Marketing

Makna Tersembunyi di Balik Warna dalam Sebuah Logo

Warna memainkan peran tersembunyi dalam mempengaruhi perilaku konsumen.

Pikirkan tentang hal ini sejenak:

85% keputusan konsumen dalam membeli sangat dipengaruhi oleh warna. Warna dapat membangkitkan hasrat terpendam seseorang. Hasrat ini dapat mempermudah sebuah branding melekat kuat di alam bawah konsumen.

Fakta yang aneh bukan?

Para miliarder bisnis paham akan hal tersebut. Mereka menggali potensi tersembunyi dari makna warna untuk membangun branding awareness melalui logo.

LINK TERKAIT: Kode Warna HTML

Apakah kamu ingin belajar bagaimana cara miliarder menggunakan warna untuk logo mereka?

DAFTAR ISI

Saya akan membongkar beberapa rahasia melalui studi kasus dari logo perusahaan Honda.

Untuk menyampaikan visi, misi dan motto penting perusahaan Honda kepada konsumen. Mereka merancang sebuah logo yang mencakup inti dari ketiganya.

  • Visi: Menyediakan produk dan layanan yang dapat memperluas impian dan potensi seseorang.
  • Misi: Melayani orang di seluruh dunia dengan “kegembiraan, pelayanan terbaik dan teknologi yang membantu seseorang meraih impiannya”.
  • Motto: The power of dream.

Logo Honda menjadi representasi semangat, tekad dan impian dari Honda.

makna-warna-dalam-logo-1

Logo Honda yang melegenda.

Honda mendesain sebuah logo berbentuk sayap yang memiliki 5 bulu. Seluruh sayap tersebut berwarna merah. Logo Honda yang iconic tersebut disandingkan dengan nama Honda yang juga elegan.

Mari kita ulas satu per satu:

  • Lambang sayap adalah simbol universal untuk sebuah impian.
  • Warna merah memancarkan emosi kuat terkait tekad pantang menyerah, jiwa muda dan gairah yang tinggi dalam memperjuangkan mimpi.
  • Bulu berjumlah 5 merupakan pilar-pilar filosofi Honda yang telah dicetuskan oleh pada pendirinya.

Coba kamu amati fakta berikut:

Logo perusahaan Honda dengan sangat mudah men-transfer value perusahaan kepada pegawai dan konsumen. Warna merah yang dipilih mencitrakan kebulatan tekat dan keberanian perusahaan Honda dalam berinovasi. Bagi perusahaan Honda, logo Honda juga menjadi simbol pengingat akan budaya “the power of dream” yang dicetuskan oleh Soichiro Honda.

CATATAN: Layaknya sebuah sihir, logo yang didesain dengan tepat mampu mempengaruhi psikologi tanpa perlu mengucapkan mantra. Ajaib? Ya, benar-benar ajaib.

Saya akan mengulas lebih dalam mengenai makna warna dalam logo.

Saya akan membagikan 11 rahasia warna yang mampu mempengaruhi psikologi seseorang, khusus hanya untuk kamu. Terapkan teknik ini dan buat bisnis kamu lebih melekat di hati konsumen.

11 Rahasia Warna yang Mempengaruhi Psikologi Konsumen

Lihat bagaimana perusahaan multi nasional menggunakan warna dalam desain logo mereka.

makna-warna-dalam-logo-2

Panduan Psikologi Warna

Setiap logo pasti memiliki satu warna dominan.

Secara psikologi, warna dominan tersebut memiliki ungkapan emosi yang kuat terkait citra perusahaan. Setiap perusahaan sadar bahwa warna logo dapat dipakai untuk membangun persepsi public.

Sehingga, warna yang dipilih memang ditujukan untuk mempengaruhi alam bawah sadar konsumen.

Misal:

  • Kuning: Warna ini akan memberi kesan optimis, hangat dan jelas (clarity).
  • Orange: Warna ini akan memberi kesan gembira, ramah dan percaya diri.
  • Merah: Warna ini akan memberi kesan berani, tegas, muda (youthful) dan kehebohan (excitement).
  • Ungu: Warna ini akan memberi kesan kreatif, bijak dan imajinatif.
  • Biru: Warna ini akan memberi kesan dapat diandalkan, terpercaya dan profesional.
  • Hijau: Warna ini akan memberi kesan damai secara emosional, sehat, dan subur.
  • Hitam & putih: Warna ini akan memberi kesan keseimbangan, netral, dan elegan.

CATATAN: Secara tidak langusung, pemilihan warna logo yang tepat mampu memberi pengaruh psikologis tentang citra perusahaan pada konsumen.

Tertarik untuk mengungkap rahasia color emotion guide lebih dalam?

Saya akan menjelaskan rahasia ini hanya untuk kamu. Coba resapi 11 rahasia psikologi warna berikut ini::

makna-warna-dalam-logo-3

Desain logo yang menggunakan warna merah.

RAHASIA #1: Warna merah memiliki arti semangat, tekad dan keberanian dalam bertindak. Saat warna merah dipakai pada logo Honda, citra pemberani dan frontier teknologi melekat kuat pada diri mereka.

Secara psikologi, warna merah menjadi simbol akan emosi keberanian, cinta dan keinginan yang kuat (tekad). Warna merah mudah sekali menarik perhatian.

Perusahaan yang ingin mencitrakan diri sebagai inovator, pioneer dan market leader. Dia pasti memilih warna merah sebagai warna dominan dalam logo mereka.

Kenapa?

Karena mereka ingin mencuri perhatian dunia. Mereka ingin bilang, kami memiliki tekad dan impian yang kuat untuk membuat produk yang bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

Terlalu berlebihan? Awalnya sih iya, namun perusahaan yang telah jatuh hati dengan warna merah, mereka akan memperjuangkan visi, misi dan impian mereka setiap hari.

Tekad dan semangat juang mereka terkristalisasi dalam logo desain dan warna yang mereka pilih. Akhirnya, produk-produk mereka benar-benar menjadi legenda dunia.

5 Brand Besar yang Menggunakan Logo Berwarna Merah:

  1. Coca Cola
  2. Honda
  3. Nintendo
  4. Air Asia
  5. Toyota

Aturan Penggunaan Warna Merah Dalam Logo Desain:

  1. Padukan warna merah dengan desain logo yang unik dan sesuai dengan filosofi perusahaan.
  2. Secara psikologi, anak-anak lebih tertarik dengan warna merah muda, sedangkan orang dewasa lebih tertarik dengan merah tua. Ini fakta, semakin tua seseorang, jiwa dan pemikirannya semakin kompleks. Sehingga, mereka lebih tertarik dengan warna yang lebih dalam (lebih tua).
  3. Warna merah tidak cocok untuk logo yang memiliki filosofi back to nature dan kesehatan. Hal ini disebabkan, warna merah sering dikaitkan dengan api, panas dan barang kimia berbahaya (danger).

makna-warna-dalam-logo-4

Desain logo yang menggunakan warna kuning.

RAHASIA #2: Warna kuning memiliki arti kebahagiaan, keceriaan dan optimisme. Saat warna kuning dipakai dalam logo McDonald’s, kesan keceriaan dan kebahagiaan layanan McDonald’s melekat kuat di hati setiap orang.

Warna kuning identik dengan sinar matahari. Di beberapa belahan dunia yang memiliki 4 musim, matahari menjadi simbol kebahagiaan tiada tara. Saat peralihan dari musim dingin ke musim semi. Seluruh komponen alam bahagia menyambut hadirnya sang mentari.

Secara psikologi, makna warna kuning juga membawa kehangatan dan kebahagiaan seperti itu. Warna kuning sangat mudah menyebarkan kehangatan dan kebahagian kepada semua orang.

Di dalam logo desain, kamu dapat menggunakan warna kuning untuk mencitrakan diri sebagai produk/layanan yang ramah kepada setiap pelanggan. Warna kuning mudah diterima semua orang dari segala usia sehingga dia banyak dimanfaatkan untuk mem-branding perusahaan mainan, perusahaan makanan ringan dan wahana hiburan.

5 Brand Besar yang Menggunakan Logo Berwarna Kuning:

  1. Nikon
  2. McDonald’s
  3. Denny’s
  4. Lays
  5. Sunchips

Aturan Penggunaan Warna Kuning Dalam Logo Desain:

  1. Pakailah warna kuning untuk menciptakan logo yang ingin menanamkan citra hangat, ramah dan ceria, seperti: McDonald’s.
  2. Warna kuning itu termasuk salah satu warna terang yang mudah menarik perhatian. Jadi, pakailah warna kucing secara seimbang dalam pewarnaan logo desain kamu. Detail yang buruk dan komposisi yang jelek akan langsung diperhatikan konsumen kamu.
  3. Terlalu banyak warna kuning akan meningkatkan denyut jantung. Orang yang meningkat denyut jantungnya, dia akan bersifat lebih agresif, buru-buru dan tidak sabaran. Untuk mengurangi efek emosional agresif dan tidak sabaran, kamu dapat mengkombinasikan warna kuning dengan warna lain.

makna-warna-dalam-logo-5

Desain logo yang menggunakan warna hijau.

RAHASIA #3: Warna hijau menjadi warna favorit alam. Warna hijau menjadi simbol kehidupan, kesuburan dan kekayaan. Perusahaan John Deere yang fokus pada industri pertanian, mesin perawat rumput dan forest machinery, sangat jatuh hati terhadap warna hijau. Dia memakai warna hijau untuk mencitrakan diri bahwa hasil inovasi mereka dapat meningkatkan kesuburan dan ramah lingkungan. 

Perusahaan yang memiliki filosofi green peace sangat fanatik menggunakan warna hijau pada logo perusahaan mereka.

Ada 5 Tafsir Tersembunyi dari Warna Hijau yang Perlu Kamu Tahu

1. Warna Hijau Sebagai Simbol Kehidupan dan Kesuburan

Saat musim semi tiba, semua daratan, ladang, dan sabana mulai menghijau. Rumput-rumput mulai tumbuh. Tunas-tunas baru bermunculan dan muncul kehidupan baru di alam yang subur. Fenomena alam ini memberikan kesan mendalam pada jiwa manusia. Sehingga, mereka menganalogikan warna hijau sebagai simbol kehidupan, kesuburan, dan back to nature.

2. Warna Hijau Sebagai Simbol Kekayaan

Orang kaya dan perbankan mengasosiasikan uang dengan warna hijau. Warna hijau pada masyarakat Amerika sering dikaitkan dengan simbol dollar dan pundi-pundi uang. Idiom ini sering dipakai untuk logo perbankan dan jasa keuangan.

3. Warna Hijau Sebagai Simbol Amatir

Para murid, pegawai baru, dan atlet muda sering diberi label hijau. Warna hijau ini untuk menunjukkan strata keahlian, hijau = kurang pengalaman/amatir/noob.

4. Warna Hijau Sebagai Simbol Kesembuhan

Warna hijau secara psikologis memberikan efek penyembuhan bagi penglihatan dan kejiwaan seseorang. Kamu dapat mencoba pergi ke hutan atau ke gunung. Setelah itu, pandanglah segala hamparan hutan dan gunung yang berwarna hijau. Seketika kamu akan merasa nyaman, tenang dan sehat.

Warna hijau sering juga digunakan dalam game sebagai efek penyembuhan (healing). Logo kesehatan dan obat herbal juga sering menggunakan warna hijau.

5. Warna Hijau Sebagai Simbol Nature dan Gerakan Green Peace

Saat ini banyak sekali kerusakan lingkungan karena industrialisasi. Para profesor dan aktivis lingkungan selalu mengingatkan pemerintah dunia akan bencana pencemaran lingkungan. Organisasi non-pemerintah ini selalu menggunakan warna hijau untuk logo organisasi mereka dan slogan-slogan green peace mereka.

5 Brand Besar yang Menggunakan Logo Berwarna Hijau:

  1. Tokopedia
  2. Land Rover
  3. Tropicana
  4. John Deere
  5. Hess

Aturan Penggunaan Warna Hijau Dalam Logo Desain:

  1. Warna hijau sangat identik dengan alam. Jadi, warna ini sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki filosofi back to nature, green peace dan pemerhati lingkungan hidup.
  2. Hijau memiliki sifat kalem dan menenangkan. Jadi, jangan kamu campur dengan warna terang yang menyilaukan mata.
  3. Warna hijau akan sangat baik bila digunakan untuk logo spa dan klinik kesehatan.

makna-warna-dalam-logo-6

Desain logo yang menggunakan warna biru.

RAHASIA #4: Warna biru identik dengan warna air, laut dan langit. Warna biru memiliki arti ketenangan, kedamaian, kebebasan, kesetiaan, cerdas dan terpercaya. Saat warna biru dipakai dalam logo perusahaan General Electric (GE), citra humble, terpercaya dan inovator cemerlang terbentuk. Sangat artistik dan elegan.

Apakah kamu tahu? Warna biru dalam logo desain sangat erat kaitannya dengan sifat alamiah air, laut dan langit. Warna biru menyimpan kedalaman dan keluasan. Setiap logo yang memakai warna biru akan terlihat lebih trusted dan berkelas.

Warna biru juga menyimpan arti keseriusan. Beberapa perusahaan yang menggunakan logo berwarna biru, mereka sangat serius dalam mengembangkan produk dan layanan mereka. Kesan cerdas dan kharismatik juga ikut terbentuk secara bersamaan.

Pernahkah kamu bertanya, adakah perbedaan makna antara biru muda dan biru tua?

Pertanyaan yang bagus.

Ada perbedaan mendasar terkait keduanya.

  1. Biru muda memiliki arti mudah dipercaya dan berwibawa.
  2. Biru tua memiliki arti lebih berpengalaman, lebih profesional dan lebih bisa diandalkan.

5 Brand Besar yang Menggunakan Logo Berwarna Biru:

  1. Facebook
  2. Dell
  3. Ford
  4. GE (General Electric)
  5. Intel

Aturan Penggunaan Warna Biru Dalam Logo Desain:

  1. Pakailah warna biru yang lebih tua jika kamu ingin memiliki citra profesional dan lebih berpengalaman.
  2. Warna biru memiliki kesan damai dan menentramkan. Jadi, warna ini kurang bisa menarik perhatian anak-anak jika diletakkan di keramaian.
  3. Kombinasikan warna biru dengan warna putih atau silver untuk memunculkan kesan eksklusif dan kemewahan.

makna-warna-dalam-logo-7

Desain logo yang menggunakan warna ungu/violet.

RAHASIA #5: Warna ungu/violet memiliki arti keanggunan, kemewahan dan kemuliaan. Banyak wanita menyukai warna ini. Perusahaan Mattel Inc. Meminang warna ungu untuk dijadikan logo iconic “Barbie“.

Warna ungu tercipta dari perpaduan dua warna yang sempurna, yaitu warna merah dan biru. Warna ungu merupakan salah satu warna langka yang jarang sekali muncul saat terjadi fenomena alam. Banyak manusia bijak menganggap warna ini sangat keramat dan suci. Mereka sering menghubungkan warna ungu dengan simbol kerohanian, vitalitas dan kesadaran manusia yang lebih tinggi.

Orang-orang kerajaan juga mengagumi warna ini sebagai warna yang memiliki kekuatan, ambisi dan kemuliaan. Jubah kebangsawanan dan ornamen kerajaan sering menggunakan warna ungu tua kemilau. Warna itu mencitrakan kemewahan dan keanggunan yang hakiki. Apabila kamu ingin mencitrakan sebuah produk yang mewah, anggun dan canggih, pakailah warna ungu sebagai warna dasar ataupun warna pendukung.

5 Brand Besar yang Menggunakan Logo Berwarna Ungu:

  1. Yahoo!
  2. Barbie
  3. Cadbury
  4. Orkut
  5. Welch‘s

Aturan Penggunaan Warna Ungu Dalam Logo Desain:

  1. Warna ungu muda sangat cocok untuk membidik pasar anak-anak dan remaja, sedangkan warna ungu agak tua lebih cocok untuk menjangkau orang dewasa dan lansia.
  2. Kamu dapat menggunakan warna ungu untuk menciptakan kesan glamor dan eksklusif pada logo kamu. Namun, kamu harus menggunakannya secara seimbang. Efek negatif ungu adalah warna ini tidak banyak disukai oleh kaum pria.
  3. Warna ungu cocok untuk logo yang memiliki filosofi kerohanian, religius, dan kemuliaan.

Ingin tahu rahasia psikologi warna selanjutnya? Keep reading. Ada bahasan tentang logo Nikelodeon dan Lux loh! Jangan sampai kelewatan ya!

makna-warna-dalam-logo-8

Desain logo yang menggunakan warna hitam.

RAHASIA #6: Hitam adalah ketiadaan warna. Dia mampu menyerap warna yang ada didekatnya. Warna hitam menyimpan makna kekuatan, otoritas dan misterius. Adidas adalah salah satu logo fenomenal yang memakai warna hitam. Kesan hitam dari logo Adidas membawa citra kuat, tangguh dan canggih.

Perusahaan yang memilih logo dengan warna hitam akan memiliki citra yang kuat dan kepercayaan diri yang tinggi. Warna hitam tidak mudah membuat orang bosan. Dia juga dapat melintasi waktu. Setiap orang, mulai dari anak-anak sampai lansia tidak anti dengan warna hitam, bahkan banyak fans fanatik terhadap warna ini.

Warna hitam memiliki 2 pasangan makna, yaitu: makna negatif dan makna positif.

  • Makna negatif dari warna hitam adalah memunculkan rasa kekosongan, misterius, simbol kejahatan dan sering dikaitkan dengan kematian.
  • Makna positif dari warna hitam adalah eksklusif, canggih, anggun, percaya diri dan kuat.

Kamu harus berhati-hati dalam memakai warna hitam dalam logo. Pastikan desain logo kamu tidak terlalu menakutkan. Buatlah desain logo yang simple dan elegan jika kamu ingin memakai warna hitam untuk menonjolkan citra eksklusif dan kuat.

5 Brand Besar yang Menggunakan Logo Berwarna Hitam:

  1. Adidas
  2. Nike
  3. Bentley
  4. Gillette
  5. Louis Vuitton

Aturan Penggunaan Warna Hitam Dalam Logo Desain:

  1. Warna hitam dapat dipadukan dengan berbagai warna dasar, warna primer dan warna sekunder.
  2. Warna hitam memiliki sifat menyerap warna lain. Jadi, warna hitam dapat kamu pakai sebagai penyeimbang warna pada desain logo kamu.
  3. Warna hitam memiliki makna negatif dan positif. Kamu dapat mengeluarkan setiap makna tersebut dengan cara mengubah bentuk desain logo kearah creepy (seram) ataupun kearah eksklusif (elegan).

makna-warna-dalam-logo-9

Desain logo yang menggunakan warna putih.

RAHASIA #7: Warna putih memiliki makna bersih, suci dan murni. Kamu dapat mengkombinasikan warna putih ke dalam warna apapun. Pada desain logo yang bagus, kombinasi warna putih dapat meningkatkan eksklusivitas dan kemewahan pada citra perusahaan.

Warna putih tidak dapat berdiri sendiri. Dia membutuhkan warna lain untuk membuatnya bersinar. Hal ini disebabkan kebanyakan sampul media cetak maupun elektronik berwarna putih. Jadi, logo yang menggunakan warna full putih pasti tidak akan terlihat.

Kabar baiknya, warna putih ini netral. Kamu bisa menggabungkan warna putih dengan berbagai warna. Sifat warna putih berkebalikan dengan warna hitam. Dia tidak menyerap warna, melainkan menyinari warna. Saat warna putih dipakai sebagai warna pendukung, dia akan membuat warna lain lebih bersinar dan eksklusif.

5 Brand Besar yang Menggunakan Logo Berwarna Putih:

  1. Ubuntu
  2. Paramount Pictures
  3. Esa
  4. Cartoon Network
  5. ISO

Aturan Penggunaan Warna Putih Dalam Logo Desain:

  1. Warna putih tidak dapat berdiri sendiri. Dia membutuhkan warna pendamping untuk membuatnya bersinar.
  2. Tidak ada aturan ketat yang mengekang penggunaan warna putih. Putih memiliki sifat netral, membuat berkilau dan menyinari warna lain. Kamu boleh mengkombinasikannya dengan berbagai warna yang kamu suka.
  3. Keseimbangan warna putih pada desain logo akan membuat logo terlihat eksklusif, bersih dan elegan. Jika kamu salah menata keseimbangan warna putih, logo kamu akan terlihat terlalu polos. Jadi, lebih berhati-hati ya!

makna-warna-dalam-logo-10

Desain logo yang menggunakan warna coklat.

RAHASIA #8: Warna coklat memiliki arti kesederhanaan, kenyamanan dan classic. Warna coklat dapat menjadi penyeimbang dalam paduan warna kontras yang ada dalam logo desain kamu. Perusahaan A&W sangat menyukai warna coklat pada desain logo mereka. Kesan nyaman, ramah dan hangat membekas dihati konsumennya.

Salah satu logo yang memakai warna coklat yang saya sukai adalah LUX dan A&W.

  1. Logo Lux memberi sentuhan classic, elegan dan mewah dalam logonya. Dia ingin menanamkan mainset kuat bahwa produk Lux adalah barang mewah dan elegan. Terbukti, saat ini Lux menjadi salah satu brand ternama dengan kesan mahal dan sangat berkualitas.
  2. Logo A&W memilih memadukan warna coklat dan orange. Dia ingin menanamkan pesan bahwa A&W memiliki pelayanan terbaik untuk kamu. Cobalah berkunjung ke A&W, kamu akan dilayani dengan hangat, nyaman dan energik.

5 Brand Besar yang Menggunakan Logo Berwarna Coklat:

  1. Lux
  2. M&M
  3. Nescafe
  4. A&W
  5. Dreyer’s

Aturan Penggunaan Warna Coklat Dalam Logo Desain:

  1. Warna coklat memiliki kesan sederhana dan classic. Warna logo ini sangat cocok untuk industri roti, kayu dan furnitur. Namun, jika kamu menambahkan warna coklat keemasan, kesan sederhana dan classic akan tergantikan menjadi kemewahan dan borjuis. Contoh nyata adalah logo Lux.
  2. Warna coklat memiliki sifat penyeimbang. Kamu dapat memakai warna coklat untuk menyeimbangkan warna lain yang terlalu kuat pengaruhnya, misal warna orange.
  3. Tidak ada aturan yang mengekang dalam pemakaian warna coklat, dia fleksible dan dinamis.

makna-warna-dalam-logo-11

Desain logo yang menggunakan warna orange.

RAHASIA #9: Warna orange terbentuk dari percampuran warna merah dan kuning. Dia membawa emosi kesenangan, energik, dan kegembiraan. Perusahaan hiburan sering menggunakan warna orange pada logo mereka. Warna orange akan membantu visi perusahaan lebih cepat melekat di hati para konsumen.

Jika kamu menyukai film animasi SpongeBob SquarePants, pasti kamu sangat akrab dengan nama Nikelodeon.

Nikelodeon adalah perusahaan yang membidik pasar anak-anak. Dia menggali potensi terpendam dari warna orange untuk mempengaruhi emosi kesenangan, dan kegembiraan anak-anak. Penggunaan warna orange pada Logo Nikelodeon mudah sekali menarik perhatian anak-anak.

Secara cepat, logo Nikelodeon merasuk ke alam bawah sadar banyak anak-anak di seluruh dunia. Mereka mengingat tanpa dipaksa untuk mengingat. That’s a Nikelodeon magic.

5 Brand Besar yang Menggunakan Logo Berwarna Orange:

  1. Hooters
  2. Nickelodeon
  3. Payless
  4. Harley-Davidson
  5. Soundcloud

Aturan Penggunaan Warna Orange Dalam Logo Desain:

  1. Warna orange akan mudah menarik perhatian. Dia memiliki sifat warna terang, mencolok dan energik. Kamu dapat memanfaarkan warna orange untuk membidik pasar anak-anak.
  2. Warna orang sangat cocok untuk perusahaan yang fokus pada dunia hiburan. Kesan kegembiraan dan kesenangan akan mudah didapatkan dengan warna orange dari pada warna lainnya.
  3. Warna orange muda cocok untuk menjangkau minat anak-anak, sedangkan warna orange tua coco untuk menarik hari orang dewasa. Contoh nyatanya adalah logo Harley-Davidson.

makna-warna-dalam-logo-12

Desain logo yang menggunakan warna abu-abu.

