Diterima Google AdSense

Dalam tulisan sebelumnya (Belajar Menggambar) saya bercerita bahwa target mempelajari pemrograman sudah masuk pada tahap yang saya inginkan, kemudian mau fokus ke coret-coret gambar.

Di waktu yang bersamaan, saya mendapat notifikasi email dari Google bahwa permohonan pembuatan akun Google AdSense (GA) saya diterima. Saya mengajukan permohonan ini berbulan-bulan yang lalu, sampai hampir lupa, tapi tiba-tiba saja beberapa saat sebelum tulisan ini ada, saya mendapat notif di email mengenai hal tersebut.

Adsense Diterima

Ya alhamdulillah, meski bisa dibilang saya termasuk yang terlambat gabung di GA, jika dibanding dengan teman-teman lain yang sudah bertahun-tahun lalu bergabung dan sudah meraup puluhan ribu bahkan ratusan ribu dolar. Tidak masalah, justru saya bisa mengambil banyak pelajaran dari teman-teman sekalian mengenai GA dengan mengikuti akun sosmed dan membaca blog kalian.

Seperti yang terlihat di gambar, saya mendaftarkan situs Revorma sebagai situs yang terhubung ke GA. Semua tulisan di sana murni saya tulis sendiri secara manual, sesuai dengan aturan GA ketika kita hendak mengajukan permohonan ke mereka. Selain saya sendiri menyukai hal-hal yang manual jika berbicara tentang SEO dan produk-produk Google, saya ingin membuat sesuatu yang sifatnya sustainable bersama Google. Kurang menyukai yang trafiknya membumbung dalam sekejap, dan mati (deindex) dalam sekejap pula.

Terkait akun GA ini, saya akan menjadikan YouTube sebagai sumber monetize utama, bukan situs Revorma atau situs lain yang saya kelola. Konon, duit di YouTube lebih mudah ngalir daripada situs. Relatif sih, tapi setelah saya pikir-pikir, saya cenderung sepakat dengan pendapat tersebut.

Satu bulan sebelum mendapat email approval ini, saya sudah membeli peralatan untuk rekaman tutorial seperti USB soundcard, headset, microphone, dan menata ruangan kamar supaya nyaman untuk membuat rekaman tutorial seputar internet marketing dan web programming.

Saya memang sudah berniat membuat video tutorial ini sejak lama, saya memikirkannya tanpa peduli apakah nanti akan terhubung ke GA atau tidak. Maka, ketika ada email itu, saya spontan berucap alhamdulillah. Kok yo pas banget gitu lho.

Untuk situs Revorma (dan mungkin beberapa situs lain) akan tetap saya pasang banner GA, cuma sebagai penggembira (seperti yang saya bilang di atas). Meski begitu, saya akan tetap menulis konten-konten original —like always, dan mengikuti aturan main GA supaya sustainable tadi. Ngga apa-apa lah mulai dari $0,1 per hari, kan sambil belajar juga.

Tulisan ini cuma ungkapan rasa seneng aja sih, ngga ada nilai tambahnya, ya cuma begitu aja. Btw, makasih udah baca, hehe.

Leave a Comment