WordPress

Apa Itu Localhost?

Bagi sebagian orang, localhost adalah kosa kata baru. Bisa jadi, saat ini, kamu adalah bagian dari sebagian orang itu.

Loopback Network Interface adalah nama asli dari localhost. Ia selalu memiliki default alamat IP di 127.0.0.1. Tugas dari localhost adalah memberikan jalan bagi browser supaya bisa mengakses data HTTP server yang terinstall di komputer lokal. Dengan mengakses http://localhost/ melalui browser, maka akan muncul website yang tertanam di komputer kita sendiri (komputer lokal).

Berikut beberapa alasan mengapa seseorang yang ingin belajar pemrograman (dan bahkan seorang master sekalipun) harus memiliki localhost.

Menjalankan Fungsi Standar Server

Hampir tidak ada bedanya kita memiliki localhost dan mengakses server online di provider hosting. Kita bisa menjalankan semua bahasa pemrograman berbasis web, seperti HTML, CSS, Javascript, dan PHP, termasuk olah database menggunakan aplikasi PHPmyadmin. Sangat menunjang proses pembelajaran bagi pemula.

Offline Mode

Dengan mengaktifkan localhost, kita bisa melakukan aktifitas ujicoba pemrograman tanpa harus terhubung ke jaringan online. Tanpa biaya bandwidth.

Akses Cepat

Semua lalu lintas data terjadi sangat cepat karena file yang dikirim dan diterima diakses melalui komputer yang sama. Sangat memudahkan saat menyimpan dan melihat hasil perubahan. Efisiensi waktu terjaga.

Kesimpulan

Setelah membaca ini, kamu sudah mengerti apa itu localhost dan betapa pentingnya memiliki localhost, baik sebagai pemula maupun master. Selanjutnya, kamu bisa baca tutorial Cara Membuat Localhost Menggunakan XAMPP.

Semoga bermanfaat.

Gabung Telegram

Ada banyak insight singkat-menarik yang ditulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

Ibrahim Vatih
I love photos. And happy to archive them in my blog. Sometimes I show some good photos to my family and friends. If you love what I did in my blog, please give me a support with share it to others. Hehe.
You may also like
Cara Daftarkan Website ke Google Webmasters
Cara Membuat Halaman Contact Us
1 Comment
  • […] kesempatan lain, kita telah membahas Apa Itu Localhost?, sekarang kita pelajari bagaimana cara install localhost menggunakan XAMPP. Ada banyak aplikasi […]

Yakin Ngga Mau Komen?