Marketing

Membuat Kuesioner Online

Businessman checking sales data

Tidakkah mengerikan apabila sebuah bisnis online bangkrut tanpa disadari owner-nya? Coba bayangkan anak dan pasangan kamu ikut menanggung beban ekonomi karena krisis keuangan.

Jangan nangis! Kamu harus kuat! Cari solusi!

  • Fakta #1: 80% pebisnis online bangkrut di tahun pertamanya karena kesalahan model bisnis.
  • Fakta #2: Ego dan idealisme pebisnis membuat mereka tuli akan umpan balik dari pelanggan.

Akhirnya…

…bisnis mengalami kerugian dan tidak kuat pivot ke model bisnis sustainable.

Pernah mengalami hal yang sama? Belum mendapatkan solusi?

Ini jawabannya…

Tapi sebelum itu, pernahkah kamu mendengar pepatah, “Pelanggan adalah paspor untuk sukses”.

Yups, sumber solusi kamu berasal dari pelanggan.

Kamu perlu mendengar lebih banyak dari pelanggan daripada berceloteh angkuh tentang kesuksesan semu.

Bagaimana caranya? Pakai kuesioner online.

Kuesioner online dapat menguak sisi terdalam dari macetnya bisnis kamu. Dia dapat memperjelas indikator kesehatan branding, manajemen dan kepuasan pelanggan.

CATATAN: Terkadang ego dan idealisme pebisnis hancur saat mendengar kesaksian pengguna. Fitur andalan yang mereka perjuangkan selama berbulan-bulan ternyata tidak berharga. Kenyataan memang pahit tapi itulah obat yang mujarab.

Baru-baru ini, telah muncul berbagai layanan kuesioner online yang canggih dan efektif.

Kamu Sudah Tahu Kuesioner Online, Bukan?

Singkat kata, kuesioner online adalah alat untuk mengumpulkan informasi umpan balik dari pelanggan. Informasi ini didapatkan dengan menyebar form angket secara online. Informasi yang terkumpul dapat digunakan untuk menganalisa kepuasan pelanggan, keputusan membeli, dan alasan kenapa produk kita tidak laku.

Tidak banyak pebisnis yang mau melakukan survei online. Mereka takut menghadapi kenyataan pahit tentang produk mereka. Terlebih lagi, sistem kuesioner online jauh lebih cepat dan praktis untuk mendeteksi gejala kebangkrutan.

Jadi, lo owner-nya ga becus, langsung ketahuan. Hehehe.

Tertarik mencoba kuesioner online?

Berapa sih harga tools kuesioner online? mahal ya?

Mahal atau tidaknya harga tools kuesioner online itu relatif! Coba bayangkan jika kamu berinvestasi 1.200.000 untuk menyelamatkan bisnis senilai ratusan juta? Bukankah itu murah?

GOODNEWS: Spesial untuk hari ini, saya akan membocorkan kuesioner online gratis, profesional, rasa premium tapi powerfull. Tunggu ya! Hehehe.

Untuk lebih memahami kegunaan kuesioner online, kamu harus tahu 5 rahasia penting ini:

5 Rahasia Terlarang Kuesioner Online yang Jarang Orang Tahu

Kuesioner online telah menjadi salah satu senjata favorit para pebisnis online. Pebisnis dapat mengekstrak informasi langsung dari pelanggan dan menggunakannya untuk mengaudit bisnis. Menarik, bukan? Berikut ini 5 benefit kuesioner online yang dapat melejitkan bisnismu:

1. Kuesioner Online Dapat Mengolah Data Secara Real-time Tanpa Nunggu Berbulan-Bulan

Kuesioner online mampu mengumpulkan informasi pelanggan secara masif dan tertarget dalam waktu singkat. Terlebih sistem pengelolaan databasenya sudah canggih. Kamu dapat menganalisis hasil kuesioner dari responden secara langsung (real-time) tanpa nunggu besok.

Keuntungannya apa? Kamu dapat memprediksi gejala kebangkrutan lebih dini, sehingga lebih siap. Di sisi lain, kamu dapat melihat peluang bisnis dengan market yang tertarget dan model bisnis sustainable.

2. Pengeluaran Biaya Survei Online Lebih Hemat dan Terukur

Berbeda dengan survei konvensional yang menggunakan angket dan perlu banyak petugas. Kuesioner online telah di manajemen dengan sangat baik. Kamu akan hemat waktu, biaya dan tenaga dalam mencari informasi berharga dari pelanggan. Istilah kerennya Cost-Efficient.

3. Margin of Error Kecil

Semakin besar margin of error suatu informasi semakin berbahaya untuk pola pikir pebisnis. Kuesioner online menyajikan data dengan margin of error yang relatif kecil. Jika kamu masih tidak percaya, kamu dapat melakukan beberapa kali pengulangan.

Lah, jadi lama dong? Tenang, mengulang survei online itu jauh lebih cepat daripada menyebar angket di lapangan. Hehehe.

4. Waktu Riset, Analisis Data dan Penarikan Kesimpulan Jauh Lebih Cepat

Semakin luas target kuesioner kamu, semakin banyak data kuesioner yang masuk. Coba pikirkan berapa banyak waktu untuk memproses data tersebut?

Untungnya, kuesioner online sudah terintegrasi dengan spreadsheet dan program pengolah data statistik yang mumpuni. Jadi, kamu dapat menarik kesimpulan dan membuat keputusan bisnis dengan cepat dan tepat.

5. Menguak Kejujuran Responden Tanpa Perlu Mengintimidasi

Kuesioner online akan membuat pelanggan nyaman dalam menuliskan pendapat mereka. Mereka akan jujur secara psikologis karena tidak ada tekanan dari petugas survei.

Terlebih lagi, mereka tidak dikejar deadline. Mereka dapat mengisi kuesioner pada saat mereka sedang santai. Saya yakin, jika metode survei online kamu sudah benar maka hasilnya pasti terpercaya.

Tidakkah menakjubkan jika kamu mampu menjadi nahkoda bisnis handal setelah ahli menganalisis kuesioner online? Kamu akan ahli dalam memprediksi gejala kebangkrutan bisnis dan peka dalam memilih model bisnis yang sustainable.

5 Kuesioner Online Terbaik 2019

Baru-baru ini, saya mencoba beberapa kuesioner online yang memiliki reputasi handal. Saya kagum, ternyata teknologi survei online sudah berkembang sangat pesat. Jika saya disuruh memilih 5 kuesioner terbaik 2019 maka saya pilih ini:

1. Qualtrics

Kuesioner Online Terbaik 2019 1Qualtrics adalah perusahaan yang fokus pada pengembangan layanan manajemen. Produk qualtrics XM menjadi salah satu layanan kuesioner online terbaik di dunia.

Perusahaan qualtrics baru didirikan pada tahun 2002. Pendiri qualtrics adalah Scott M. Smith, Ryan Smith, Jared Smith dan Stuart Orgill. Perusahaan ini telah memiliki karyawan lebih dari 2.600 orang. Wow, keren!

Kantor pusat qualtrics berada di Provo, Utah (U.S.) & Seattle, Washington (U.S.). Produk kuesioner andalan qualtrics adalah qualtrics customer XM, qualtrics product XM, qualtrics employee XM, qualtrics brand XM.

Qualtrics taglines: Software to help turn customers into fanatics, products into obsessions, employees into ambassadors, and brands into religions.

Untuk dapat menggunakan paket pro qualtrics, kamu perlu merogoh kocek 1.750.000 per bulan. Keunggulan kuesioner online qualtrics adalah mudah, cepat, dan lengkap.

Boom! Keren!

2. SoGoSurvey

Kuesioner Online Terbaik 2019 2SoGoSurvey merupakan perusahaan SaaS (software as a service) berbasis cloud yang fokus pada layanan survei online. SoGoSurvey dapat mendistribusikan & menganalisis survei online dengan sangat akurat.

Perusahaan SoGoSurvey baru berdiri pada tahun 2013 oleh inisiatif Hamid Farooqui dan Suhail Farooqui. Umur perusahaan SoGoSurvey saat ini telah mendekati 6 tahun. Berkat kerja keras seluruh jajaran perusahaan, SoGoSurvey menjadi salah satu layanan survei online popular di seluruh dunia.

Kantor pusat SoGoSurvey berada di Herndon, Virginia, Amerika Serikat. Produk kuesioner andalan SoGoSurvey adalah employee experience management surveys, customer experience management surveys, online survey tools, assessment tools.

SoGoSurvey taglines: Enterprise online survey software.

Kamu perlu merogoh kocek sebesar 1.386.000 per bulan agar bisa menggunakan layanan premium SoGoSurvey. Keunggulan kuesioner online SoGoSurvey adalah tampilan profesional, elegan dan multifungsi.

Wow, dahsyat!

3. Zoho Survey

Kuesioner Online Terbaik 2019 3Zoho Survey merupakan anak perusahan dari Zoho Corporation Pvt. Ltd. Zoho Survey diresmikan pada 1 Juli 2013 (umur perusahaan masih muda, baru 6 tahun). Zoho Survey fokus dalam bisnis online survey tools sebagai layanan software as a service (SaaS). Aplikasi Zoho Survey sering dijual bundle dengan software Zoho Office Suite.

Ada 2 layanan Zoho Survey yang terkenal, yaitu paket gratis dan berbayar. Pada Zoho Survey PRO, Zoho memberikan fitur-fitur canggih seperti multilingual support, branded surveys, advanced reporting, dan project collaboration.

Kantor pusat Zoho Survey berada di Chennai, Tamil Nadu, India. Fitur kuesioner online andalan Zoho Survey adalah kemampuan untuk membuat unlimited number of customized surveys.

Selain itu, Zoho Survey juga terintegrasi dengan layanan Zoho CRM, Zoho Campaigns, Facebook, MailChimp, Google Spreadsheet, dan Google Apps Marketplace.

Zoho Survey taglines: Create your survey in minutes. Reach your audience on every device. View results graphically and in real-time.

Harga paket pro Zoho Survey cukup murah, yaitu 350.000 per bulan. Keunggulan kuesioner online Zoho Survey adalah harga paket layanan relatif murah, mudah digunakan, dan mendukung 70 bahasa dari seluruh dunia.

Istimewa, bukan? Jangan berhenti dulu! Ada yang lebih keren lagi!

4. SurveyMonkey

Kuesioner Online Terbaik 2019 4SurveyMonkey adalah perusahaan survei online yang berbasis pada layanan cloudserver. SurveyMonkey menawarkan desain kuesioner online yang cantik dan profesional. Dia juga menyediakan layanan perform deeper data analysis dan collaboration project.

Perusahaan SurveyMonkey didirikan pada tahun 1999 oleh dua bersaudara Ryan Finley dan Chris Finley. Mereka sangat ahli dalam hal perangkat lunak dan ilmu manajemen.

SurveyMonkey menyediakan layanan gratis (free) untuk tester dan layanan berbayar (premium) untuk profesional. Layanan SurveyMonkey telah digunakan lebih dari 25.000.000 pengguna aktif dari seluruh dunia.

Kantor pusat SurveyMonkey berada di San Mateo, CA, United States. Produk kuesioner online andalan SurveyMonkey adalah audience SM, CX, usabilla, techvalidate.

SurveyMonkey taglines: Ask more, know more, do more. Capture real voices and opinion instantly.

Harga paket pro Surveymonkey sangat terjangkau, yaitu 158.000 per user per bulan. Keunggulan kuesioner online SurveyMonkey adalah murah, lengkap dan canggih.

Mengesankan! Tunggu, ada satu lagi kuesioner online yang powerfull.

5. Google Forms

Kuesioner Online Terbaik 2019 5Google Forms merupakan software besutan Google LLC yang fokus pada layanan administrasi survei online. Aplikasi Google Forms termasuk dalam Google Drive Office Suite bersama dengan Google Documents, Google Sheets, dan Google Slides.

Google Forms pertama kali diperkenalkan pada 6 Februari 2008. Layanan Google Forms saat ini genap berusia 11 tahun. Google Forms ada dalam 2 paket penjualan, yaitu Personal (gratis) dan Business (berbayar).

CATATAN: Saya sangat menyukai Google Forms Personal. Kenapa? Karena gratis dan powerfull untuk kuesioner online.

Kantor pusat Google Forms berada di Mountain View, California, U.S. Produk kuesioner online andalan Google Forms adalah Google Forms personal dan Google Forms business.

Google Forms taglines: Create surveys, graph data, and analyse results with ease.

Harga layanan bisnis Google Forms sangat terjangkau, yaitu 142.800 per user per bulan. Keunggulan kuesioner online Google Forms adalah ada paket personal $0. Jadi, kamu dapat memakai layanan kuesioner online rasa premium dengan harga $0, alias gratis.

Kelebihan lainnya, kamu dapat upgrade layanan kuesioner online paket bisnis hanya dengan sekali klik. Mudah dan nyaman, bukan?

3 Contoh Kuesioner Online

Untuk memudahkan kamu belajar cara membuat kuesioner online. Saya akan memberikan 3 contoh template kuesioner online. Let’s dive in!

1. Contoh Kuesioner Online Perusahaan

Kuesioner online perusahaan meliputi:

  • Kuesioner kinerja karyawan.
  • Kuesioner kepuasan pelanggan.
  • Kuesioner kualitas pelayanan.
  • Kuesioner produk.
  • Kuesioner pemasaran.
  • Kuesioner keputusan pembeli.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh kuesioner product survey form di bawah ini:

Contoh Kuesioner Online Perusahaan Product Survey Form

Contoh kuesioner product survey form.

2. Contoh Kuesioner Online Universitas

Kuesioner online universitas meliputi:

  • Kuesioner layanan pendidikan.
  • Kuesioner kualitas tenaga pengajar.
  • Kuesioner biaya kuliah.
  • Kuesioner pengadaan peralatan laboratorium.
  • Kuesioner penelitian.

Kamu dapat belajar lebih banyak dengan mengamati kuesioner student performance evaluation ini:

Contoh Kuesioner Online Universitas Student Perfomance Evaluation

Contoh kuesioner student performance evaluation.

3. Contoh Kuesioner Online Pebisnis Online

Kuesioner online pebisnis online meliputi:

  • Kuesioner kepuasan pelanggan.
  • Kuesioner kualitas layanan.
  • Kuesioner produk.
  • Kuesioner pemasaran produk digital.
  • Kuesioner design & improvement produk digital.

Temukan lebih banyak ilmu dari Kuesioner customer satisfaction survey form ini:

Contoh Kuesioner Online Customer Satisfaction Survey Form

Contoh kuesioner customer satisfaction survey form.

Apakah kamu ingin belajar bagaimana cara membuat kuesioner online? Saya merekomendasikan kamu untuk memakai Google Forms.

Cara Mudah Membuat Kuesioner Online Menggunakan Google Forms

Untuk memudahkan kamu membuat kuesioner online, ikuti 5 alur kerja berikut ini:

  1. Siapkan file kuesioner manual. File ini bisa kamu buat terlebih dahulu di MS Office, ataupun download template kuesioner secara online.
  2. Pindahkan data kuesioner manual ke dalam bentuk Google Forms.
  3. Review template kuesioner yang telah dibuat.
  4. Hubungkan database responden dengan template (optional).
  5. Uji coba kuesioner Google Forms yang telah dibuat.

CATATAN: Pastikan kamu mengikuti setiap tahap dengan benar ya, hehehe.

Kurang detail? Okay!

Spesial untuk hari ini, saya akan membimbing kamu step by step sampai mahir. Setuju?

Langkah #1: Pastikan kamu telah memiliki akun Google yang telah terverifikasi. Jika belum punya, silakan registrasi terlebih dahulu di sini.

Langkah #2: Sign In ke dalam layanan Google.

cara membuat kuesioner online 1

Langkah #3: Setelah berhasil Sign In. Klik icon Google Apps, lalu klik icon Drive.

cara membuat kuesioner online 2

Langkah #4: Kamu akan diarahkan ke dashboard Google Drive. Pada tahap ini, cari dan klik New >> More >> Google Forms.

cara membuat kuesioner online 3

Langkah #5: Kamu akan dihadapkan pada lembar kerja Google Forms. Mulai dari tahap ini, kamu sudah dapat mulai membuat kuesioner online.

cara membuat kuesioner online 4

Catatan:

Di awal tutorial saya sudah berpesan untuk membuat file kuesioner manual terlebih dahulu. Kamu dapat membuat kerangkanya di MS Office ataupun Google Docs.

Kenapa Tidak Langsung Membuatnya di Google Forms Saja?

  • Alasan #1: Ini hanya untuk memudahkan pembelajaran saja. Bagi yang sudah expert, silakan langsung buat di Google Forms.
  • Alasan #2: Jika kamu menginginkan bukti file responden maka kamu perlu memiliki file kuesioner manual yang di upload di Google Drive.

Nurut dulu ya! Nanti akan saya bisiki fungsi rahasianya.

Bagi yang belum buat file kuesioner manual, saya kasih waktu 5 menit. Yuk, segera dibuat!

Sudah selesai belum file kuesioner manualnya?

Belooom! Tuh, ga dikerjain kan. Hahaha, tuman.

Yaudah! Langsung aja download contoh kuesioner manual di sini.

CATATAN; Saya hanya mencontohkan cara membuat kuesioner online dengan Google Forms. Jika kamu penasaran cara survey online untuk mendeteksi kebangkrutan, tanya di kolom komentar ya.

Langkah #6: Buka file kuesioner manual dan halaman beranda Google Forms secara bersamaan.

cara membuat kuesioner online 5

Catatan:

Kamu dapat mengaktifkan fitur snap aero pada windows. Jika tidak tahu apa itu snap aero, ya diperkecil saja layar kerjanya. Hehehe.

Langkah #7: Pindahkan semua data kuesioner manual ke dalam Google Forms dan sesuaikan formatnya.

cara membuat kuesioner online 6

Catatan:

  1. Semakin kompleks kuesioner yang ingin kamu buat, semakin lama waktu pengerjaannya.
  2. Untuk mempercepat proses pengerjaan, pakailah fitur copy & paste untuk kata-kata yang panjang. Dan ketik secara manual untuk kata-kata yang pendek.

9 Fitur Penting yang Wajib Kamu Kuasai di Google Forms

Untuk bisa menggunakan Google Forms dengan baik. Kamu harus mahir menggunakan beberapa fitur penting ini::

cara membuat kuesioner online 7

  1. Duplicate: Untuk menyalin kolom isian Google Forms sebelumnya.
  2. Delete: Untuk menghapus kolom isian Google Forms.
  3. Required: Untuk memberi perintah wajib mengisi kolom isian sebelum melanjutkan proses berikutnya. Jika Required diaktifkan maka pengguna akan mendapatkan pemberitahuan wajib mengisi kolom isian.
  4. Dropdown forms:Untuk memilih format kolom isian sesuai kebutuhan.

cara membuat kuesioner online 8

CATATAN: Pada menu Dropdown Forms terdapat 11 fitur jenis kolom isian. Silakan dipilih sesuai kebutuhan.

cara membuat kuesioner online 9

  1. Preview: Untuk melihat tampilan hasil akhir dari Google Forms yang telah dibuat.
  2. Add question: Untuk menambahkan kolom isian pertanyaan baru.
  3. Add title and description: Untuk menambahkan judul dan deskripsi.
  4. Add image: Untuk menyisipkan gambar yang berguna untuk kuesioner online.
  5. Add sections: Untuk memisahkan sub-topik kuesioner online apabila form sudah terlalu panjang.

Langkah #8: Jika pembuatan kuesioner Google Forms sudah selesai, silakan klik Preview untuk melihat hasilnya.

cara membuat kuesioner online 10

Contoh tampilan preview hasil pembuatan kuesioner online Google Forms.

Langkah #9: Setelah semua form sudah benar, kamu dapat mulai menyebar kuesioner online ke target responden kamu. Selamat berjuang!

Bonus

Bagaimana cara mengetahui database kuesioner online yang dikumpulkan Google Forms?

Caranya sangat mudah!

  • Pertama, klik Response.
  • Kedua, klik Create Spreadsheet.
  • Ketiga, pilih nama database dan klik Create.

cara membuat kuesioner online 11

Jika ada responden yang telah mengisi kuesioner online kamu, semua data dia akan terekam. Ingin tahu hasil spreadsheet database-nya seperti apa? Lihat gambar dibawah ini:

cara membuat kuesioner online 12

Contoh spreadsheet database Google Forms.

Catatan:

Jika kamu menginginkan bukti file dari setiap responden tersimpan dalam bentuk file .doc atau pdf. Kamu harus terlebih dahulu meng-upload file kuesioner manual ke Google Drive. Setelah itu sambungkan file spreadsheet yang telah dibuat dengan file kuesioner manual.

Bagaimana cara menyambungkannya? Kamu dapat menginstall add-ons AutoCrat pada spreadsheet terlebih dahulu.

Add-ons AutoCrat berfungsi sebagai auto data entry. Dia akan menulis ulang file responden dari spreadsheet ke format .doc secara otomatis. Jadi, setiap data responden yang masuk akan dibuatkan file .doc sebagai bukti file responden.

Bingung ya? Hahaha.

Langsung cek di video tutorial bonus spesial saja. Di sana kamu akan dijelaskan dengan lebih detail rahasia fitur add-ons AutoCrat.

Bonus Spesial

Berdasarkan pengalaman saya, cara tercepat belajar secara online adalah dengan melihat video tutorial. Pada video tutorial ini, kamu akan belajar bagaimana cara membuat kuesioner online dan bukti file responden.

Boom! Akhirnya kamu mampu membuat kuesioner online profesional. Tapi jangan puas dulu, saya masih punya bonus satu lagi.

Bonus Spektakuler

Ini bonus terakhir sebagai apresiasi ketekukan kamu belajar.

Loh, kok panduannya berbahasa inggris? Tenang, jangan panik! Hehehe. Panduannya memang pakai bahasa inggris tapi mudah dipahami.

CATATAN: Kamu dapat menyalakan subtitel video untuk mempermudah kamu memahami penjelasan narator. Bagaimana caranya? Klik menu Subtitel/CC (c) pada menu di samping lambang roda gigi.

Kesimpulan

Kuesioner online merupakan salah satu cara ampuh untuk mendeteksi gejala kebangkrutan pebisnis online. Kamu dapat merencanakan pivot ataupun menggenjot inovasi dengan memanfaatkan kuesioner online. Google Forms merupakan aplikasi kuesioner online yang powerfull untuk mendapatkan umpan balik pelanggan.

Secara pribadi, saya sangat menyukai Google Forms, terlebih paket personal. Selain biaya bulanannya gratis, Google Forms dapat mengarsip semua database responden dalam format spreadsheet maupun document(.doc).

Akhir kata, apakah ada detail penting kuesioner online yang saya lupakan? Ingatkan saya dengan menulisnya di kolom komentar. Saya tunggu! Dan apabila artikel ini menarik, klik tombol share di bawah artikel, lalu bagikan ke teman-temanmu.

Gabung Telegram

Ada banyak insight singkat-menarik yang ditulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

Pelajaran Lainnya
Jual Produk Digital, Cara Cepat Melipat-Gandakan Uang
Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Yakin Ngga Mau Komen?