Produktifitas

Tips Menjadi Blogger yang Sukses

Berawal dari ngeblog, kini dia menjadi seorang public figure di Indonesia.

Ada yang tau siap dia?

Yak, bener banget, Raditya Dika.

Buat yang ngikuti dia dari awal, tentu tahu kalau sebelum seterkenal seperti sekarang, Radit ini suka menulis di blognya (kambingjantan).

Nulis blog dulu, nerbitin buku, baru deh bikin film.

Tapi tentu prosesnya nggak sesimpel itu. Ada perjalanan panjang sampai bisa jadi sukses seperti sekarang ini.

Kalau kamu pengen seperti Raditya Dika, bisa kok, nggak ada yang nggak mungkin. Siapa aja bisa jadi sukses, tinggal kita mau berusaha apa nggak.

Sukses itu adalah hak segala bangsa, cuma kitanya mau apa nggak?

Eh, malah jadi ngomongin orang yak. Padahal niatnya mau ngomongin tips menjadi blogger yang sukses. Yaudah, sekarang saatnya kembali ke jalan yang benar. Jalan untuk menjadi seorang Hokage, eh, maksudnya blogger yang sukses.

Buat Apa Ngeblog?

Tips menjadi blogger yang sukses

Tips menjadi blogger yang sukses pertama adalah tahu tujuan bikin blog itu apa. Kamu harus menentukan dulu untuk apa blog itu dibuat.

Kenapa pakai tujuan segala?

Ya biar jelas apa kemana arah dari blog kamu. Apakah kamu ngeblog karena hobi, untuk menghasilkan uang, ataukah ada hal lainnya.

Ketika sudah tahu tujuannya, tentu kamu bisa bekerja sesuai dengan apa yang kamu inginkan itu. Kalau mau menghasilkan uang dari ngeblog, tentu saja harus kerja keras melebihi orang yang ngeblog karena hobi.

Kalau mau terkenal dengan ngeblog, tentu branding dari blog yang dibuat juga harus kuat. Biar orang lain tahu, kalau blog itu milikmu, mirip kayak Raditya Dika gitu. Orang taunya, dia terkenal, awalnya dari bikin blog berisi cerita-cerita kesehariannya.

Kesalahan Pemula

Tips menjadi blogger yang sukses setelah mengetahui tujuan adalah jangan melakukan kesalahan.

Kesalahan-kesalahan ini saya tempatkan di awal biar kamu nggak salah langkah. Jangan udah terlanjur mulai, ternyata banyak kesalahan dilakukan. Kan nggak enak banget tuh.

Ada beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pemula ketika mulai ngeblog. Kesalahan ini sebaiknya jangan kamu lakukan juga ya, biar jadi blogger yang sukses.

Biasanya, kesalahan-kesalahan ini dilakukan pemula ketika mulai membuat blog.

1. Banyak Baca tapi Nggak Praktek

membaca agar sukses

Sebagai seorang pemula, biasanya akan memenuhi hardisk dengan ebook-ebook tutorial ngeblog.

Saking semangatnya, ebook yang dikumpulin bisa sampai ratusan.

Tapi, endingnya…

Ebook nggak terbaca, blog nggak dibuat-buat. Kamu gitu nggak?

Jangan sampai ya. Lebih baik baca informasi yang diperlukan terlebih dahulu, habis itu langsung praktek. Jangan baca banyak informasi tapi malah bingung mana yang mau dipraktekkan lebih dulu.

2. Sibuk Sama Tampilan Blog

Blogger pemula yang baru pertama kali bikin blog itu biasanya sibut edit tampilan.

Mulai dari gonta-ganti theme, pasang banyak widget, edit jenis font yang digunakan, dan masih banyak lagi.

Tampilan blog yang bagus tentu akan membuat pengunjung betah. Tapi, blog kamu itu dikenal bukan karena tampilannya, tapi konten apa yang kamu buat untuk mengisi blog.

3. Nggak Konsisten

Awal-awal ngeblog, biasanya semangat membara 45. Begitu udah berjalan beberapa hari, minggu, dan bulan, tiba-tiba ilang semangatnya.

Pas masih awal, posting di blog itu rajin, setiap hari bisa sat konten. Tapi, habis itu ilang, blog jadi nggak keurus.

Daripada terjadi hal seperti itu, mending kamu bikin jadwal posting aja. Tidak tiap hari tak apa-apa, biar nggak bosen. Kuncinya konsisten aja, misal seminggu 2 kali tiap senin dan kamis. Pembaca blog juga bisa tahu kalau blog kamu update tiap hari itu.

4. Terpaku Pada Statistik Blog

Tips menjadi blogger yang sukses dengan trafik tinggi

Blogger pemula biasanya rajin banget buka statistik blog.

Sehari bisa kali sampai 24 kali.

Mulai dari cek alexa rank, jumlah index, dan yang paling sering jumlah pengunjung blog. Kebetulan saya dulu pengalaman gitu, tiap jam bisa lebih dari sekali lihat ada berapa pengunjung blog.

Padahal, liatin statistik gitu nggak membantu jumlah pengunjung blog kamu jadi bertambah. Bahkan, malah cenderung buang-buang waktu.

Gimana? Kamu udah melakukan kesalahan yang mana aja?

Pokoknya jangan sampai awal-awal itu melakukan kesalahan di atas. Bisa-bisa tips menjadi blogger yang sukses ini jadi tak berguna deh.

Mulai Ngeblog

Tips menjadi blogger yang sukses berikutnya setelah tahu tujuannya adalah mulai ngeblog.

Kalau kita nggak mulai-mulai, kapan suksesnya kan ya?

Tentukan Topik

Nah, permulaan dari ngeblog menentukan topik yang akan dibahas.

Apaan tuh Topik?

Topik Sapalas kah?

Hahaha, bukan-bukan, topik itu adalah inti dari seluruh blog yang akan kamu buat.

Topik yang dipilih sebaiknya adalah hal yang kamu kuasai ya. Biar tulisannya lebih berbobot dan bisa lebih berisi gitu.

Contohnya nih, kamu seneng sama dunia kuliner dan mengetaui tentang bahan-bahan makanan. Kamu bisa tuh bikin blog tentang review kuliner yang ada di kotamu. Atau mungkin tips memasak makanan dan resep praktisnya.

Buat permulaan, kamu bisa cari-cari info tentang blogger makanan dulu. Pelajari seperti apa mereka membuat tulisan dan apa saja yang dibahas.

Yang penting fokus aja kok pada satu tema yang dipilih. Biar kalau orang mencari itu mudah menemukan apa yang mereka butuhkan.

Pilih Layanan

Menjadi blogger itu nggak melulu harus pakai blogger.com lho. Ada banyak layanan yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah blog.

Kamu bisa menggunakan blogger.com, wordpress.com, wix.com, tumblr.com, dan layanan pembuat blog lainnya. Semua tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang pasti, layanan tersebut sifatnya GRATIS, kamu nggak perlu bayar.

Tapi, kalau mau yang bayar juga ada sih, kamu bisa beli domain dan hosting sendiri. Tentu pilihan yang ini lebih keren, karen blog kamu nggak ada embel-embel nama layanan yang digunakan.

Menulis Artikel

Setelah sudah dapat topik dan memilih layanan blogging, sekarang saatnya menulis.

Menulis ini bukan sema-mata tinggal nulis aja lho. Kamu harus mempertimbangkan tulisan yang enak dibaca orang lain juga.

selain itu, buat artikel yang berdasar keyword.

Kenapa harus pakai keyword segala?

Nah, fungsi dari keyword ini adalah untuk memperbesar kemungkinan orang mengunjungi blog kita. Buat artikelnya yang memiliki pencarian per bulan cukup banyak.

Gimana caranya?

Baca deh artikel tentang riset keyword di website ini.

Tak Cukup Cuma Nulis yang Disukai Aja

Ada yang bilang, kalau jadi blogger itu, pertama-tama kita menulis apa yang disukai terlebih dahulu.

Nggak ada yang salah sih dari pernyataan itu, tapi ada kurangnya. Kalau cuma nulis apa yang disukai saja, artikel dalam blog kamu jadi kurang lengkap tuh.

Harus Berdasar Data

Salah satu cara agar tulisan kamu jadi oke, kasihlah data-data pendukung.

Tujuannya apa?

Biar konten dalam blog kamu itu lebih berisi dan bisa dijadikan acuan oleh orang lain.

Contohnya nih ya, kamu suka saka traveling. Data apa yang kamu butuhkan?

Ada banyak banget tuh data yang bisa kamu sajikan dalam konten tentang traveling. Mulai dari alamat tempat wisatanya, rute perjalanan yang ada, harga tiket masuk, fasilitas yang ada, dan masih banyak hal yang bisa kamu sajikan.

Atau misalnya kamu suka tentang hal yang berhubungan dengan diet. Data-data yang kamu sajikan tentu saja perihal diet, mulai dari kalori dalam makanan, indeks glikemik, menu yang sehat, angka kecukupan gizi, dan lain sebagainya.

Ada banyak hal yang bisa kamu kulik sih kalau memang suka dengan suatu hal. Tinggal pintar-pintarnya kita aja nyari datanya dimana. Tentu di tempat yang terpercaya ya, hehehe.

Lihat Juga Peluang yang Ada

Ngeblog itu nggak cuma nulis aja lho.

Kita dituntut untuk selalu berpikir bagaimana membuat blog yang bagus dan menghasilkan. Nah, menghasilkan disini yang mesti kita berpikir keras.

Cari-cari deh peluang apa yang mungkin bisa kamu dapatkan ketika memilih tema sebuah blog.

Semua tema tentu ada peluangnya, tinggal gimana kita mencarinya saja.

Peluang itu ada banyak banget, apalagi dari kamu menulis di blog. Jadi, jangan cuma jadikan nulis di blog itu hobi aja, asah kemampuan untuk melihat peluang yang ada.

Kita ambil contoh sedikit ya.

Misalnya saja kamu memiliki blog yang menceritakan tentang perjalanan kamu keliling Indonesia.

Kira-kira apa peluang yang bisa kamu manfaatkan nih?

Kamu bisa tuh buka jasa tour & travel yang destinasinya tempat wisata di Indonesia. Dengan pengalaman traveling yang kamu punya, tentu itu akan menjadi nilai lebih.

Ada lagi nih ide lain, kamu bisa membuat buku atau ebook, kisah perjalanan keliling Indonesia.

Kamu kepikiran ide lain? Bisa dong share di kolom komentar, hehehe.

Konten Itu Nggak Cuma yang Penting Ada

Menulis konten itu jangan cuma yang penting nulis aja, kamu harus memerhatikan beberapa aspek.

Berat nih kayaknya.

Sedikit berat, tapi jangan sampai terlupa.

Kalau di atas tadi sudah disebutnya membuat artikel menggunakan keyword, tips menjadi blogger yang sukses pada poin ini sedikit berbeda.

Menulis konten bukan sekedar “yang penting ada konten”

Blog kamu itu harus bisa dinikmati dan tentu menambah pengetahuan pembacanya. Bukan cuma sekedar yang penting diisi konten aja udah cukup. Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan, biar blog milikmu ada nilai tambah ya.

Kasih Nilai di Dalamnya

Nulis sesuatu di blog kita itu nggak melulu soal diri sendiri lho. Kita bahkan bisa memberikan pengaruh untuk orang lain yang baca tulisan di blog.

Jadi, kalau nulis artikel itu kasih juga nilai-nilai kebaikan di dalamnya. Jangan malah sebaliknya, ntar kalau orang lain ikut-ikutan kan kita dapat bagiannya juga (dosa atau pahala).

Harus Berdasar Fakta

Nah, ini paling penting kalau kamu mau ngeblog.

Jangan cuma asal nulis apa saja yang kamu dengar atau baca saja lho. Semua hars berdasarkan fakta yang ada. Soalnya, kalau yang kamu tulis bukan fakta, nanti takutnya malah jadi hoax tuh.

Kamu nggak mau kan masuk bui gara-gara tulisamu sendiri?

Banyak kasus soalnya sekarang, gara-gara nyebarin hoax, akhirnya dipenjara. Kan kita sendiri juga yang bakal rugi kalau sampai itu terjadi.

Mendatangkan Visitor

Kalau sudah terisi dengan artikel, apa langkah selanjutnya dari ngeblog?

Tips menjadi blogger yang sukses selanjutnya adalah bagaimana cara mendatangkan visitor ke blog kita.

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan agar orang lain berkunjung ke blog. Mau tahu caranya? Jangan lupa share dulu artikelnya, biar makin banyak kawan yang bisa belajar juga.

Share di Media Sosial

Cara pertama ini sangat mudah dilakukan.

Kamu tentu juga punya banyak akun mendia sosial kan?

Coba deh, share artikel yang sudah kamu tulis ke Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya. Beritahu teman-teman kalau sekarang kamu punya blog yang bisa mereka baca.

Jangan malu-malu, kalau teman yang beneran, biasanya malah ndukung kok. Lumayan, buat nambah-nambah pengunjung blong yang masih awal-awal dibuat.

Blogwalking

Blogwalking untuk menjalankan tips menjadi blogger yang sukses

Buat blogger, berselancar di dunia maya itu nggak cuma scroll-scroll Facebook atau Instagram saja. Hal tersebut tentu bikin waktu banyak tersita dan pengunjung blog kamu nggak bertambah.

Setelah berhasil mendapatkan pengunjung dari share di media sosial, cobain juga blogwalking.

Apa lagi tuh blogwalking?

Jalan-jalan sambil bawa blog?

Blogwalking ini cuma istilah aja, artinya adalah mengunjungi blog orang lain sambil ngasih komentar. Bahasa kerennya itu silaturahim ke blog orang lain.

Cara ini sebenarnya cara lama yang biasa digunakan blogger pemula untuk dapet pengunjung. Tapi, cara ini nggak ketinggalan zaman kok, sampai sekarang masih efektif.

Selain dapat pengunjung, kamu juga bisa mendapat manfaat lain, seperti jadi kenal dengan blogger lain, bisa kasih link di blog orang lain, atau dapat inspirasi.

SEO

Search Engine Optimization

Apalagi ini?

SEO adalah search engine optimization. Salah satu cara agar blog kita muncul di halaman pertama mesin pencari (Google).

Nah, SEO ini berbeda dengan kalau kita share di media sosial atau blogwalking, butuh waktu yang nggak sebentar.

Membuat konten menjadi ranking 1 di Google itu bukan perkara mudah soalnya. Kamu harus kerja keras dan bersabar agar bisa tercapai. Prosesnya panjang, bisa sampai berbulan-bulan baru ada hasilnya.

Coba deh kamu belajar SEO dulu.

Walaupun butuh kesabaran, kalau sudah nemu caranya, bakalan enak buat ngeblog kok.

Jangan Tergantung AdSense dan Kawan-kawannya

Buat yang pertama ngeblog cuma tergiur hasil yang besar, kamu mesti siap-siap deh.

Siap-siap kecewa dengan hasil yang nggak seberapa, apalagi kalau kamu ngandelin hasil dari AdSense dan kawan-kawannya.

Yup, kamu nggak salah baca kok. Awal-awal ngeblog itu bahkan nggak bisa buat nutupin biaya beli domain sama hosting.

Kalau pengalaman pribadi nih ya, kurang lebih 6 bulan buat bisa terlihat hasilnya. Tapi, itupun masih sedikit banget, kalau ngandelin AdSense, nggak bakal payout deh di tahun pertama.

Tapi kan, kalau lihat screenshot berseliweran di timeline Facebook itu hasilnya pada gede-gede.

Ya kamu lihat dulu dong perjuangan buat hasil sebesar itu. Berapa dana yang dikeluarkan untuk membuat website bertrafik besar. Kamu harus cari tahu tuh, jadi nggak bakal kaget kenapa bisa dapet segitu juga.

Monetize Bukan Cuma AdSense Kok

Tenang-tenang, buat kamu yang pengen ngasilin duit dari blog, jalannya nggak cuma AdSense aja kok. Masih ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang.

Jadi, buat yang cuma ngandelin AdSense buat ngasilin duit dari blog, kamu kurang jauh jalan-jalannya. Blog itu ternyata nggak cuma AdSense aja, masih ada cara lainnya biar kita dapat uang.

Bahkan, pemasukan dari selain AdSense bisa sangat besar dan lebih cepat dapatnya.

Jual Keahlian Kamu

Misalnya saja seperti jual apa yang kamu bisa.

Gimana tuh maksudnya?

Jadi, kalau kamu punya keahlian atau ilmu tentang suatu hal, jual aja lewat blog kamu.

Caranya?

Ya tinggal posting di blog aja, kayak kamu nulis seperti biasanya. Kamu bisa belajar cara membuat artikel yang enak dibaca dulu. Biar apa yang ingin disampaikan itu lebih tepat sasaran.

Atau kamu juga bisa bikin landing page untuk skill yang akan ditawarkan. Pokoknya bikin postingan di blog kamu biar orang tahu kita menawarkan sesuatu.

Contohnya kayak mas Dzofar tuh.

Kamu bisa lihat kan di blognya, dia pasang iklan di widget untuk menerima jasa desain vector.

Selain jual keahlian, ilmu yang kamu miliki juga bisa dijual lho.

Bikin aja ebook tentang ilmu yang kamu dalami dan kuasai. Bikin sebaik mungikin, lalu jadikan ebook dan jual di blog.

Biar makin kelihatan jualannya, tampilin sekalian di widget. Siapa tahu ada yang lihat dan tertarik dengan ebook bikinanmu.

Jual Ilmu atau Skill Orang Lain

Kalau kamu kebingunan dan nggak tau keahlianmu dibidang apa, coba ajak orang lain.

Kamu bisa mengajak orang yang dikenal untuk kerjasama. Jadi, kamu yang cari client, temanmu yang mengerjakan projeknya. Kan sama-sama enak dan dapat untung tuh.

Nah, seru kan?

Jadi, monetize blog itu nggak melulu soal AdSense, paid post, dan hal mainstream lainnya yang kamu ketahui. Masih banyak hal yang bisa dikulit dan tentu dijadikan duit, hehehe.

Ikut Komunitas

Kalau blog kamu udah jalan dan cukup banyak artikel, bisa tuh gabung ke komunitas. Biasanya, di setiap kota ada kok komunitasnya.

Gimanya nyarinya?

Cari komunitasnya gampang banget, nggak usah keliling-keliling kota segala. Kamu cukup buka Facebook, terus cari deh di kolom pencarian “komunitas blogger (nama kota)”.

Kalau ada komunitasnya, biasanya akan keluar tuh grup nya. Tapi, kalau nggak ada, kamu bisa kok masuk ke Komunitas Blogger Indonesia. Di grup itu, nanti kamu tanya deh, ada nggak yang dari kota kamu.

Ikutan Kopdar Komunitas

Setelah masuk komunitas, jangan cuma jadi anggota grup yang pasif ya.

Ikut kopdar kalau ada.

Biasanya sih kalau komunitas blogger gitu bakal ada kopdar, entah itu sebulan sekali atau beberapa kali.

Tapi, kalau di kota kamu nggak ada kopdar, main-main aja ke tetangga kota. Siapa tahu kan ada kopdar di sana, sekalian nambah relasi gitu.

Pokoknya, yang penting aktif aja deh kalau gabung di komunitas itu. Atau boleh juga kalau kamu malah jadi pengurus dan yang inisiasi buat bikin acara. Jadi komunitasnya tetap hidup dan bisa berkumpul dengan blogger lain.

Kumpul-kumpul ini saya rasa sangat penting lho. Selain bisa ketemu orang yang sama-sama suka ngeblog, kumpul-kumpul ini bisa jadi jalan rezeki buat kamu, hehehe.

Dengan berkumpul bersama, kamu juga bisa mengembalikan semangat menulis di blog.

Pengalaman saya sih ini, kalau udah lama ngeblog itu pasti ada bosennya. Kalau udah bosen, biasanya ikut kopdar kalau nggak dateng ke tempat temen buat nge-charge semangat.

Kalau nggak ketemuan dengan sesama blogger, minimal komunikasi lah, bisa dengan chat atau aktif di grup.

Jadi, kamu selalu aktif berkomuniasi dengan yang lainnya gitu.

Gimana? Sudah siap menjalankan tips menjadi blogger yang sukses sekarang?

Jangan ditunda-tunda, tunggu apalagi? Segera praktekkan.

Salam Sukses!

Gabung Telegram

Ada banyak insight singkat-menarik yang ditulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

You may also like
Pengusaha Sukses dan Tahapan yang Harus Dilalui
Cara Membuat Ebook yang Keren dan Profesional

Yakin Ngga Mau Komen?