Marketing

22 Strategi yang Terbukti Ampuh Jalankan Bisnis Online

Ketika kamu memutuskan untuk benar-benar serius menjalankan bisnis online, maka segala hal yang bersangkutan dengannya harus kamu perhatikan dengan sangat serius. Di sini saya akan membagikan beberapa ide dan pengalaman yang selama ini menjadi patokan saya dalam menyusun strategi.

Strategi ini saya ulas dari yang paling basic untuk pemula sampai yang advance untuk yang sudah berpengalaman. Bagi sebagian dari kamu, mungkin ada beberapa pembahasan yang perlu diskip, silahkan disesuaikan :)

Memilih Platform

1. Web Gratis

Ada banyak teman saya yang berhasil hanya berbekal web gratis, maka sudah seharusnya orang lain juga bisa melakukannya termasuk kamu.

Tapi tentu saja hasilnya akan lebih maksimal ketika menggunakan platform berbayar.

Saya tidak pernah menggunakan platform website gratis yang dikhususkan untuk berjualan. Jadi saya tidak bisa memberikan insight lebih lanjit mengenai hal ini.

2. Web Berbayar

Yang harus kamu bayar di sini adalah domain, hosting, dan mungkin juga theme jika dirasa perlu (meski sebenarnya ada banyak theme gratis yang tidak kalah keren dengan theme berbayar).

Dengan menggunakan web berbayar, kamu bisa lebih fleksibel dan maksimal saat ingin melakukan optimasi. Segala hal yang kamu butuhkan untuk optimasi seperti mengola meta di web, urusan tampilan dan lainnya sangat fleksibel.

3. Sosial Media

Ada jenis barang tertentu yang memang hanya optimal jika dijual melalui sosial media.

Seperti misalnya jual aksesoris dan fashion jenis tertentu, akan lebih maksimal dijual menggunakan sosial media karena jika menggunakan SEO sudah sangat sulit untuk tembus ke halaman 1.

Sehingga ada beberapa brand UKM yang memang hanya fokus pada sosial media. Mendapatkan banyak sales dari sosial media dan dana marketing banyak dicurahkan untuk beriklan di sosial media.

4. Marketplace

Marketplace adalah solusi bagi kamu yang tidak bisa membuat web, tidak mengerti SEO, tapi ingin mempunyai produk yang bisa cepat laku diburu pembeli.

Cukup bermodal email, data-data diri, dan foto-foto produk, insya Allah sudah cukup untuk bisa mendatangkan uang masuk ke rekening kamu.

Umumnya lagi, marketplace menyediakan fasilitas yang serupa dengan rekening bersama. Jadi, sangat minim adanya penipuan di marketplace.

Strategi Pemasaran

5. Maksimalkan SEO

SEO adalah strategi marketing paling ampuh karena cukup dilakukan sekali tapi bisa terus menerus menghasilkan konversi transaksi.

Beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang SEO bisa kamu baca di daftar link berikut ini:

6. Review dari Blogger

Review atau ulasan dari blogger ini mempunyai 2 tujuan.

Pertama, meningkatkan brand awarness. Meski dampaknya terhadap brand saya pikir ngga terlalu besar, dan memang bukan ini tujuan utamanya. Tujuan utama ada di poin kedua.

Kedua, mendapatkan backlink dari blog dengan kualitas yang baik. Ini sangat bagus terhadap SEO website kamu.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan review ini di antaranya:

  1. Membayar
  2. Saling mengulas
  3. Membuat guest post bermanfaat (dan menyelipkan backlink secara samar, yaitu tidak terkesan promosi).

7. Facebook Ads

Seperti yang saya bahas di atas mengenai barang-barang tertentu yang hanya bisa maksimal jika dijual melalui Facebook, maka kamu tidak bisa menganggap sepele hal yang satu ini.

Saya pernah membagikan insight saya menjalankan iklan murah di Facebook. Atau kamu bisa membaca Fanspage-ID, tempat yang menjadi rujukan berbagai masalah seputar iklan di Facebook.

8. Gunakan Theme yang Sesuai

Di bagian bawah, saya membagi jenis produk ke dalam 3 jenis yaitu barang, servis, dan digital. Nah, yang dimaksud dengan theme sesuai adalah yang secara fitur dan kebutuhan memang diperuntukkan untuk jenis produk yang bersangkutan.

Pastikan bahwa user experience yang ada pada website sudah nyaman bagi pengunjung. Untuk mendapat jawaban yang obyektif, kamu bisa minta pada kerabat dan teman-teman untuk menilai seberapa mudah dan menariknya website kamu untuk ditelusuri.

9. Menguasai Copywriting

Copywriting itu seperti senjata yang tak terlihat. Ia seperti tanpa infrastruktur, tapi mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap konversi.

Produk yang sebenarnya biasa, jika dikemas dengan copywriting yang bagus bisa menggiring customer melakukan transaksi yang seolah mereka lakukan dengan mata tertutup.

Sebaliknya, produk bagus jika tidak didukung dengan copywriting yang bagus, salesnya akan melempem.

Saya ada beberapa pengalaman di sini, saya merasakan peran yang sangat penting tentang copywriting. Dan ini sangat erat kaitannya dengan desain website.

Menentukan Jenis Produk

10. Barang

Produk berupa barang juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis.

  1. Produk yang berkejaran dengan waktu, masa expirednya sangat cepat.
  2. Produk yang sulit dikirim menggunakan jasa kirim konvensional, seperti produk cair misalnya.
  3. Produk yang harganya sangat fluktuatif, apalagi mengikuti rate dolar. Ia memang tidak cepat (atau bahkan tidak bisa) expired, tapi untung-rugi sangat ditentukan dengan kecepatan kamu dalam memutar penjualan.

11. Servis

Servis atau jasa adalah jenis usaha yang menurut saya risikonya termasuk tinggi, dan cenderung tidak dihargai, kecuali bisa mengakses tempat-tempat strategis.

Ditambah lagi, ini jenis bisnis yang perputarannya tidak bisa cepat. Jadi, umumnya menggunakan strategi kontrak dan recurring.

Aset bagi pebisnis yang bergerak di jenis bisnis ini adalah SDM-nya. Artinya, ini sangat erat kaitannya dengan manajemen SDM. Membuat mereka menjadi betah di perusahaan kamu.

Selanjutnya, keberadaan pencari bakat sangat penting. Merekrut tenaga-tenaga muda dengan bakat yang luar biasa. Di Indonesia sangat banyak tenaga seperti ini, tapi jarang ada yang bisa memberikan penawaran menarik pada mereka. Sehingga keduanya malah tidak berkembang (perusahaan dan pemuda yang ditawari kerja).

12. Digital

Ini termasuk yang sangat mudah ketika dijalankan dan (berpotensi) sangat besar keuntungannya. Tapi, membutuhkan develop produk yang beragam tingkat kesulitannya.

Konsep atau ide dari bisnis produk digital adalah proses produksi hanya satu kali, tapi bisa dijual secara massif, cepat, dan keuntungan per produk bisa nyaris 100% ketika sudah balik modal, karena tidak ada biaya operasional berlebih.

Tidak ada ongkos produksi (ada hanya sekali di awal) dan tidak ada biaya distribusi.

Tentang ide produk, bisa sangat banyak kalau mau dijabarkan satu-satu. Berikut beberapa jenis produk digital yang populer tapi sepertinya akan tetap langgeng sampai kapanpun.

  1. Ebook: cukup bermodalkan menulis yang baik dan benar. Bisa menggunakan banyak tool gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk mendesain ebook yang kamu buat.
  2. Tool: berupa software aplikasi, bisa berbasis desktop, bisa juga berbasis web. Tapi sekarang yang lebih populer adalah berbasis web.

Metode penjualan umumnya terbagi jadi 2, yaitu one time payment (sekali bayar) dan recurring (berulang, ada yang tiap bulan, tiap sekian bulan, dan tiap tahun).

Saking menguntungkannya bisnia untuk jenis produk digital, ada banyak marketplace yang khusus menjual produk digital seperti tempat-tempat ini:

  1. Themeforest
  2. Shutterstock
  3. Codecanyon
  4. Lynda
  5. Dll

Kalau di Indonesia juga ada beberapa, dan yang paling menonjol adalah Ratakan.

Mengelola Keuangan

13. Bantuan Aplikasi Pengelola Keuangan

Zaman sekarang sudah sangat canggih ya. Apa-apa bisa dikerjakan dengan bantuan teknologi.

Tiba-tiba saya terpikir bagaimana dulu Abdurrahman bin Auf mampu menjadi saudagar yang sangat kaya raya. Beliau menjalankan semuanya secara manual, input data, olah data, sampai manajemen database, semuanya manual. Belum lagi pencatatan lainnya.

Sekarang, di Android sudah begitu banyak aplikasi pengelola keuangan. Mulai dari fitur sederhana sampai fitur yang luar biasa.

Seperti aplikasi Money Lover Manager. Kalau yang berbasis web bisa menggunakan Amplop.in.

14. Memisahkan Rekening

Masih banyak orang yang menganggap ini sepele. Membuat beberapa rekening untuk memisahkan dana yang dikelola.

Setidaknya ada 2 rekening. Untuk pribadi dan untuk bisnis. Supaya kamu lebih mudah saat melakukan pencatatan keuangan.

Kalau saya memisahkan rekening bisnis saya, rekening pribadi, rekening bisnis istri, dan rekening donasi bagi para donatur yang ingin menyumbang dana ke Pesantren Sintesa, ayo ikut kontribusi smile emoticon

15. Siapkan Minimal 2x Modal

Untuk beberapa jenis bisnis online, ada cashflow yang tidak langsung berputar 1 bulan setelahnya. Seperti bisnis AdSense yang sekarang sedang saya jalani.

Penghasilan bulan ini baru bisa saya ambil bulan berikutnya. Itu artinya, saya harus sediakan dana 2 bulan untuk dapatkan hasil 1 bulan. Itu yang saya maksud 2x modal.

Mindset ini menurut saya penting untuk ada dalam diri setiap pebisnis, karena ini erat kaitannya dengan keuangan. Bisnis sangat sensitif terhadap pengelolaan dan mindset keuangan.

Mengelola SDM

16. Membagi Tugas SDM

Penempatan SDM yang salah, tidak sesuai dengan skill yang dimiliki, menjadikan roda kerja sistem kamu menjadi tidak seimbang.

Resiko menjadi tinggi, dan target menjadi sulit untuk dikerjakan.

17. Mengajarkan SDM Untuk Menjadi Handal

Banyak orang diliputi rasa was-was ketika memberikan banyak informasi ke karyawan. Kalau tidak dikasih tahu, nanti kita bisa kerepotan. Tapi kalau dikasih tahu, dia akan mendapat informasi yang begitu penting.

Kebanyakan orang khawatir karyawannya pindah ke tempat lain atau membuat usaha baru secara mandiri tapi ide utama mengadopsi apa yang sudah kita lakukan.

Kemudian kita merasa dikhianati, dan harus mencari SDM baru yang tentu semuanya harus berulang lagi. Sampai kapan SDM terbaik kita bisa bertahan? Jawabannya di ada di poin bawah.

18. Menjaga dan Merawat SDM

Ketika bisnis kamu besar, kamu membutuhkan banyak SDM yang akan menjalankan sistem bisnis kamu.

Ada praktisi bisnis yang mengatakan, customer perusahaan itu ada 2. Pertama adalah end-user, dan kedua adalah karyawan mereka sendiri.

Perusahaan atau pengusaha harus mengayomi SDM nya sebagaimana para customer, bagaimana para karyawan bisa nyaman, puas, dan akhirnya betah bekerja dengan kamu.

Salah satu trik yang saya peroleh dari hasil tanya-jawab dengan Mr. X (pengusaha), yaitu dengan memberikan uang yang sifatnya urgent, bukan dengan menaikkan gaji. Uang yang sifatnya urgent seperti berikut:

  1. Uang lahiran anak
  2. Uang sekolah anak (baru naik kelaa, atau pindah jenjang pendidikan)
  3. Uang kalau sakit
  4. Dan kebutuhan dadakan lainnya

Menurut Mr. X ini, uang itu bisa mempunyai arti yang lebih dari sekedar rekanan kerja. Uang dengan jenis ini bisa membuat chemistry semakin kuat. Membuat mereka semakin nyaman.

Saya sendiri masih harus belajar tentang ini. Bagaimana mempertahankan SDM untuk tidak pindah ke lain hati.

19. Jangan Lupa Refreshing

Semua pebisnis sepakat bahwa refreshing adalah bagian dari hal yang harus dilakukan minimal 1 bulan sekali.

Untuk apa kalau waktu yang ada hanya digunakan untuk bekerja, bekerja, dan bekerja. Tidak mempunyai jadwal khusus untuk menghibur diri.

Refreshing di sini menjadi bagian dari strategi, artinya ia haruslah terjadwal, terencana, baik dari alokasi waktu dan alokasi anggaran. Harus ada.

Karena refreshing terbukti bisa menjaga denyut kebahagiaan agar tetap stabil. Ketika sebuah kebahagiaan bisa stabil, maka semangat kerja bisa tetap terjaga.

Faktor Religi dan Spiritual

Harusnya faktor spiritual ini saya tulis di paling atas. Tapi tak apa. Toh kamu bisa menyimpulkan sendiri akhirnya.

20. Restu dari Orang Tua dan Pasangan

Banyak pemula yang mengabaikan hal ini. Punya ide usaha tapi tidak pernah cerita mengenai ide dan rencana itu ke orangtua, apalagi pasangan.

Asal main action saja. Padahal ridho orangtua adalah ridho Allah. Dengan mendapat ridho dari orangtua, maka kita juga mendapatkan ridho dari Allah.

Ketika kita dapat ridho dari orangtua, pasangan, dan dari Allah. Insya Allah perjalanan bisnis online akan semakin mudah tanpa halangan.

21. Bersih dari Dosa

Manusia tidak pernah luput dari salah dan dosa. Bersih di sini adalah bersih dari 10 dosa besar, di antaranya:

  1. Durhaka orang tua
  2. Zina
  3. Khamr
  4. Dusta
  5. Meninggalkan sholat

Dari 10, yang paling sering dilakukan adalah yang 5 di atas. Untuk itu pastikan kamu sudah bersih dari dosa-dosa di atas, kalau merasa belum, ya segera lakukan taubat yang sesungguh-sungguhnya taubat.

22. Niat Bisnis Untuk Mengangkat Masyarakat (Memberi Manfaat)

Insya Allah kemudahan akan didapat ketika kita bisa menguatkan niat ini. Memberi manfaat itu adalah bagian dari sedekah dan jariyah kita (sedekah waktu, tenaga, pikiran).

Kita juga berkesempatan besar didoakan oleh lebih banyak orang.

Ibarat backlink, semakin banyak doa dan semakin berkualitas doanya, maka efeknya bisa sangat bagus.

Gabung Telegram Saya

Ada banyak insight singkat-menarik yang saya tulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

You may also like
Ini keyword
Asiknya Menjalankan Bisnis Pakai WordPress Multisite
Mencari Aged Domain Berkualitas Untuk Optimasi Keyword Kelas Atas

Yakin Ngga Mau Komen?

%d bloggers like this: