine

Cara Supaya Komentar Diapprove Pemilik Situs

Ini ALT (wajib ada)

Apa menariknya artikel ini? Sebagian dari kamu mungkin mempertanyakan hal tersebut. Untuk menjawabnya, silahkan lanjut membaca. Sebentar lagi kamu akan temukan di mana menariknya, hehe.

Ketika berbicara tentang backlink (baca: Apa Itu Backlink?), tidak ada syarat khusus backlink harus berada di bagian konten atau sidebar saja. Sebuah backlink yang tertanam di kolom komentar juga dianggap sebagai poin oleh Google. Artinya memperbanyak backlink dengan memberikan komentar di banyak tempat itu adalah salah satu strategi yang bagus untuk meningkatkan nilai di Google.

Masalahnya, banyak website atau blog yang menerapkan sistem moderasi terhadap komentar-komentar yang masuk ke dalam web mereka. Di satu sisi, kebanyakan optimizer langsung to the point mendaratkan jurus spamming di komentar secara brutal. Ya pasti ngga diapprove, atau kemungkinan approvenya kecil.

Nah, saya ada trik supaya tingkat approval komentar menjadi tinggi, ya 85% lah. Berdasarkan pengalaman saya, berikut ini poin-poinnya.

Selalu Komentar di WordPress

Ada banyak alasan yang bisa saya tulis mengapa harus komentar di situs berbasis WordPress. Baik yang versi self-host maupun yang versi WordPress.com. (bisa baca untuk tambah wawasan: Pilih WordPress Self-Host atau WordPress.com?)

Ini di antara alasan-alasan kenapa komentar di situs berbasis WordPress itu asik:

  1. Format kolom komentar sama. Nama, email, website, isi komentar. Semua situs WordPress menggunakan format ini. Kecuali sudah dimodifikasi menggunakan fitur komentar alternatif (Facebook Comment, Disqus, dll).
  2. Tidak perlu melalui halangan dan rintangan. Tidak ada captcha, tidak perlu login (selama email yang digunakan untuk komentar belum terdaftar di WordPress.com), tidak perlu buka halaman khusus untuk komentar, dll. Begitu klik submit, komentar langsung sampai.
  3. Ketika kamu rekrut karyawan yang salah satu tugasnya adalah membuat backlink, teknik ini bisa menjadi pola yang bagus untuk dilakukan karyawan kamu, termasuk juga untuk memantau kinerjanya karena memiliki alur.
  4. Alasan lainnya bisa baca tulisan 5 Cara Praktis Membangun Backlink di Kolom Komentar

Jangan Menulis Exact Match Keyword

Ini yang saya maksud spamming brutal. Para optimizer biasanya langsung menembak keyword sebagai anchor text. Sebaiknya gunakan teknik anchor text yang baik. Apalagi sekarang kamu berhadapan dengan Google Penguin. Saya sarankan kamu membaca Apa Itu Anchor Text? dan Cara Efektif Membuat Anchor Text.

Selain tidak bersahabat di mata Google, menggunakan Exact Match Keyword sebagai anchor text juga tidak bersahabat dengan pemilik website.

Jika kamu menemukan komentar yang menggunakan anchor text spam di website kamu, bagaimana perasaan kamu, dan apa yang kamu lakukan? Kemungkinan besar kamu biarkan saja, tidak diapprove.

Tuliskan Kalimat Tanya

Di sini kita memanfaatkan strategi dari sisi psikologi. Ketika ada orang bertanya, maka secara alami akan diberikan jawaban. Artinya ketika komentar kita ditanggapi, status komentar kita sudah diapprove. Pastikan pertanyaan yang ditanyakan sesuai/relevan dengan tema yang sedang dibahas.

Tidak jarang, komentar saya bisa muncul di situs dagangannya kompetitor, hanya karena saya tanya Untuk pengiriman bisa ke kabupaten Magetan ngga? Mohon tanggapannya, terimakasih. :P

* * *

Kalau kamu bertanya, backlinknya ngga berkualitas dong? Jawabannya bisa jadi iya, bisa jadi salah. Tergantung nilai situs yang kita berikan komentar itu. Tapi memang realitanya lebih banyak didominasi oleh situs yang nilainya rendah. Tapi bukan berarti tidak dianggap oleh Google.

Untuk mengoptimasi sebuah artikel yang low competition keyword, saya cukup buat 3 komentar di 3 situs berbeda. Besoknya langsung halaman 1, seringnya begitu. Jadi menurut saya tidak ada masalah dengan backlink selama yang ditembak adalah low competition keyword.

Gabung Telegram Saya

Ada banyak insight singkat-menarik yang saya tulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

You may also like
Studi Kasus Naikkan Kata Kunci Populer Hanya dalam Beberapa Hari
Apa Itu Domain?
2 Comments

Yakin Ngga Mau Komen?

%d bloggers like this: