WordPress

Hal Krusial Yang Harus Diperhatikan Saat Ganti Theme WordPress

Jika kamu adalah pengguna fanatik WordPress, mungkin kamu sudah beberapa kali ganti theme, atau bahkan sering. Mengganti theme adalah mudah, hanya cukup beberapa klik. Alasan ganti theme-pun bermacam-macam, seperti ingin memiliki tampilan website yang baru (berbeda), atau tergoda untuk beli premium theme karena segudang fitur menawan yang ditawarkan, tapi ada beberapa hal yang perlu untuk dicermati dalam mengelola situs WordPress kamu secara hati-hati agar semuanya berjalan sesuai harapan.

Perhatikan Aspek Penting dari Theme yang Sedang Digunakan

Beberapa dari kita membaca tutorial bagaimana membuat ini dan itu untuk menghasilkan sesuatu yang kita inginkan dalam WordPress. Biasanya kita mengubah beberapa bagian di dalam function.php, style.css, atau file lainnya. Besar kemungkinan kamu lupa bagian mana saja yang pernah dirombak. Adalah penting bagi kamu untuk mengintip mereka sekilas, dan mengingat apa saja yang pernah dirombak.

Mempelajari Theme Baru yang Akan Diinstall

Langkah paling aman untuk mempelajari bagaimana cara kerja theme yang ingin kita pakai adalah dengan menginstallnya di web kita yang lain (web dummy —ujicoba) atau lebih asik lagi menggunakan localhost (baca Apa Itu Localhost? dan Cara Install Localhost).

Dengan menginstall di tempat lain, kamu bisa lebih leluasa mempelajari theme baru dan memiliki gambaran langkah apa yang akan diambil untuk menyesuaikan dengan theme lama kamu.

Backup Files

Ini langkah yang bisa dikatakan penting-tak-penting. Menyesuaikan situasi kondisi dan ikuti kata hati. Jika kurang yakin apa yang akan terjadi selanjutnya, sebaiknya backup dulu file-file yang dianggap penting. Gunakan prinsip jadul tapi makbul bahwa Mencegah Lebih Baik dari pada Mengobati.

Ujicoba Plugins

kamu bisa install plugin yang ada di web utama kamu ke web dummy, dan menguji apakah semua plugin yang kamu butuhkan berjalan dengan baik atau tidak.

Kompatibilitas Browser

Atau biasa kita kenal cross-browser. Biasanya premium theme sudah support cross-bowser. Ini juga bisa dikatakan penting-tak-penting, menyesuaikan selera kamu saja.

Kesimpulan

Website berbasis WordPress saat ini sudah seperti gaya hidup di kalangan tertentu. Memiliki tampilan website atau blog yang nyaman dilihat adalah kebanggaan tersendiri. Semakin berkembangnya teknologi pemrograman membuat semakin banyak fitur yang ditanamkan ke WordPress, dan ini membuat kita (sebagai pengguna) harus mengikuti trend terbaru.

Setelah memutuskan untuk ganti dan memasang theme, jangan lupa untuk meminta feedback dari teman-teman atau pengunjung website kamu, apakah website kamu berjalan dengan baik atau tidak. Jika ada sesuatu yang error, kamu bisa minta screenshoot dari mereka sehingga bisa segera diatasi.

Gabung Telegram Saya

Ada banyak insight singkat-menarik yang saya tulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

Ibrahim Vatih
I love photos. And happy to archive them in my blog. Sometimes I show some good photos to my family and friends. If you love what I did in my blog, please give me a support with share it to others. Hehe.
You may also like
Optimasi Database WordPress, Buang yang Tidak Perlu
Cara Membuat Blog atau Website Sampai Banjir Pengunjung

Yakin Ngga Mau Komen?

%d bloggers like this: