WordPress

5 Plugin SEO WordPress Terbaik yang Wajib Kamu Install

SEO itu kalau mau dikerjakan secara full manual bisa. Tapi melelahkan. Kalau bisa dikerjakan oleh pihak-pihak lain, kenapa tidak? Salah satu pihak itu adalah plugin. Dengan mengandalkan bantuan plugin, pekerjaan kita bisa lebih ringan.

Sebagai seorang optimizer, sebaiknya kita hanya fokus pada riset keyword dan pembuatan konten. Tidak perlu terlalu pusing mengurusi hal-hal lainnya.

Pelajaran kali ini akan mengupas 5 plugin yang mempunyai kemampuan terbaik (menurut saya) untuk membantu proses optimasi.

Jetpack

Apa kontribusi Jetpack untuk masalah SEO? Sekilas tidak ada memang, tapi Jetpack mempunyai fitur yang bisa mempercepat load sebuah halaman.

Apa Itu? Namanya Photon.

Photon adalah fitus yang menyalin file gambar yang kita upload ke Post dan mengubah alamat gambar tersebut menjadi alamat yang dilewatkan ke server wp.com terlebih dahulu.

Server wp.com ini berbasis cloud, sehingga dengan kata lain kita mempunyai CDN gratis rasa premium. CDN adalah Content Delivery Network, jika ingin tahu lebih lanjut tentang CDN, silahkan Googling.

Selain itu, fitur Photon juga bisa mereduksi ukuran gambar menyesuaikan ukuran element dan layar. Misal gambar yang kamu upload memiliki lebar 800px, sedangkan element mempunyai lebar 750px, maka Photon akan secara otomatis menyesuaikan ukuran.

Sehingga file yang diload oleh pengunjung adalah file yang memiliki lebar 750px. Menarik bukan? Ada cukup banyak gambar yang digenerate oleh Photon hanya dari 1 gambar yang kamu upload. Canggih memang.

Jadi, plugin ini wajib untuk kamu install, jangan lupa aktifkan fitur Photon-nya.

YOAST

Plugin ini mempunyai fungsi utama yang membantu kamu dalam mengoptimasi meta-title dan meta-description. Sama seperti plugin SEO pada umumnya, semacam All In One SEO Pack, dll. Saya memilih plugin ini karena tampilannya yang sudah saya kenali dengan baik.

Untuk plugin ini, sifatnya opsional, kamu bisa memilih plugin lainnya yang sejenis yang penting plugin selalu up-to-date dan masih dirawat dengan baik oleh developernya.

Breadcrumb NavXT

Contoh tampilan breadcrumb di website.

Contoh tampilan breadcrumb di website.

Banyak yang bertanya apakah breadcrumb mempunyai benefit atau nilai tambah terhadap ranking website di Google? Ini pertanyaan yang masih misteri dan diperdebatkan di berbagai forum dan website. Saya sendiri masih meraba-raba seberapa besar pengaruhnya fungsi ini terhadap SEO.

Tapi yang pasti, Google sudah membaca tag (kode pemrograman) ini dan melakukan generate secara khusus terhadap website yang mempunyai breadcrumb di halaman websitenya. Kalau defaultnya, di halaman SERP menampilkan permalink (url) di bawah judul, maka ketika website mempunyai breadcrumb, yang menampilkan permalink tadi akan berubah menjadi kategori. Seperti gambar di bawah ini.

Screen Shot 2015-06-30 at 8.44.21 PM

Tampilan breadcrumb di halaman pencarian Google.

Yang pasti, dengan memasang breadcrumb di website, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan berikut ini:

  1. Website terlihat lebih profesional dan rapi. Baik di web sendiri maupun di Google.
  2. Memudahkan pengunjung dalam mengenali/menelusuri website kamu.

Tapi, kalau saya sendiri merasakan keberadaan breadcrumb ini memberikan efek yang cukup bagus terhadap SEO, meski saya tidak bisa menjelaskan secara keilmuan karena memang belum ada pembahasan resmi mengenai hal ini dari Google.

WP Super Cache

Guys, memanjakan setiap pengunjung yang datang ke website kita adalah hal yang mutlak untuk dilakukan. Memberikan informasi yang jelas, bagus dan cepat diakses, itulah yang diinginkan setiap pengunjung. Kabar baiknya, pengunjung website kamu bukan cuma manusia, tapi juga berbagai robot yang banyak bertebaran di internet, termasuk robotnya Google.

Plugin satu ini menyulap secara drastis performa website kamu ketika diakses, load menjadi sangat ringan dan cepat. Sebab, plugin ini membuat cache di sistem WordPress, mengubah interaksi yang tadinya dinamis menjadi statis. Secara ilmu jaringan/pemrograman, ini menjadikan klien (browser pengunjung) jadi lebih mudah mengakses. Dan server atau hosting tidak terbebani kinerjanya karena tidak memanggil query berulang kali.

Apapun itu, pokoknya install saja meski kamu tidak paham apa yang barusan saya jelaskan mengenai plugin ini. Intinya, plugin ini membuat website kamu menjadi lebih cepat.

Ketika Google tahu website kamu cepat diakses, pastinya kamu mempunyai penilaian tersendiri terkait bagaimana Google meningkatkan posisi website kamu di halaman pencariannya.

iThemes Security

Sesuai namanya, plugin ini berfungsi mengamankan situs yang kamu kelola. Tentu kalau situs kamu kena hack atau malware akan menyebabkan hasil optimasi keyword yang kamu lakukan menjadi sia-sia. Untuk itu, pastikan website kamu selalu aman, tidak dijahili orang atau kompetitor kamu sendiri.

Gabung Telegram Saya

Ada banyak insight singkat-menarik yang saya tulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

You may also like
Apa Itu Localhost?
Pilih WordPress Self-Host atau WordPress.com?
1 Comment

Yakin Ngga Mau Komen?

%d bloggers like this: