Search Engine

Apakah Attachment Page Berpengaruh Terhadap SEO?

Hmm, ternyata WordPress mempunyai beberapa fitur bawaan (default) yang Google tidak suka, salah satunya adalah fitur Attachment Page.

Setiap kali kamu upload gambar ke sebuah post atau page, kamu bisa menampilkan gambar menjadi sebuah tautan atau link yang mengarah ke attachment page dengan mengaturnya saat pertama kali kamu upload gambar tersebut, dengan cara memilih Attachment Page di bagian opsi Link To.

Screen Shot 2015-04-05 at 1.37.57 PM

Sayangnya, sebagian besar orang tidak menyadari akan hal ini, bahwa Attachment Page akan bermasalah terhadap SEO jika digunakan secara tidak cermat. Dan sebaliknya, akan menjadi power jika dipakai secara benar. Mari kita bahas.

Masalah

Umumnya, description di bagian Attachment Page diisi dengan sangat sedikit, sangat jauh dari standar konten berkualitas.

Selain itu, di bagian description ini tidak bisa kita isi dengan gambar, styling text (hanya bisa plain text), ini menjadikan halaman ini menjadi sangat miskin alias poor content. (baca: Apa yang Dimaksud Konten Berkualitas?)

Solusi

Akan sangat bagus ketika kamu memberikan description yang panjang terkait gambar yang kamu upload. Seberapa panjang? Minimal 100 kata. Setidaknya ini akan membantu kamu supaya halaman ini tidak dianggap sebagai konten yang buruk dan miskin.

Screen Shot 2015-04-05 at 1.59.53 PM

Kalau ingin lebih serius lagi ya bisa diisi sampai 300 kata, ini membuat Google lebih happy.

Jika kamu juga bermain AdSense, sebaiknya hindari memasang iklan AdSense di halaman Attachment Page, jika halaman itu masih menggunakan poor content, karena ini menyalahi aturan main AdSense. (baca: Jangan Memasang Iklan AdSense di Attachment Page)

Kalau sudah terlanjur posting, dan banyak, apa yang harus dilakukan? Merombaknya satu per satu. Tentu ini akan melelahkan, pastinya. Kabar buruknya, saya belum menemukan plugin atau tool lain yang bisa membantu pekerjaan ini secara cepat. Selama masa perbaikan, ada baiknya kamu pasang kode ini ke dalam header.php.

<?php if(is_attachment()) { ?>
<meta name="robots" content="noindex,nofollow" />
<?php } ?>

Hal itu supaya Attachment Page tidak terindex oleh Google, sehingga menjadi tidak masalah, sambil menunggu proses perbaikan, menghilangkannya atau menambahkan deskripsi yang kaya.

Sekian.

Gabung Telegram

Ada banyak insight singkat-menarik yang ditulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

Ibrahim Vatih
I love photos. And happy to archive them in my blog. Sometimes I show some good photos to my family and friends. If you love what I did in my blog, please give me a support with share it to others. Hehe.
You may also like
Apa Itu Long Tail Keywords?
Sebaiknya Hindari Persaingan SEO yang Berdarah-darah
3 Comments
  • Yogi Mar 15,2018 at 12:40 pm

    Kalau saya biasanya di alihkan dengan plugin attachment pages redirect, apakah itu tidak masalah mas vatih?

    • Ibrahim Vatih Jun 29,2018 at 8:19 am

      Iya ngga masalah. Yang penting jangan pasang ads di thin content.

  • […] Jadi, mereka sebenarnya tetap melakukan update konten manual, membeli konten yang original, lolos copyscape, seperti tidak ada yang mencurigakan. Tapi theme yang kebanyakan mereka (orang-orang yang saya wawancara) pakai didesain untuk generated Attachment Page secara otomatis. Anda bisa baca penjelasan saya Apakah Attachment Page Berpengaruh Terhadap SEO?. […]

Yakin Ngga Mau Komen?