Usaha Digital Printing, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Usaha digital printing itu bisa dikatakan geli-geli maknyus. Maksudnya ini bisnis yang permintaan pasarnya tinggi, tapi persaingannya berdarah-darah, baik di offline maupun di online.

Peluang di bidang digital printing masih sangat bagus di kota-kota berkembang, tapi ngga akan lama sampai tinggal nunggu banyak kompetitor bermunculan. Butuh banyak inovasi dan relasi untuk bisa survive di bisnis digital printing.

Saya sendiri sebenernya agak bingung ingin membahas bagian apa dari usaha digital printing ini. Coba nanti kamu usul di komentar ya.

Sementara ada 4 hal yang mau saya bahas:

  1. Dukungan mesin yang standar.
  2. Pemilihan SDM
  3. Memahami jenis kertas
  4. Memasarkan ke konsumen

Langsung aja kita mulai..

Tentukan Jenis Digital Printingnya

Sebelum masuk ke pembahasan dan strategi di bisnis ini, kamu harus tentukan ingin menggarap digital printing ya mana? Kain, kertas, atau objek benda padat?

Saran saya, sebagai langkah awal, kamu harus tentukan salah satu untuk dikerjakan lebih dahulu, sambil kamu banyak belajar dari pengalaman yang akan kamu dapatkan.

Bertemu dengan banyak konsumen, berdamai dengan permintaan yang aneh-aneh dari customer, pembayaran yang dicicil, desain yang kompleks, dan lainnya.

Dari ketiga jenis itu, mana yang paling mudah? Menurut saya sama-sama mudahnya. Sesuaikan dengan kecenderungan kamu saat ini saja, biar ngga muluk-muluk.

Mesin Untuk Usaha Digital Printing

Setelah menentukan jenis produk yang mau digarap, selanjutnya kamu tinggal fokus ke mesin apa yang mau kamu pakai. Ada banyak mesin yang bisa kamu jadikan pilihan.

Kalau untuk kertas, saran saya pakai mesin ini:

Kalau untuk kain, pakai mesin ini:

Dan untuk objek benda padat bisa pakai ini:

SDM Bagus di Digital Printing

Semua usaha membutuhkan SDM yang handal dan cekatan di bidang usaha yang dijalani. Kalau jujur, ramah, kerjasama, itu hal yang emang default wajib ada siapapun dan di manapun dia bekerja.

Saya pernah tulis juga tentang manajemen SDM untuk membentuk super team, silahkan dibaca. Ini juga bahan bacaan yang bermanfaat untuk kamu pelajari:

Digital Printing Rumahan, Bisa?

Usaha ini termasuk dalam kategori jasa (service), tidak murni produk berupa barang. Maka, apapun usaha yang masuk dalam kategori jasa, ia bisa dikerjakan di mana saja. Tidak membutuhkan lokasi yang strategis.

So, menjalankan bisnis digital printing dari rumah itu ya sangat memungkinkan. Yang penting kamu memahami cara apa saja yang bisa dan harus untuk mengenalkan usaha jasa digital printing ini ke khalayak umum.

Saya sendiri sudah menjumpai cukup banyak digital printing rumahan yang tergolong berhasil (ramai, selalu full pesanan), kamu sendiri juga pernah tahu yang semacam itu kan?

Di awal merintis usaha rumahan ini, selain fokus mengenalkan jasa, kamu juga harus excelent dalam pelayanan. Karena pelayanan ini akan dikenang oleh customer. Bagaimana pelayanan bisa cepat dan hasil tetap bagus.