Membaca Berulang Kali

Saya sering membaca artikel atau tutorial yang sama berulang kali. Entah di hari yang sama atau di hari yang akan datang (menyesuaikan kebutuhan dan mood, heu).

Kadang saya menemukan poin-poin baru saat saya membaca artikel tersebut untuk yang kedua kalinya (atau ketiga, keempat, dst).

Sebenarnya ini pola yang sama persis seperti saat kita nonton film. Kadang kita baru mudheng poin atau maksud yang dibahas saat sesi atau momen tertentu.

Untuk melakukan hal ini tidak mudah memang pada awalnya. Ini bermula saat saya sedang niat keras untuk bisa menguasai ilmu pemrograman di bahasa tertentu (ada banyak bahasa dan pola di pemrograman). Saya memutuskan untuk membuat pola belajar yang efektif. Saya beli tutorial dari teamtreehouse (recommended), saya mencari guru, juga menggunakan cara yang sedang saya bahas di sini, membaca berulang kali.

Saya melakukan hal ini juga terinspirasi dengan proses menghafal Al Quran. Terjadi proses repetisi belajar dan praktek (membaca berulang dan memasukkan ke dalam otak –memorize). Dalam proses repetisi itu akan kita jumpai simpul-simpul yang memudahkan kita dalam menyambungkan satu kata dengan kata lain, satu kalimat dengan kalimat lain.

kamu bisa ikuti apa yang saya lakukan untuk membantu proses belajar, ini berlaku umum, tidak hanya untuk konten digital. Coba jadikan pola ini sebagai pola yang permanen. Artinya tidak hanya sekali dua kali.

Oh iya satu lagi, jangan terlalu sering baca berita di internet, apalagi berusaha mengingat-ingat apa yang dibahas, terlalu banyak berita laghuwi (sia-sia). Ini akan mengganggu proses yang sedang kita lalui.

Terakhir, kamu harus tumbuhkan minat dan semangat baca yang tinggi. kamu tidak akan pernah bisa mengamalkan ilmu ini kalau minat baca saja sudah rendah.

Punya pengalaman serupa? Cerita dong :D

Leave a Comment