Ternyata Cuma Gitu Doang

Di Google banyak tutorial How To Create Custom Post Type. Tapi dari yang banyak itu, semuanya belum tuntas jelasin tahapan yang paling unik.

Cukup banyak orang yang frustasi karena ngga ada penjelasan mengenai tahapan yang unik tadi.

Tahapan unik itu bernama Flush Permalink. Gampangnya, kita cuma disuruh untuk ngeklik panel Permalink di bagian Dashboard WordPress, ngga perlu sampai klik Save. Dengan dilakukannya tahapan unik ini, masalah selesai, dan fungsi berjalan seperti yang seharusnya.

Dulu, saya butuh waktu hampir 1 minggu berhadapan sama masalah ini. Saya perhatiin ngga ada yang salah dengan coding yang udah saya tulis. Setelah tahu, ternyata cuma gitu doang.

Saya pikir semua orang (dalam berbagai bidang yang ditekuninya) juga pernah mengalami hal-hal semacam ini. Untuk bisa sampai pada tahap ternyata cuma gitu doang, butuh perjuangan yang dirasa sangat berat awalnya, tapi namanya orang bebal (yang positif) dia menemukan jalannya.

Sekarang, ini saya manfaatkan sebagai rumus. Setiap kali ada masalah di hadapan, saya selalu tertantang untuk bisa mengatakan ternyata cuma gitu doang di kemudian hari.

Leave a Comment