Search Engine

Apa Itu Long Tail Keywords?

Artinya adalah kata kunci yang punya buntut panjang. Long Tail Keyword digunakan untuk menembak segmen turunan dari Main Keywrod (Kata Kunci Utama). Jadi bisa dibilang Long Tail Keyword adalah sub-keyword (kata kunci turunan) dari Main Keyword. Kedua jenis kata kunci ini dipakai untuk menembak segmen target yang sama.

Alasan Menggunakan Long Tail Keywords

Ada banyak macam orang yang mencari informasi melalui Google. Cara mereka menulis di Google juga bermacam-macam tentunya.

Ada orang yang menulis di Google dengan kata kunci yang panjang (long tail), ada juga yang pendek. Artinya, ketika judul yang kita tulis di website itu exact (sama persis atau mendekati) dengan yang ditulis oleh pencari, yang muncul adalah website kita.

Meski jumlah orang yang mencari dengan Long Tail tidak banyak, yang penting ada. Ya, yang penting ada, dan web kita yang muncul.

Jual Tas Kamera adalah Main Keyword, sedangkan Jual Tas Kamera Murah Jakarta 2014 adalah Long Tail Keywords. Contoh lainnya akan saya berikan di bawah. Yang di dalam kurung adalah Long Tail Keywords.

  1. Obati Sakit Maag (Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami).
  2. Desain Rumah Minimalis (Rumah Minimalis Warna Krem).
  3. Membuat Jelly Art (Alat yang Dipakai Untuk Membuat Jelly Art).

Ingat, Long Tail Keywords adalah kata kunci turunan, bentuknya bisa sangat bervariasi. Cara paling mudah untuk berburu Long Tail Keyword adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner.

Beberapa web yang saya kelola menggunakan strategi ini untuk meraup visitor. Hasilnya lumayan. Dan tidak ada salahnya untuk kamu coba.

SPONSORED: Alat Peraga Pendidikan

Gabung Telegram

Ada banyak insight singkat-menarik yang ditulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

Pelajaran Lainnya
Apa Itu Keyword Diversity?
5 Cara Praktis Membangun Backlink di Kolom Komentar
2 Diskusi
  • Cara Efektif Membuat Anchor Text Nov 10,2014 lúc 11:24 am

    […] dan strategi yang selama ini saya lakukan dan terbukti ampuh, apalagi jika dikombinasikan dengan Longtail Keywords atau kata kunci yang tingkat persaingannya rendah (baca: Sebaiknya Hindari Persaingan SEO yang […]

  • Persiapan SEO Untuk Website Berusia Dini Sep 18,2014 lúc 7:35 am

    […] itu sering kok. Jelas saja, web-web saya usianya sudah melewati masa balita, apalagi kalau menembak Long Tail Keywords dan tingkat persaingannya low […]

Yakin Ngga Mau Komen?