Search Engine

Bagaimana Cara Supaya Website Terindex Google dengan Cepat?

0

Untuk membuat website ter-index Google secara cepat, maka kamu harus membuat website yang kamu kelola disukai oleh Google. Di sini akan saya jelaskan faktor-faktor apa saja yang membuat Google jatuh hati pada website kamu.

Server Dalam Kondisi Baik

Sebelum membaca poin-poin lainnya, kamu harus pastikan bahwa website kamu berada pada server yang bagus. Jangan asal pilih server atau hosting. Saya punya beberapa pengalaman buruk saat awal-awal belajar website. Website saya selama berbulan-bulan tidak terindex sama sekali oleh Google, bahkan tidak bisa digenerate/fetch ke Facebook (biasanya saat URL dimasukkan ke Facebook langsung muncul gambar, deskripsi, judul).

Saya tidak punya afiliasi ke mereka, tapi jika kamu minta rekomendasi, saya akan berikan beberapa nama ini (saya tidak pernah punya pengalaman buruk bersama mereka):

  1. Qwords (shared hosting), pakai rupiah. Web teman-teman saya banyak di sini.
  2. Hostgator (shared hosting), pakai dolar. Revorma ada di sini.
  3. Digital Ocean (VPS), pakai dolar. Beberapa website saya ada di sini.

Cara mengecek apakah website kamu berada pada server yang bermasalah serta solusinya bisa baca Solusi Untuk Website yang Bermasalah pada Server.

Terhubung ke Google

Website kamu harus terhubung ke Google Webmasters. Google Webmasters adalah salah satu produk Google yang tugasnya melakukan scanning website yang terdaftar secara khusus di dalam database-nya. kamu akan mendapatkan banyak suggest terkait kondisi website kamu saat ini. Misal dari sisi kesehatan, kecepatan, dan kemudahan navigasi, kamu akan mendapat banyak informasi apa saja yang harus kamu lakukan supaya website kamu dicintai oleh Google.

Secara khusus saya menulis langkah-langkah untuk terhubung dengan sempurna ke Google Webmasters.

Punya Banyak Backlink

Tentunya backlink-backlink positif. Semakin banyak backlink yang kamu bangun, proses indexing ke Google bisa semakin cepat, apalagi sudah terhubung ke Google Webmasters.

Ini beberapa tulisan saya yang wajib kamu baca mengenai backlink:

  1. Apa Itu Backlink Berkualitas?
  2. Jangan Anggap Remeh Backlink Untuk Homepage
  3. 5 Cara Praktis Membangun Backlink di Kolom Komentar

Cepat Saat Diakses

Google juga punya produk bernama PageSpeed Insights. Di sini kamu bisa mengetahui seberapa cepat situs kamu saat diakses. Setidaknya kamu harus mempunyai nilai 70 dari 100.

Mempunyai Sitemap

Sudah umum bahwa setiap situs yang ingin ter-index dengan cepat harus mempunyai sitemap atau peta situs. Sitemap yang disepakati secara global oleh semua mesin pencari (termasuk Google) adalah sitemap yang memiliki format XML.

Jika kamu mengerti bahasa pemrograman, kamu bisa membuat sitemap dengan mudah, tapi jika tidak, kamu bisa memanfaatkan plugin WordPress bernama Google XML Sitemaps buatan Arne Brachhold.

Setelah install plugin tersebut, website kamu akan memiliki sitemap dengan alamat seperti ini; domain.com/sitemap.xml.

Alamat sitemap itu juga wajib kamu submit ke Google Webmaster (tidak hanya submit alamat website). Terkait cara submit sitemap bisa kamu baca di halaman yang sama tentang submit website ke Google Webmaster.

Kesimpulan

Ya, butuh proses, tidak bisa instan. kamu harus menyiapkan itu satu per satu. Saat semua itu sudah kamu lakukan dan kamu pastikan tidak ada masalah, maka proses indexing bisa terjadi hanya dalam hitungan jam bahkan menit.

Tapi, ter-index bukan berarti masuk ke halaman satu. Masih ada langkah yang harus kamu lakukan supaya konten kamu masuk ke halaman satu, salah satunya adalah membangun backlink.

Demikian :)

Magang 3 Bulan Untuk Hidup yang Lebih Baik

Insya Allah demikian. Udah kayak kampanye pilpres aja ya, hehe. Monggo yang tertarik bisa langsung baca selengkapnya.

You may also like
Cara Membuat dan Mendapatkan Backlink Berkualitas
8 Cara Supaya Artikel Kamu Ramah Untuk Google dan Nyaman Bagi Manusia
1 Comment
  • […] mengapa setiap website Anda harus didaftarkan ke Google Webmasters supaya website Anda bisa sangat cepat ter-index oleh Google. Perlu dicatat bahwa ter-index bukan berarti masuk ke halaman satu, tapi sudah selangkah lebih maju […]

Yakin Ngga Mau Komen?

%d bloggers like this: