Search Engine

Pengertian SEO Onpage dan SEO Offpage

0

Secara teknis, SEO Onpage adalah segala macam bentuk aktifitas yang bermanfaat terhadap SEO dan dilakukan langsung terhadap website yang ingin dioptimasi. Misal, saya ingin mengoptimasi vatih.com, maka saya akan mengeksekusi hal-hal yang menunjang SEO di website tersebut.

Pertanyaannya, faktor apa saja yang harus dilakukan terkait SEO Onpage? Sebelum menjawab, ada hal penting yang mesti kamu ketahu. SERP selalu menampilkan 3 poin utama yang berhubungan dengan SEO Onpage, dan 3 poin itu bisa kamu lihat seperti gambar berikut:

Cara Membuat Kue Bolu

SERP menampilkan Judul, Permalink, dan Deskripsi

Berikut penjelasanya:

  1. Judul

    Menulis judul harus dilakukan seolah kita sedang menjadi seorang yang mencari informasi melalui Google. Jika kamu ingin mencari informasi tentang cara membuat kue bolu, apa yang akan kamu ketik di Google? Kalau saya tentu saja “Cara Membuat Kue Bolu”, dan seperti itulah harusnya kamu membuat judul (mengandung kata kunci).

  2. Permalink

    Adalah akronim (singkatan) dari Permanent Link. Dari gambar di atas yang dimaksud dengan permalink adalah www.likethisya.com/resep-kue-bolu.html‎. Permalink yang mengandung kata kunci juga sangat berpengaruh terhadap SEO.

  3. Deskripsi

    Google selalu menampilkan 140 karakter yang diambil dari konten web kita untuk dijadikan sebagai deskripsi (description) di SERP. Jika kita menentukan 140 karakter apa yang ingin kita tampilkan, maka Google akan menampilkan itu sebagai deskripsi, tapi jika tidak kita tentukan, Google akan secara random mengambil 140 karakter dari web kita. Untuk hal-hal yang sangat sensitif, saya selalu menentukan 140 karakter tersebut, supaya statis dibaca oleh Google, dan awet nongkrong di halaman 1 SERP sesuai hasil riset.

3 poin di atas adalah hal pokok alias wajib yang berkaitan dengan SEO Onpage, harus kamu kuasai, dan tidak bisa ditawar. Sebenarnya ada 1 poin lagi terkait dengan SEO Onpage, yaitu Keyword (meta keyword), tapi semakin hari, faktor ini menjadi hal yang opsional saja. Dalam beberapa kasus saya sama sekali tidak mempedulikan meta keyword.

Selanjutnya kita kupas SEO Offpage. Adalah kebalikan dari SEO Onpage, faktor penunjang SEO yang  keberadaannya tidak berhubungan langsung dengan web kita, proses optimasinya tidak langsung dilakukan di web kita.

Berikut ini di antaranya:

  1. Backlink

    Semakin banyak jumlah backlink yang kamu miliki, itu semakin bagus. Sebelumnya sudah saya bahas mengenai backlink; Apa Itu Backlink Berkualitas?

  2. Traffic

    kamu harus memikirkan bagaimana traffic bisa datang ke web kamu. Ada banyak cara, melalui social media seperti Facebook dan Twitter, termasuk juga situs-situs social bookmark. Jika rata-rata dalam sehari bisa mempunyai traffic yang stabil di angka tertentu, Google akan semakin sayang terhadap web tersebut.

Jadi, poin-poin yang sudah saya buat list di atas adalah wajib untuk kamu kuasai (baik yang Onpage maupun Offpage). Semuanya ada 5 poin, tidak terlalu banyak, tapi sangat ampuh.

Segera praktek, semoga bermanfaat.

Magang 3 Bulan Untuk Hidup yang Lebih Baik

Insya Allah demikian. Udah kayak kampanye pilpres aja ya, hehe. Monggo yang tertarik bisa langsung baca selengkapnya.

You may also like
Apa Itu Internal Linking?
SEO Basic: Apa Itu SEO?

Yakin Ngga Mau Komen?

%d bloggers like this: