Hukuman dari Google

Tulisan ini saya buat segera setelah saya menerima kabar baik dari Google bahwa 3 situs utama yang saya kelola disetujui appeal-nya oleh Google, setelah sebelumnya diberi hukuman deindex.

Ini sekaligus menjadi pengalaman pertama dalam hidup saya selama melanglang buana dalam dunia SEO; saya kena deindex.

Sempet mlongo sebentar, tapi langsung mikir dan bertanya-tanya, why?

Cerita ini ngga akan panjang sih.

Dari ketiga situs itu, kesalahannya (menurut Google) adalah:

  1. Ada 1 situs yang dikasih label Unnatural links. Dianggap sebagai tempat rekayasa link.
  2. Dan ada 2 situs yang Pure spam. Kontennya scraping, copas, auto-generate dan sejenisnya.

Nah, yang unik, salah satu dari dua yang kena Pure spam itu adalah vatih.com. Ini yang paling bikin saya ngga abis pikir, secara web ini isinya murni tulisan-tulisan pribadi saya. Saya tulis pake tangan saya sendiri, lha kok bisa dianggep scraping.

2 website lainnya saya kirim appeal dengan penjelasan yang santun dan ada kalimat minta maaf bahwa kami telah melakukan kesalahan bla bla bla, tapi untuk yang vatih.com ini saya agak kesel, ngga pake pembukaan langsung nyerocos, plus tanpa penutup. Walaupun english saya masih belepotan juga sih, wkwk.

Agak kecut.

Untuk yang vatih.com ini saya pede 90% bakal diterima sih appeal-nya, secara bukti-buktinya emang kuat bahwa saya ngga bersalah. Tapi untuk 2 web lainnya saya cuma pasrah aja, kalo diterima alhamdulillah, kalo ngga ya mau gimana lagi. Bikin dari awal lagi.

Index di Search Console ngedrop.

Proses pengajuan appeal (banding) sampai akhirnya dapet jawaban dari Google itu kurang lebih 3 hari. Begitu juga yang tertulis di official mereka. Yaudah saya nungguin jawaban sambil perasaannya campur aduk. Meski masih punya banyak aset web lain, tapi kan sayang aja kalo misalnya yang ini ilang tanpa perlawanan.

Abis main Dota, saya iseng cek email ternyata ada pemberitahuan bahwa appeal disetujui sama Google. Alhamdulillah, seneng.. pake banget!

 

Kabar baik dari Google.

2 web lainnya juga alhamdulillah balik, meski Google ngga janji hasilnya (traffic) bisa balik seperti semula. Yang bagian ini sih ya mau ngga mau kudu diikhlasin, mau gimana lagi.

Well, setelah sekian lama adem ayem akhirnya ngerasain deindex juga XD

5 thoughts on “Hukuman dari Google

Yakin Ngga Mau Komen?