Daftar Jadi Penulis

INFO LENGKAP
Untuk Calon Penulis

Saya sedang mencari penulis yang kompeten dan berkualitas untuk blog bisnis saya vatih.com/bisnis. Kamu nantinya akan menulis langsung di halaman dashboard blog ini (yang berbasis WordPress).

Halaman ini bisa kamu pelajari secara menyeluruh sebelum mendaftarkan diri jadi penulis di blog saya. Penjelasan di bawah bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kebutuhan.

Syarat

  1. Bekerja secara remote dan profesional.
  2. Sangat mengerti dunia literasi. Paham dengan EYD, tanda baca, dan sejenisnya.
  3. Familiar dengan platform WordPress, karena kamu akan menulis langsung di website berbasis WordPress.
  4. Menyukai dunia digital marketing.
  5. Mempunyai wawasan yang bagus terhadap topik bisnis, keuangan, digital marketing, tutorial blogging, tutorial sosial media. Dan sejenisnya.
  6. Sudah punya contoh tulisan yang bisa saya baca. Jadi tidak ada kata-kata, “Kasih saya waktu untuk membuat contoh tulisan”. Kalau kamu percaya diri, langsung tulis sekarang dan serahkan link-nya ke saya untuk saya nilai.
  7. Bisa membaca dan memahami konten berbahasa Inggris. Untuk keperluan riset data.
  8. Mempunyai kemampuan riset dan intuisi yang bagus.
  9. Memiliki kemampuan copywriting dan story-telling yang mumpuni.

Tugas

  1. Membuat konten yang super komprehensif dan informatif. Kaya akan informasi bermanfaat.
  2. Upload tulisan langsung di web. Akan dibuatkan akun masing-masing.
  3. Membuat konten dengan menerapkan teknik LSI (Latent Semantic Indexing). Bisa pakai LSI Generator. Kalau belum begitu paham dengan LSI, bisa baca penjelasan ini.
  4. Membuat minimal 2 konten setiap pekan.
  5. Setiap konten setidaknya mengandung 2.500 kata.
  6. Memuat sumber-sumber yang kredibel (link) untuk mendukung konten yang ditulis.
  7. Setiap konten menggunakan banyak gambar yang bisa mendukung konten agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Seperti tutorial, studi kasus, step-by-step, ilustrasi, dll.

Fee

  1. Setiap konten yang ditulis akan diberi fee Rp500.000.
  2. Mendapatkan fee setelah (minimal) 3 tulisannya diapprove. Tidak harus menunggu 1 bulan.
  3. Setiap konten yang dianggap (dihargai) adalah konten yang sudah diapprove. Apabila konten tidak diapprove, harap berkenan untuk melakukan rivisi.
  4. Nanti dalam beberapa case saya akan minta kamu untuk membuat 4.000 sampai 5.000 kata, fee menyesuaikan (pro-rate).

Contoh Tulisan

Di bawah ini adalah contoh tulisan dengan kualitas yang saya inginkan, sebagai gambaran untuk kamu.

Saya butuh rich content, detail, mudah dipahami, easy to read, interaktif, dan sesekali dibalut humor (biar ngga tegang).

Setelah kamu terpilih untuk menulis di blog ini, kamu akan saya bebaskan untuk memilih topik yang sudah tersedia di halaman TOPIK.

Kamu bisa baca dan pelajari halaman itu untuk memberikan gambaran apa saja reqirement yang saya inginkan, juga gambaran seperti apa cara kerja kamu nanti (dalam berkomunikasi dengan saya dan dalam membuat konten).

Apply

Untuk mengajukan diri sebagai penulis, bisa kontak saya di [email protected] disertai link contoh tulisan yang sudah jadi. Jangan kirim karya kamu dalam bentuk PDF, DOCX, atau lainnya. Just sent me the links!

Tulis dengan subject DAFTAR PENULIS (huruf besar semua). Kemudian ceritakan sepak terjang dan pengalaman kamu melalui badan email.

NOTE 1: Mohon untuk tidak apply kalau tulisan kamu masih standar seperti kebanyakan penulis (tulisan pasif, informasi yang datar, dan garing) yang hanya menulis sub judul, deskripsi, serta gambar ala kadarnya. Saya membutuhkan konten yang hidup, renyah, interaktif, dan kaya akan media penunjang (gambar, video, studi kasus).

NOTE 2: Karena ada saja yang apply sambil memberikan contoh tulisan yang biasa dibuat seharga 50 ribu-an, maka jangan baper kalau email kamu ngga saya balas. Email kamu yang ngga saya balas dalam 3 hari itu artinya saya belum cocok. Perhatikan contoh-contoh tulisan yang saya lampirkan di atas.

Kamu harusnya sudah paham kenapa saya memberikan rate tinggi (Rp500.000) untuk setiap konten yang akan dibuat. Iya, saya bukan sedang mencari penulis biasa, saya sedang mencari penulis yang benar-benar mumpuni.

Kamu bisa sampaikan berbagai info yang akan meyakinkan saya bahwa kamu adalah the best writer that I need.