Search Engine

Apa Itu Keyword Diversity?

Keyword Diversity dan Anchor Text Diversity adalah hal yang sama. Diversity di sini ditafsirkan sebagai sebuah variasi khusus dalam membangun backlink.

Variasi itu suatu hal yang memiliki dasar (pokok) yang sama, tapi dikemas dalam bungkus yang berbeda.

Intinya keyword diversity adalah anchor text yang mengandung setidaknya 1 kata dari keyword yang sedang dioptimasi.

Mengapa Pakai Teknik Ini?

Di era Google Penguin (algoritma Google), menggunakan variasi keyword di dalam anchor text untuk mengangkat keyword yang sedang dioptimasi adalah wajib.

Hal ini akan direkam Google sebagai backlink yang natural. Ingat bahwa Google menilai backlink bukan hanya sekedar dari situs dengan prestasi mentereng, tapi juga dari sisi alamai atau tidaknya sebuah backlink.

Menggunakan Exact Match Keyword secara berlebihan akan dianggap aktifitas spamming, dan Google akan menghapus backlink jenis ini dari databasenya.

Cara Menggunakan

Misal saya ingin mengoptimasi keyword Aqiqah di Surabaya. Maka saya akan menyiapkan anchor text (yang sudah menjadi keyword diversity) berikut ini:

  1. Aqiqah Surabaya
  2. Tinggal di Surabaya
  3. Kota Surabaya
  4. Hukum Aqiqah
  5. Cara Aqiqah
  6. Aqiqah Sederhana

Mungkin kamu bertanya, kok aneh ya? Seperti tidak nyambung memang, tapi itulah diversity, anchor text yang mengandung setidaknya 1 kata dari keyword yang sedang dioptimasi.

Kesimpulan

Saya dan kawan-kawan dalam tim selalu menggunakan Keyword Diversity dalam proses optimasi. Hasilnya benar-benar memuaskan. Silahkan dicoba dan tidak usah banyak protes :p

Gabung Telegram

Ada banyak insight singkat-menarik yang ditulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

Pelajaran Lainnya
Apa yang Dimaksud Konten Berkualitas?
Studi Kasus Naikkan Kata Kunci Populer Hanya dalam Beberapa Hari
1 Tanggapan

Yakin Ngga Mau Komen?