RAHASIA #10: Warna abu-bau/gray merupakan warna netral. Dia membawa emosi kuat tentang keabadian, keadilan dan kepraktisan. Perusahaan yang jatuh cinta dengan warna gray cenderung memiliki sistem bisnis yang berkesinambungan.

Warna abu-abu memiliki dua sifat bertolak belakang.

  • Warna abu-abu yang dibalut warna silver membentuk kesan abadi, kokoh dan mewah.
  • Warna abu-abu yang dibalut dengan warna pudar/lusuh akan membentuk kesan rapuh dan murahan.

Kamu harus benar-benar berhati-hati. Pahami secara menyeluruh image apa yang ingin kamu bangun dengan memakai warna abu-abu tersebut.

5 Brand Besar yang Menggunakan Logo Berwarna Abu-abu:

  1. Nestle
  2. Lexus
  3. Infiniti
  4. Peugeot
  5. Mercedes-Benz

Aturan Penggunaan Warna Gray/Abu-abu Dalam Logo Desain:

  1. Warna abu-abu bersifat netral dan mudah dikombinasikan dengan warna lain. Namun, dia memiliki sedikit sifat menyerap warna yang dia warisi dari warna hitam.
  2. Warna abu-abu dapat kamu pakai untuk memberi kesan eksklusif maupun murahan pada sebuah logo yang kamu bangun. Berhati-hatilah dalam memilih kombinasi warna.
  3. Kesan eksklusif dan mewah dari warna abu-abu akan muncul spontan jika disandingkan dengan warna silver dan keemasan.

Selamat! Sebentar lagi kamu akan mengetahui rahasia psikologi warna terakhir (Rahasia ke-11).

11. Arti Logo Warna-warni (Multi Color)

makna-warna-dalam-logo-13

Desain logo yang menggunakan multi-color/warna-warni.

RAHASIA #11: Logo dengan kombinasi warna yang banyak (warna-warni/multi-color) memiliki arti keceriaan, fleksible dan dinamis. Logo google dan playstasion adalah contoh concret dalam pengaplikasian teknik ini. Kesan kebahagiaan dan keceriaan terpancar kuat dari lugo mereka.

Tidak bisa dipungkiri membuat logo desain yang warna warni dan mudah diingat itu sangat sulit. Keseimbangan antara warna, desain dan tata letaknya sangat rumit dan susah diatur.

Kamu perlu memilih warna-warna yang tidak saling menjatuhkan dan juga tidak saling mengintimidasi.

Hanya desainer logo handal yang bisa menggunakan teknik ini dengan sangat presisi. Dia mampu membuat logo eksklusif, mewah dan warna-warni. Hebat!

5 Brand Besar yang Menggunakan Logo Warna-warni (multi-color):

  1. Google
  2. Playstasion
  3. Microsoft
  4. Ebay
  5. NBC

Aturan Penggunaan Warna Kombinasi (multi-color) Dalam Logo Desain:

  1. Kombinasi warna harus selaras, seimbang dan tidak saling mengintimidasi.
  2. Pilihlah kombinasi warna yang agak tua untuk meningkatkan kesan profesionalisme dan eksklusifisme.
  3. Buatlah desain logo yang artistik, simple dan elegan agar penerapan logo multi-color tidak terlihat murahan.

Kesimpulan

Akhir kata, setiap warna menyimpan makna rahasia masing-masing. Kamu dapat menggunakan warna untuk mengekspresikan visi, misi dan filosofi perusahaan ke dalam logo dan branding kamu. Desain logo yang iconic disertai pemilihan warna yang tepat adalah kunci dari kesuksesan branding awareness.

Warna apa yang telah kamu pakai pada logo kamu? Tulis pendapat kamu tentang pemilihan warna pada logo. Ketik saja opini kamu di kolom komentar. Kita akan berdiskusi untuk saling belajar dalam memilih warna logo yang tepat.

Jangan lupa, share konten menarik ini ke teman-teman kamu ya! Sekarang, jangan nanti-nanti! Hhehe.

Gabung Telegram

Ada banyak insight singkat-menarik yang ditulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

Pelajaran Lainnya
Membaca Nasib SEO di Era Sosial Media
Pentingnya Membangun Authority Site

Yakin Ngga Mau Komen?