WordPress

Maksimalkan Fitur yang Ada Pada Plugin Jetpack

Autommattic mempunyai banyak produk dan jasa, selain WordPress, ada juga produk lainnya seperti Akismet, Ping-O-Matic, juga Jetpack. Pelajaran kali ini akan mengulas tentang Jetpack.

kamu bisa download atau install plugin ini melalui WordPress repository. Dengan Jetpack, web kamu akan mempunyai kemampuan yang lebih keren dengan biaya nol rupiah.

Sampai tulisan ini saya buat, ada 25 fitur yang bisa kamu manfaatkan di Jetpack. Langsung saja kita pelajari satu-satu.

API JSON

Fitur ini berguna untuk para programmer, di mana kamu bisa memberikan izin secara langsung untuk mengolah konten kamu melalui aplikasi pihak-ketiga. Misal, web kamu ingin muncul versi aplikasi Android-nya, maka JSON ini bisa menjadi jembatan yang bagus. Ketika web kamu melakukan update, maka aplikasi Android juga melakukan update, semua berjalan otomatis.

Pengembangan JSON ini bisa untuk banyak hal, contoh aplikasi Android di atas hanya salah satunya.

Sharing

Web kamu akan mempunyai tombol share di bagian bawah atau atas di setiap konten. Ini cukup membantu jika kamu adalah orang yang awam tentang pemrograman. kamu bisa mengatur posisi tombol itu ingin muncul di atas atau di bawah atau dua-duanya.

Beautiful Math

Fitur ini sangat bermanfaat untu situs-situs yang banyak menampilkan rumus perhitungan. Jadi, dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menuliskannya dalam bentuk text atau latex. Lengkanya bisa dibaca di sini.

Carousel

tampilan dari carousel

kamu bisa menampilkan galeri foto menjadi lebih menarik, ada tambahan slide dengan efeknya yang smooth. Tidak perlu bingung dengan pemrograman karena semuanya sudah dihandle oleh fitur satu ini.

Contact Form

Membuat kamu bisa tetap berinteraksi berkirim pesan dengan pembaca tanpa menampilkan email kamu ke publik. Kalau kamu sudah install Akismet, fitur Contact Form akan secara otomatis terhubung ke Akismet. Semua form yang disubmit akan lebih dahulu difilter oleh Akismet untuk meminimalisir terjadinya aktifitas spam di website kamu.

Custom CSS

Ini juga bermanfaat jika kamu mengerti bahasa CSS, dan ingin mengubah beberapa tampilan dari theme bawaan. Dengan menggunakan fitur ini, kamu akan lebih aman karena CSS yang kamu tulis tidak akan hilang meski theme diupdate. Beda ketika CSS langsung kamu tulis di style.css, ketika ada update theme, maka hasil modifikasi yang sudah kamu lakukan akan hilang.

Custom Content Type

Secara default, tipe konten (type) di WordPress hanya ada Posts dan Pages. Nah kamu bisa menambahkan yang lainnya, misal Galleris, Recipes, dll. Yang semua itu bertujuan supaya pengelolaan konten di web kamu jauh lebih rapi.

Dulu, untuk membuat tipe konten (content type) di WordPress harus menggunakan bahasa pemrograman, sekarang sudah enak.

Enhanced Distribution

Jetpack akan secara otomatis melakukan distribusi konten kamu ke beberapa situs pihak ketiga, termasuk juga ke search engine dan web direktori. Hal ini bertujuan supaya jangkauan (reach) bisa meningkat dan terkonversi ke traffic. Fitur ini wajib untuk diaktifkan.

Extra Sidebar Widgets

Jika kamu aktifkan, maka kamu akan punya sidebar Twitter, Facebook, dan beberapa yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Di fitur ini juga bisa menampilkan posting yang 7 hari terakhir menjadi populer. Penentuan hari-nya bisa kamu sesuaikan sendiri.

Jetpack Comments

Fitur ini memungkinkan orang lain berkomentar menggunakan WordPress.com, Facebook, dan Twitter. Di satu sisi, cara bisa memudahkan kamu untuk koleksi email para pengunjung yang memberikan komentar. Secara halus melakukan list building.

Photon

Nah, ini sangat wajib untuk kamu aktifkan. Membuat situs kamu jadi mempunyai semacam CDN. Gambar yang kamu upload akan dibackup oleh cloud server milik WordPress. Selain itu, gambar juga akan di-resize secara otomatis di server WordPress yang proses resize-nya benar-benar menyesuaikan lebar elemen, mengikuti CSS. Ini keren sekali.

Situs kamu jadi lebih cepat diakses dan server kamu tidak terbebani karena hanya handle teks dan beberapa query ringan.

Protect

Ada banyak sekali web kawan-kawan saya yang terkena hack. Fitur ini sangat membantu website kamu untuk tetap aman. Jika ada orang lain yang berusaha masuk ke dalam situs kamu, tapi IP tidak dikenal (tidak seperti biasanya), maka Jetpack akan melakukan blokir.

Tapi kadang juga kejadian di mana ada penulis remote (jarak jauh) yang ingin login, tidak bisa. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan kalau sudah seperti ini, yaitu dengan memasukkan alamat IP orang yang terkena blokir. Agak ribet memang, tapi ini sangat bagus untuk diaktifkan.

Publicize

Ketika kamu melakukan update, secara otomatis akun-akun sosial media yang terhubung ke website kamu juga melakukan update. Terlebih dahulu kamu harus menghubungkan akun (yang ingin menampilkan konten otomatis itu) ke website kamu.

WordPress.com Stats

statistik salah satu web yang saya kelola

statistik salah satu web yang saya kelola

Hore, ini adalah fitur yang paling sering saya nikmati. Di mana saya bisa memantau aktifitas di website. Artikel mana yang paling banyak dibaca, berapa total pageviews-nya, dan datang dari mana saja. Paling tidak, data-data ini bisa menjadi acuan utama sebelum akhirnya saya cek lebih detail di Google Analytics dan Google Webmasters.

* * *

Itu aja pembahasan beberapa fitur yang menurut saya cukup penting dan kamu harus tahu, lainnya bisa kamu pelajari sendiri di sini.

Gabung Telegram

Ada banyak insight singkat-menarik yang ditulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

Pelajaran Lainnya
Install WordPress di cPanel
Cara Membuat Halaman Contact Us

Yakin Ngga Mau Komen?