Search Engine

From Zero to Hero, Panduan Super Lengkap Belajar SEO dari Nol

0

Mempunyai website yang terus menerus kebanjiran passive traffic adalah dambaan banyak orang. Saya yakin, kamu juga menginginkan hal tersebut.

Passive traffic adalah traffic yang terus menerus datang pagi, siang, sore, malam, termasuk saat kamu sedang kencan (dengan pasangan yang halal) dan jalan-jalan.

Satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan passive traffic yang saya tahu sampai hari ini hanya menggunakan strategi SEO.

Itulah mengapa SEO menjadi sangat penting untuk kamu pelajari. Dan akan menjadi wajib ketika kamu berada pada salah satu dari poin-poin di bawah ini:

  1. Mempunyai website bisnis
  2. Ingin memaksimalkan pemasaran online
  3. Pemilik jasa atau servis yang ingin terus menerus mendapat order.
  4. Mempunyai online shop
  5. Ingin membangun personal brand
  6. Menjual produk digital
  7. dll

Kalaupun (dengan terpaksa) kamu belum ada waktu untuk menjalankan strategi SEO, paling tidak kamu harus paham dasar-dasarnya. Yang nantinya kamu bisa membayar orang untuk mengerjakan strategi SEO, seperti yang saya lakukan sekarang.

Mengapa Belajar SEO Menjadi Sangat Penting?

Kalau sebuah produk itu mempunyai kualitas, maka seorang pembeli juga mempunyai kualitas. Ada calon pembeli yang melakukan PHP, ada pembeli yang langsung tanya nomor rekening dan melakukan transfer di hari yang sama.

Apa yang menjadi sebab tersebut? Jawabannya adalah dari mana calon pembeli mendapatkan info kontak kamu.

Mesin pencari bisa memberikan pengunjung yang sangat berkualitas, karena jauh sebelum mereka melihat produk atau penawaran kamu, mereka sudah mempunyai 70% niat untuk melakukan transaksi. Mereka sudah siap uang, mereka sudah punya beberapa informasi terkait produk.

Jiwa dan pikiran mereka sudah pada tahap mereka merasa memiliki produk. Ketika mereka melihat halaman penawaran yang menarik, mereka akan melakukan transaksi sambil tutup mata (maksudnya tanpa pikir panjang).

SEO Itu Mudah

Kalau kamu menjumpai banyak istilah “mengerikan” di forum-forum atau komunitas, dan kamu merasa suntuk-frustasi dengan hal-hal itu, maka kamu berada di tempat yang tepat sekarang.

Di sini saya akan mengajarkan hal-hal yang mudah untuk dipahami, karena sejatinya SEO itu tidak memerlukan banyak logic, tidak banyak jenis to do list yang harus kamu lakukan. SEO hanya meminta konsistensi dari kamu.

Logic nya ngga banyak tapi dia menjadi sesuatu yang looping (berulang). yang ditantang adalah, bisakah kamu konsisten dengan sesuatu yang looping tersebut? Karena kebanyakan orang yang merasa puas dengan comfort zone, biasanya ngga betah sama sesuatu yang looping.

Saya akan membagi materi menjadi 5 modul dasar.

  1. SEO Basic: Apa Itu SEO?
  2. Riset Kualitas Keyword & Kompetitor
  3. SEO Onpage: Membuat Konten Berkualitas
  4. SEO Offpage: Membuat Backlink Berkualitas
  5. Evaluasi, Evaluasi dan Evaluasi

Ada begitu banyak hal di SEO yang jika dilakukan justru membuat website kamu tidak akan bagus untuk jangka panjang. Seperti membangun link secara masal, membuat halaman (page) secara sporadis (menggunakan mesin, serba auto, dll), dan hal-hal lain yang justru saat ini malah dicari oleh banyak pembelajar baru.

Mungkin yang ada dalam benak para pembelajar baru (yang bisa jadi salah satunya adalah kamu), SEO adalah sesuatu yang gelap gulita, membutuhkan skill pemrograman, membutuhkan teknik-teknik khusus, dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu.

Padahal tidak demikian.

Di pelajaran ini saya tidak akan mengajarkan hal-hal yang justru mempunyai potensi merugikan diri kamu sendiri, seperti hal-hal yang baru saja saya sebutkan di atas.

Luangkan waktu kamu untuk membaca materi berikut ini secara utuh. Niatkan apa yang kamu lakukan ini sebagai investasi jangka panjang.

Sisihkan waktu minimal 1 jam untuk setiap modul. Insya Allah seharian bisa selesai untuk kamu baca. Jangan lupa untuk membaca lagi di lain waktu (mengulang-ulang materi) supaya pemahaman kamu terhadap SEO semakin bagus.

  1. MODUL 1 – SEO Basic: Apa Itu SEO?
  2. MODUL 2 – Riset Kualitas Keyword & Kompetitor
  3. MODUL 3 – SEO Onpage: Membuat Konten Berkualitas
  4. MODUL 4 – SEO Offpage: Membuat Backlink Berkualitas
  5. MODUL 5 – Evaluasi, Evaluasi dan Evaluasi

Selamat belajar.

Magang 3 Bulan Untuk Hidup yang Lebih Baik

Insya Allah demikian. Udah kayak kampanye pilpres aja ya, hehe. Monggo yang tertarik bisa langsung baca selengkapnya.

You may also like
Apa Itu Referring Domain?
Mengenal Google Rich Snippet

Yakin Ngga Mau Komen?

%d bloggers like this: