Strategi Sederhana Untuk Menjalankan Iklan Murah di Facebook

Jumlah Kata: 2479

Bagaimana cara saya mendapatkan 1000-2000 likers/penggemar baru dalam 1 hari hanya dengan biaya kurang dari $5? Atau membuat puluhan sampai ratusan ribu engagement dengan biaya kurang dari $10?

Oke, mungkin sebagian dari kamu atau para guru di luar sana bisa melakukan prestasi yang lebih baik dari saya, tapi saya hanya ingin membagikan apa yang sudah saya lakukan. Berhasil sampai hari ini.

Mari kita bahas.

01. Persiapan Basic

kamu pasti senang kalau situs kamu memiliki lonjakan traffic tidak seperti hari-hari biasanya. Untuk bisa mencapai prestasi itu dibutuhkan strategi kreatif yang bisa mewujudkannya.

Di materi ini, saya akan memberikan gambaran bagaimana iklan Facebook bisa bermanfaat bagi kamu para seller toko online dan bagi kamu para pengelola website yang ingin mendapat traffic tinggi (pengelola media informasi, publisher, AdSense, Affiliater, dll), tentunya semua itu dilakukan menggunakan budget yang sangat bersahabat alias murah. Jadi nanti mohon disesuaikan dengan kondisi atau model bisnis kamu saat ini.

Berikut ini hal-hal yang harus kamu siapkan sebagai pilar suksesnya iklan Facebook yang akan kamu buat.

  1. Konten atau artikel yang menarik di situs kamu. Ya, kamu pasti menginginkan jangkauan atau reach yang tinggi (banyak) dari iklan yang sudah kamu buat, tapi juga sekaligus menginginkan adanya konversi traffic. Poin ini berlaku umum, tapi jika kamu tidak mempunyai website atau tidak menjadikan website sebagai senjata andalan kamu dalam melakukan konversi, maka baca poin berikutnya.
  2. Gambar unik dan menarik dengan jumlah yang cukup banyak tapi masih dalam 1 tema. Misal tema gambar itu adalah kucing lucu, maka perlu ada banyak gambar tentang kucing lucu. Gambar-gambar ini nantinya dipost ke Facebook Page yang kamu kelola. kamu akan lebih mengerti maksud saya setelah kamu melihat contoh-contoh yang saya berikan di bagian bawah.
  3. Akun Facebook yang bisa untuk beriklan, saya pikir tidak perlu saya jelaskan alasannya.
  4. Wawasan yang bagus tentang strategi beriklan murah di Facebook, nah sebentar lagi kamu akan mempelajari bagian ini.

Oke, lanjutkan membaca.

02. Konten Untuk Iklan

Yap, salah satu kunci dari suksesnya sebuah iklan adalah dengan menggunakan konten kreatif. Yang dimaksud dengan kreatif di sini adalah sesuatu yang bisa mendatangkan engagement tapi tidak menyalahi aturan main Facebook.

Jadi, konten seperti apa yang akan kita gunakan? Di atas saya jelaskan bahwa konten yang akan diiklankan bisa berupa artikel website yang unik atau gambar menarik dalam jumlah banyak. Well, sebuah konten yang belum mainstream pastinya.

Konten Artikel Unik

Ini jenis konten untuk para pengelola website informatif yang ingin traffic-nya meledak. Kita lebih akrab dengan istilah konten viral.

Sudah banyak ahli yang menjelaskan pengertian konten viral. Menurut versi simpel saya, konten viral itu konten yang bisa mengobok-obok perasaan orang yang membaca atau melihatnya. Sesuatu yang:

  1. Membuat geram.
  2. Membuat sedih.
  3. Membuat sepakat.
  4. Membuat senang.
  5. Membuat penasaran.
  6. Membuat pembaca merasa “ini gue banget”.
  7. Sesuatu yang relevan dengan audience. Membahas domisili, membahas almamater, membahas pernikahan-percintaan, profesi, dll.

Sebuah konten yang mengandung salah satu dari 5 poin di atas saja bisa menjadi viral. Akan semakin menggila viralnya jika ke-5 poin itu dikombinasi. Saya akan tunjukkan salah satu konten sukses di web yang saya kelola; Satu Jam.

9 Rahasia Mendapatkan Jodoh yang Sholehah

Judul dari konten di atas memunculkan rasa penasaran, yang setelah selesai dibaca menimbulkan rasa sepakat sekaligus ini (harus menjadi) gue banget. Di bagian ini gue banget, pembaca akan merasa terpanggil untuk meneruskan pesan. Di sana ada sedikit rasa narsis, eksis, dan tampil agamis (mengajak kawan-kawannya untuk ikut membaca supaya terinspirasi).

Ada banyak lagi contoh konten viral yang terserak di jagat maya.

Saya tidak perlu memberikan contoh konten lainnya kan? Silahkan dicari sendiri untuk mendapatkan inspirasi dan diolah lagi supaya konten semakin mempunyai feel untuk menyentuh perasaan pembaca.

Konten Gambar Menarik

Ini cocok untuk kamu para seller yang ingin meningkatkan engagement Facebook Page-nya.

Siapkan banyak gambar yang semuanya masih dalam 1 tema atau masih relevan antar satu gambar dengan gambar yang lain. Seberapa banyak? Tidak ada standar sih, tapi semakin banyak semakin bagus, dengan catatan semua gambar itu menarik. Saya sendiri seringnya menggunakan lebih dari 10 gambar.

Semakin banyak gambar, iklan akan semakin murah, karena akan ada semakin banyak engagement hanya dari 1 audience (reach).

Kalau hanya menggunakan satu gambar untuk 1 campaign, maka potensi engagement dari 1 audience maksimal hanya ada 3, yaitu like, comment, share di satu gambar tersebut.

Bandingkan jika 1 campaign mempunyai 2 gambar, maka potensi yang bisa tercipta dari 1 audience menjadi 2 kali lipat, yaitu 6. Itu mengapa saya katakan semakin banyak gambar semakin bagus.

10 gambar itu bisa berupa:

  1. Kumpulan gambar kucing lucu.
  2. Kumpulan gambar bukti pelanggaran HAM pada demo di daerah A.
  3. Kumpulan desain rumah yang unik.
  4. Kumpulan kebiasaan mahasiswa. Dikemas menggunakan perpaduan gambar dengan teks, supaya gambar jadi lebih deskriptif.

Khusus poin nomer 4 itu bisa dieksplorasi lagi, seperti misal “hal-hal yang hanya bisa dimengerti oleh pekerja kantoran”. Tinggal diberi deskripsi teks di dalam gambar supaya gambar lebih hidup.

Contoh perpaduan gambar dan teks yang akhirnya mempunyai feel untuk terjadi engagement adalah seperti gambar di bawah ini.

Screen Shot 2015-08-31 at 9.01.53 PM

Gambar di atas adalah jenis konten yang membuat geram dan membuat sepakat, yang berujung pada engagement supaya orang lain tahu untuk ikut sepakat dan ikut geram, begitu seterusnya.

Konten semacam ini kalau diiklankan lagi beberapa bulan yang akan datang, besar kemungkinan akan menjadi viral lagi. Menjadikan engagement tidak ada akhir.

Tidak percaya? Lihat saja posting alay “ketik angka 1 dan lihat apa yang terjadi” yang sampai hari ini masih terus menjamur dan terus viral.

Saya pikir penjelasan mengenai konten sudah cukup, saatnya move-on!

03. Kesalahan Umum

Akan sangat bagus dan menjadi lebih sempurna ketika kamu juga mengenali kesalahan yang biasanya terjadi pada pembelajar yang baru mencoba Facebook Ads.

Setelah selesai masalah konten, banyak orang yang masih bingung dengan masalah target audience. Masih banyak yang keliru dalam membuat racikan.

Gambar berikut ini adalah contoh racikan audience yang tidak tepat.

Contoh Pertama
Contoh kesalahan yang sering terjadi

Pada gambar di atas, kira-kira di mana letak salahnya? Kesalahan fatal terletak pada konten iklan dan audience yang tidak relevan.

Konten membahas permasalahan seputar internet marketing, tapi audience dibuat general menembak seluruh pengguna Facebook dari negara Indonesia. Sangat tidak relevan.

Meskipun potensi jangkauan atau reach menjadi sangat tinggi dengan harga yang murah, tapi ketika ada hal yang tidak relevan hasilnya akan mengecewakan. Yang pasti dari targeting saja sudah tidak tepat. Ternyata kesalahan fatal semacam ini cukup sering terjadi.

Di atas hanya sekedar contoh, yang lebih tahu tentang audience kamu adalah diri kamu sendiri, jadi kalau masih belum yakin siapa sebenarnya audience kamu, coba lihat kompetitor dan pelajari bagaimana kompetitor memperlakukan para pembacanya kalau itu adalah web informasi atau bagaimana kompetitor memperlakukan para customernya kalau itu adalah online shop.

04. Saatnya Action

Penjelasan mengenai action di sini saya bagi menjadi dua, pertama untuk web informasi dan kedua untuk toko online. Tapi keduanya dibahas secara integral (bener ngga nih istilahnya ya? Hue), maksudnya dibahas bareng-bareng sekaligus.

Mengiklankan Link atau URL

Untuk kamu yang ingin menambahkan traffic ke website dengan tujuan apapun (maaf di sini saya tidak bisa memberikan contoh detail karena setiap orang pasti punya tujuan yang berbeda-beda), berikut ini step-by-step yang perlu dilakukan.

  1. Posting URL di Facebook Page melalui desktop, supaya judul, gambar, dan deskripsi muncul di Page. Kalau perlu dirombak dulu judul dan deskripsinya supaya mempunyai kekuatan untuk menggerakkan audience.
  2. Biarkan ada interaksi atau engagement yang organik di dalamnya, untuk itu diamkan beberapa saat.
  3. Iklankan menggunakan Boost Post, langsung klik tombol Boost Post di bawah posting, jangan melalui Ad Manager.
  4. Racik audience sebaik mungkin, coba berikan dana yang sangat minim seperti $2 tapi potensi jangkauan atau potensi reach bisa di atas 5000. Kuncinya ada di sini. Nanti di bagian bawah ada beberapa contoh racikan yang sudah saya lakukan, bisa kamu tiru.
  5. Berikan $1 untuk 1 hari. Kalau kamu memberi $5 untuk Boost Post, maka pastikan iklan berjalan untuk 5 hari. Bagian ini juga perlu kamu perhatikan.

Racikan atau metrik iklan di atas berlaku untuk web informasi maupun toko online yang ingin generate traffic ke konten atau webnya.

Mengiklankan Post dengan Banyak Gambar

Jenis iklan ini bisa berdampak positif pada meningkatnya jumlah penggemar dan engagement di Facebook Page kamu.

Bagi kamu yang punya dagangan unik, dan ingin meningkatkan penjualannya dengan modal sangat murah, strategi ini juga bisa dilakukan. Begini caranya.

  1. Siapkan banyak gambar unik (minimal 10) yang masih dalam satu tema dan yang relevan dengan tujuan kamu beriklan. Misal ingin ada traffic ke artikel kamu yang membahas tentang parenting, maka kamu bisa menggunakan tema “Inilah yang akan terjadi jika anak tidak dekat dengan ayahnya”. Buat saja gambar dan tempelkan teks di dalam gambar tersebut.
  2. Tidak ada salahnya memberikan link di setiap deskripsi gambar, tapi ini hanya bisa dilakukan setelah gambar selesai diupload dan dipublish. Pastikan deskripsi sudah sesuai harapan sebelum konten diiklankan karena kalau sudah diiklankan tidak bisa diedit lagi.
  3. Buat urutan yang pas untuk gambar yang ingin diiklankan. Caranya bagaimana? Bisa gunakan drag and drop saat gambar sudah terupload tapi belum dipublish. Ini agak susah menjelaskannya, silahkan dicoba sendiri. Tujuannya apa? Suapaya gambar pertama yang dilihat pembaca adalah gambar terbaik yang bisa menggerakkan seseorang untuk klik atau action.
  4. Sisipkan gambar produk di urutan tengah dan akhir. Ini opsional. Kalau kamu ingin sekaligus jualan produk, dari 10 gambar, sisipkan produk kamu di gambar ke-5 dan ke-10.

Setelah gambar-gambar itu terupload dan terpublish mungkin sebagian dari kamu akan bertanya, bagaimana bisa diapprove iklannya kan ada banyak teks yang lebih dari 20%?

Kuncinya, iklankan konten yang penuh teks itu menggunakan Facebook for Android yang terinstall di smartphone kamu. Selama ini belum pernah tertolak. kamu bisa lihat contoh-contoh iklan saya yang penuh teks itu, sudah saya cantumkan link dan gambarnya di bawah pembahasan ini, bisa dicermati.

Gambar produk yang disisipkan pada kumpulan gambar unik itu boleh sama dan boleh beda. Atau bisa juga 1 gambar produk itu berupa photo college. Apa itu photo college? Seperti gambar di bawah ini.

Sample dari Photo Collage. Anak saya waktu usia sekitar 3 bulan.
Sample dari Photo Collage.

1 gambar tapi mengandug beberapa gambar yang disatukan. Bagaimana cara buat photo college? Banyak cara, bisa pakai aplikasi Android, bisa juga pakai Photoshop, be creative!

Percayalah, Ini Keren

Kapan lagi produk kamu menjadi viral? Sepertinya akan susah melakukannya kecuali dengan strategi menyelipkan produk seperti yang saya jelaskan di atas.

Iya, alasan audience untuk lakukan share konten kamu karena kumpulan gambar itu didominasi dengan konten yang ‘menggerakkan’ mereka. Jadi, lapak yang terselip di sana tidak menjadi alasan bagi mereka untuk tidak share.

NOTE: Tidak ada salahnya jika kamu langsung mengumpulkan gambar dagangan kamu dalam 1 post tanpa ada gambar unik (yang mempunyai potensi viral), insya Allah hasilnya tetap murah meski engagement tidak sebesar strategi kombinasi gambar unik. Di bawah ada contoh yang saya lakukan untuk direct sell semacam ini.

04. Hasil Karya

No pict hoax, begitu katanya. Di sini akan saya tampilkan beberapa hasil karya yang saya jalankan dan terbukti menghasilkan engagement yang bagus dengan biaya murah.

Iklan murah meriah.
Iklan murah meriah.

Pada iklan di atas bisa kamu lihat bahwa jangkauan atau reach bisa mencapai 80rb hanya dengan modal $4. Yang perlu digaris bawahi adalah karena kuatnya konten, meski iklan sudah berhenti, rumus viral tetap berlaku, jadilah saya mendapatkan organic reach sebanyak 300rb lebih (tidak ada keterangan ini dalam gambar, tapi coba perhatikan share-nya).

Beberapa link, supaya bisa terlihat lebih nyata:

  1. https://www.facebook.com/cumasejam/posts/1631763063734172
  2. https://www.facebook.com/cumasejam/posts/1638940599683085
  3. https://www.facebook.com/cumasejam/posts/1632907090286436

Ada banyak lagi contoh iklan murah yang tidak hanya mendapat engagement tinggi, tapi juga konversi traffic yang bagus. Seperti berikut ini.

Dua dolar yang menakjubkan.
Dua dolar yang menakjubkan.

Lumayan kan? Hanya modal $2 tapi bisa mendapatkan 400 klik.

Ada iklan lainnya yang hanya dengan $5 bisa datangkan 30rb klik.

Iklan untuk web Indonesia.
Maaf ya komposisi dan sample iklannya tidak saya share 🙂

Nah, mungkin ada yang bertanya, itu kok interest-nya ke Prabowo Subianto semuanya? Iya, saya memang pilih pak Prabowo waktu pilpress kemarin, tapi itu tidak ada hubungannya dengan cara saya beriklan, saya juga pilih interest untuk pak Joko Widodo kok, ini buktinya, hehe.

Engagement-nya wow!
Engagement-nya wow!

Nah, iklan dengan interest Joko Widodo justru mendapatkan hasil yang lebih mengesankan bukan? Tapi plis, sekali lagi, faktor konten juga ikut berperan sebuah campaign bisa sukses atau tidak, bukan hanya interestnya.

Sedangkan screenshot di bawah ini adalah direct sell di mana semua gambarnya adalah produk jualan, tidak ada gambar uniknya sama sekali.

Maaf, interest-nya saya sensor :)
Maaf, interest-nya saya sensor 🙂

Sebenarnya direct sell bisa menjadi viral dengan syarat dari produknya saja sudah unik, jadi timbul keinginan orang-orang yang melihatnya untuk share atau ajak kawannya untuk membeli produk tersebut.

Produk unik di sini bisa berupa:

  1. Harga bersahabat, atau bahkan di bawah pasar.
  2. Fungsi produk unik.
  3. Desain produk jarang ditemui.
  4. Jika membeli mendapat bonus.
  5. Dll.

Produk Jubah Hodie yang (istri) saya jual itu bisa dikatakan agak unik karena desain yang tidak umum dan stok produk yang jarang dijumpai. Hasil dari iklan itu berhasil meludeskan stok yang ada di rumah. Lumayan, hanya dengan modal $5 tapi bisa dapat profit berkali-kali lipat.

05. Kesimpulan

Baru saja kita belajar bagaimana memanfaatkan potensi yang ada pada Facebook Ads, sangat bagus untuk meningkatkan engagement Facebook Page, menambah penggemar, juga mendatangkan traffic ke website. Intinya bisa gunakan strategi di atas untuk berbagai hal, termasuk jualan.

Tahapan yang menjadikan seseorang sukses atau berhasil itu:

  1. Mengerti ilmu (teori).
  2. Belajar dari pengalaman orang lain (ilmu).
  3. Mau mencoba (praktek).
  4. Mengikuti pengalaman orang lain (praktek).
  5. Terus mengulang dan menambah jam terbang (praktek).

Jadi, cukup tahu ilmu saja tidak akan membawa kamu beranjak dari posisi kamu saat ini.

Selamat praktek!

Jika kamu merasa materi ini bermanfaat, silahkan share ke karib-kerabat atau partner bisnis kamu, semoga mereka juga mendapatkan apa yang baru saja kamu dapat.

Sharing Is Caring

PENAWARAN

Di bagian akhir ini saya ingin menawarkan sesuatu yang mutual. Saya meminta kamu untuk membuat 1 review di blog atau web yang kamu kelola, dan sebagai gantinya, saya akan memberikan kamu video studi kasus bagaimana saya bisa meranking keyword besar dengan lebih dari 30rb pencarian per bulan.

Video yang sangat detail dengan durasi 20 menit yang akan memandu kamu dari nol mulai dari riset keyword, menganalisa kompetitor, dan memastikan bahwa keyword kamu akan masuk ke halaman 1 Google.

Khusus untuk penawaran ini, tidak saya share ke publik, saya batasi hanya untuk 50 orang saja. Bagi yang bersedia akan saya kirim penjelasan lebih lanjut melalui email. Silahkan lebih dulu mengirim email ke [email protected] dengan subject “Program Review”.

Setelah ada 50 orang, saya tidak akan menerima penawaran lagi. Segera booking lebih dulu dengan mengirim email ke saya. Terimakasih.

UPDATE: Program penawaran ini sudah ditutup, thanks.

4 thoughts on “Strategi Sederhana Untuk Menjalankan Iklan Murah di Facebook”

  1. Saya sudah beberapa kali iklan di fb utk web saya caramenghilangkankomedo.web.id tapi hasilnya belum memuaskan, akhirnya sy berhenti beriklan. Setelah baca artikel ini saya jd ingin mencoba lagi. Terimkasih

Leave a Comment