Produktifitas

Cara Membuat CV yang Bagus Pakai Aplikasi Online

Wahai para milenial yang sedang berjuang mendapatkan pekerjaan. Atau untuk siapapun kamu yang masih berusaha mengumpulkan berkas untuk mendaftar ke sebuah perusahaan. Tetap semangat dan jangan pernah menyerah sekalipun.

Siapkan dulu semua berkas yang diperlukan dan buat sebagus mungkin. Jangan sampai ada yang keselip atau ketinggalan saat mau dikirimkan.

Ingat ya, biasanya yang disiapkan tuh CV, surat lamaran kerja, berkas riwayat pendidikan (fotocopy ijazah), berkas kenegaraan (seperti SKCK, NPWP, dan lainnya), sertifikat keahlian, surat pengalaman kerja kalau ada. Berkas-berkas yang nggak di-print di-fotocopy dulu ya.

Dari banyak berkas itu, satu yang cukup penting ada CV.

Apa itu CV?

CV atau Curriculum Vitae adalah daftar riwayat hidup, salah satu domuken penting yang disiapkan ketika akan melamar pekerjaan, magang, ataupun mengajukan beasiswa.

Seperti namanya, CV ini berisi riwayat hidup kamu. Isinya tentu yang berkaitan dengan hidupmu, mulai dari nama, riwauat pendidikan, ketrampilan, pengalaman kerja, prestasi, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan dirimu.

CV yang kamu buat harus bisa menarik perhatian perekrut agar mau melihat semua berkas milikmu.

Gimana? Kamu bisa membuat CV yang seperti itu?

Kalau belum, tenang-tenang, di artikel ini kamu akan belajar gimana cara membuat CV yang bagus.

Aplikasi Membuat CV Online Berbasis Web (Gratis)

Membuat CV yang menarik di zaman sekarang ini sudah begitu mudah lho. Soalnya, zaman dulu banget, kalau kamu mau bikin CV, harus beli dulu blangko dan diisi sendiri.

Berbeda dengan sekarang yang teknologinya sudah berkembang. Kamu bisa bikin sendiri desain CV sesuai dengan keinginan, bisa menggunakan CorelDraw, Adobe Illustrator, bahkan pakai Ms. Word lho.

Perkembangan teknologi ternyata lebih memudahkan kita lagi. Apalagi semenjak internet mulai bisa diakses dengan mudah. Bikin CV jadi nggak perlu install software dulu, cukup ada paket internet dan laptop saja.

Ya, kamu bisa membuat CV secara online, dan tentu saja GRATIS.

Ada banyak kok web penyedia layanan pembuatan CV ini. Tapi, sekarang saya akan bahas tiga web aja ya, biar nggak kepanjangan artikelnya.

1. Kick Resume

cara membuat CV menggunakan kick resume

Kick Resume adalah layanan penyedia pembuatan CV yang menarik untuk dicoba. Website ini basisnya menggunkan bahasa inggris. Jadi, CV yang kamu buat nanti berbahasa Inggris. Nggak apa-apa kok, malah kelihatan lebih profesional.

Untuk membuat CV di kickresume.com, kamu nggak perlu ahli desain. Sudah tersedia banyak template yang bisa dipilih. Cukup isi data diri kamu terlebih dahulu, baru kemudian pilih template seperti yang kamu inginkan.

2. Canva

cara membuat CV menggunakan canva

Salah satu aplikasi desain berbasis web yang saat ini sudah sangat terkenal. Mungkin kamu juga tahu website yang satu ini. Bisa buat desain berbagai macam dokumen, salah satunya adalah Curriculum Vitae.

Selain bisa digunkan untuk medesain banyak macam dokumen, template yang tersedia juga melimpah. Bahkan kamu bisa mendapatkan desain-desain menarik dengan gratis. Nggak seperti website gratis lainnya yang menyediakan template bagus tapi harus upgrade ke akun yang PRO.

3. ResumUP

cara membuat CV menggunakan resumup

ResumUp ini cocok banget buat kamu yang menginginkan CV dengan desain unik. Selain itu, kamu bisa membuat CV dalam waktu yang cukup singkat. Tinggal pilih template, lalu masukkan data diri kamu, terus bisa di-download deh.

Ada banyak template unik yang bisa kamu pilih. Tapi, untuk memakai semua fitur, kamu harus upgrade dulu ke akun PRO. Yah, tapi pakai versi gratisan, kamu juga masih bisa membuat CV yang cukup menarik kok.

Cara Membuat CV Menggunakan Canva

Ketiga web di atas sebetulnya sama-sama bagus dan mudah untuk digunakan.

Tapi, paling enak dan banyak bagian yang bisa diedit adalah Canva. Coba deh kamu masuk ke dua web lainnya, tentu kamu juga akan bilang bagus tuh.

Hanya saja, Canva memberikan banyak kemudahan dalam hal mengedit dan menambahkan data yang diperlukan. Template yang bisa dipilih pun juga banyak banget, dan bisa diakses dengan gratis.

Membuat CV menggunakan Canva mirip seperti kalau kita menggunakan software desain. Kalau kamu pernah menggunakan CorelDraw atau Adobe Illustrator, pasti bakalan lancar pakai Canva.

Nah, berikut ini cara membuat CV yang bagus pakai Canva.

1. Pilih Jenis Dokumen

 

Langkah-langkah yang dilakukan sebenarnya mirip seperti ketika kita membuat kartu nama. Cuma berbeda di beberapa bagian saja kok.

Tentu kamu membutuhkan akun Canva terlebih dahulu.

Kalau sudah punya akun, langsung saja masuk web-nya.

 

Setelah itu, klik gambar kaca pembesar di bagian kiri, dan ketik “resume” (nama lain CV kali ya). Kalau sudah muncul ikon di bawahnya, klik aja tuh tombol “resume“.

2. Memilih Template

Setelah klik tombol tadi, maka kamu akan dibawa ke halaman baru.

Nah, ini adalah halaman kerja kamu, mirip seperti software desain pada umumnya.

Pada tahap ini, kamu bisa memilih mau menggunakan template atau bikin desain sendiri. Untuk mempercepat waktu, kita pilih template yang ada saja ya.

Template biasanya sudah ditampilkan di bagian kiri. Kamu tinggal pilih aja mau menggunakan yang mana. Kalau di bagian atas nggak ada, tinggal scroll aja ke bawah, masih banyak yang bagus dan gratis kok.

Kalau sudah ketemu template yang menurutmu bagus, tinggal klik aja, nanti bakal muncul di halaman putih kosong itu.

3. Edit Data

Setelah template yang kamu klik muncul di halaman kerja, kamu bisa langsung mengeditnya.

Kamu tinggal klik saja bagian mana yang akan diedit.

Misalnya saja nama, klik bagian nama, lalu edit sesuai dengan data milikmu.

Kalau misalnya ukuran huruf terlalu besar, kamu bisa mengeditnya kok. Tempatnya ada di bagian atas halaman kerja.

Atau mungkin kamu nggak cocok sama jenis huruf yang digunakan?

Bisa diganti juga, letaknya juga ada di bagian atas halaman kerja. Tinggal klik aja jenis hurufnya, akan muncul banyak jenis lainnya yang bisa kamu gunakan.

4. Download File

Setelah edit-edit selesai, saatnya kita unduh file yang sudah dibuat.

Caranya?

Gampang kok, kamu tinggal klik tombol Publish di kanan atas. Terus bakalan keluar ke bawah tuh pilihannya. Klik Download, nanti bakalan keluar pilihan lainnya.

Kamu bisa pilih mau download file dalam bentuk apa.

Karena kita mau print dokumennya, maka sebaiknya pilih jenis file-nya yang PDF Print. Biar kualitas hasil printprint-annya bagus.

Setelah jenis file-nya dipilih, kamu tinggal pencet lagi download. File kamu akan diproses dan diunduh.

Kalau sudah selesai, bakalan muncul jendela baru yang menyatakan bahwa proses download berhasil.

Gimana? Gampang kan cara membuat CV yang bagus menggunakan Canva?

Syarat Membuat CV Menarik

Sebenarnya membuat CV itu mudah kan?

Ya, memang mudah, tapi jangan cuma asal bikin aja, kamu juga harus membuatnya jadi menarik. CV yang bisa menarik hati perekrut tentu lebih bagus lagi.

Jadi, ketika perekrut tertarik, tentu dia akan membaca data dirimu dengan serius. Nah, dengan begitu, siapa tahu kamu jadi lolos ke tahap selanjutnya kan ya, aamiin.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar CV milikmu jadi lebih menarik.

Menggunakan Foto Kasual

Sebenarnya, menampilkan foto diri dalam CV itu nggak wajib. Tapi, kalau kamu mau menampilkannya juga nggak apa-apa kok. Foto yang digunakan pun nggak harus foto resmi kayak di KTP.

Kamu bisa menggunakan foto yang kasual kok, bisa full-face ataupun full-body. Yang penting wajah kamu tetap kelihatan jelas. Jangan foto lagi nunduk, atau malah hadap belakang ya. Foto saja dengan wajah ceria dan penuh senyum yang menawan.

Hindari juga pasang foto selfie, apalagi kamu pakek manyun-manyun segala, sangat tidak dianjurkan tuh. Bisa jadi nanti perekrut malah ngeri lihat CV kamu, hehehe.

Lampirkan Portfolio

Menunjukkan kemampuan dalam CV juga merupakan hal yang dianjurkan. Kamu bisa melampirkan beberapa portfolio yang paling keren buatanmu.

Portfolio ini bisa bermacam-macam.

Misalnya nih ya, kamu seorang desainer kemasan makanan. Ya udah, lampirkan saja beberapa desain yang pernah kamu buat di dalam CV.

Kalau kamu arsitek, bisa juga menampilkan desain rumah dalam CV-mu. Lampirkan beberapa gambar 3D desain buatanmu, atau mungkin foto rumah yang pernah kamu desain sebelumnya.

Atau mungkin kamu seorang SEO expert. Cara melampirkan portfolio-nya gimana?

Gampang tuh, kamu tinggal screenshot saja dashboard website yang menampilkan banyaknya pengunjung harian. Kamu juga bisa menuliskan beberapa web yang kamu kelola.

Nah, kalau kamu punya keahlian lain, tinggal disesuaikan saja cara melampirkan portfolio-nya di CV.

Menunjukkan Riwayat Organisasi

Ikut organisasi saat masih kuliah itu adalah kesempatan yang berharga.

Kamu bisa belajar banyak hal yang mungkin saja berguna di kehidupan selanjutnya. Salah satunya adalah saat membuat CV untuk mendaftar kerja.

Di dalam CV, kamu bisa menuliskan beberapa organisasi yang pernah diikuti. Mulai dari organisasi kampus seperti BEM, ataupun organisasi di luar kampus.

Biasanya, perekrut akan mempertimbangkan pengalaman kamu dalam berorganisasi. Jadi, jika kamu punya, sebaiknya tampilkan saja, jangan malu-malu.

Tapi tulis secukupnya saja ya, jangan banyak-banyak juga. Jangan juga kamu tulis organisasi dari zaman SD. Bukannya memberi nilai tambah, malah jadi berkurang nilaimu.

Pajang Riwayat Kerja

Biasanya, perusahaan akan mensyaratkan pengalaman kerja kepada para pelamar. Pengalaman kerja ini tentu saja menjadi syarat yang penting, apalagi di perusahaan multinasional yang jabatannya tinggi.

Kalau kamu memiliki pengalaman kerja, lampirkan saja, jangan malu-malu. Tapi ingat juga, yang ditulis itu pengalaman kerja yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan kamu masuki ya.

Misal nih, perusahaan butuh karyawan untuk mengisi bagian R&D. Tentu syarat pengalaman kerjanya juga di bagian R&D dong. Jadi, kalau kamu punyanya pengalaman di bagian HRD, ya nggak usah ditulis, karena keduanya nggak berhubungan.

Jika kamu memajang pengalaman kerja, jangan lupa sama surat pengalaman kerja ya. Surat ini biasanya dilampirkan dalam berkas yang akan kamu ajukan ke perusahaan.

Dimana dapatnya surat pengalaman kerja?

Kamu bisa mendapatkan surat ini di perusahaan tempatmu bekerja dulu.

Tampilkan Skill yang Dikuasai

Selain portfolio yang bisa kamu lampirkan, skill atau keahlian pun juga bisa ditulis dalam CV lho.

Kamu bisa menampilkan beberapa skill yang dikuasai, seperti, berbahasa Inggris, desain, SEO, menguasai bahasa pemrograman, public speaking, dan skill lainnya yang dapat menunjang pekerjaan.

Tapi, jangan banyak-banyak kamu tampilkan skill milikmu. Cukup beberapa saja yang memang betul-betul dikuasai. Kalau kebanyakan memajang skill, hal itu malah nggak bagus, dan orang yang membaca pun bisa jadi nggak percaya.

Apa bener nih orang punya keahlian segini banyaknya?

Mungkin itu yang bakalan dipikirkan orang lain ketika kamu menampilkan banyak skill di dalam CV.

Contoh CV Bagus untuk Lamaran Kerja

Setelah belajar cara membuat CV yang bagus dan menarik, tentu kamu ingin membuatnya sendiri kan?

Nah, buat kamu yang masih bingung dan belum punya bayangan mau membuat CV seperti apa, tenang-tenang. Kamu bisa melihat beberapa contoh curriculum vitae di bawah ini.

Lihat aja semuanya, siapa tahu kamu jadi punya ide yang nggak kalah keren dari contoh-contoh di bawah.

Contoh CV Menarik

helpshared.com

Buat CV kamu semenarik mungkin, kalau mau file-nya, download di sini helpshared.com

CV itu nggak harus selalu hitam putih dan desainnya monoton lho. Kamu bisa membuat CV menjadi menarik dengan penambahan desain dan menggunakan layout keren.

Seperti contoh di atas misalnya. Dengan menambahkan desain sederhana di atas dan di bawah, serta menggunakan layout yang nggak biasa, CV jadi terlihat lebih bagus dan tidak membosankan.

Contoh CV Simple

Buat CV yang simple dan menarik, klik di sini helpshared.com untuk download file-nya

Kalau kamu nggak suka desain yang ribet dan nggak biasa, bisa juga kok pakai yang simple. Walaupun simple, tapi tetap kelihatan berbeda dari CV pada umumnya. Kamu bisa mengikuti format CV yang sudah banyak digunakan orang. Tapi, buat CV kamu terlihat menarik walaupun tetap simple.

Misalnya saja seperti contoh di atas, kamu bisa tuh buat yang seperti itu. Desainnya cukup simple saja, tapi tetap tidak terlihat mainstream kan?

Contoh CV Colorful

Desain berwarna makin menarik, download klik aja di sini freepik.com

Buat kamu yang berjiwa muda dan sedang membara-membaranya mencari kerja, CV ini saya rasa cocok untukmu. Desain yang menyenangkan dan penuh warna membuatnya menjadi lebih menarik (udah ada fitur warna HTML yang bisa kamu pelajari).

Walaupun terlihat banyak tambahan desain, CV yang satu ini masih oke kok. Dan yang penting, kalau HRD lihat ada CV kayak gini, pasti bakalan tertarik tuh.

Contoh CV Kreatif

Kreatif itu bisa dituangkan dalam CV kamu juga lho, unduh di sini ya smashresume.com

Sebagai seorang yang kreatif, tentu saja kamu bisa membuat CV yang menggambarkan jiwamu itu. Buat CV dengan tingkat kreatifitas yang tinggi agar terlihat bagus dan dapat menarik perhatian.

Jangan buat CV yang biasa-biasa aja ya, berikan sentuhan kreativitas di dalam CV-mu. Seperti contoh di atas misalnya. Dilihat sekilas saja sudah ketahuan bahwa CV tersebut dibuat dengan tingkat kreativitas yang tinggi.

Contoh CV Bahasa Inggris

Pakai bahasa Inggris kelihatan lebih profesional lho, klik link untuk download behance.net – kolomiets

Buat kamu yang ingin melamar ke perusahaan multinasional atau perusahaan asing, tentu membutuhkan CV dengan bahasa Inggris. Nah, walaupun menggunakan bahasa Inggris, kamu masih bisa kok membuat desainnya jadi menarik.

Contohnya seperti gambar di atas, dengan bahasa Inggris, CV tersebut menjadi tampak profesional. Kalau kamu sudah punya CV berbahasa Indonesia, tinggal translate aja ke bahasa Inggris.

Contoh CV Keren

Orang keren, CV harus keren juga dong, file-nya download di sini ya freesumes.com

Desin CV itu bisa kamu buat sebagus mungkin kok. Nggak harus pakai desain yang tradisional dan kayak gitu aja. Yang penting isinya menjelaskan dirimu dan masih bisa terbaca dengan baik.

Seperti contoh CV di atas ini, kamu bisa membuat CV yang keren seperti itu. Gimana? Keren nggak desain CV-nya?

Contoh CV Infografik

Pakai desain yang informatif, ada file download-nya kalau mau smashresume.com

Desain CV seperti sebuah infografk ternyata juga menarik lho.

Kamu bisa membuat daftar riwayat hidupmu menjadi seperti sebuah informasi perjalanan hidup. Buat desain dengan garis-garis yang menghubungkan antara informasi satu ke informasi yang lainnya.

Contoh CV Fresh Graduate

Para fresh graduate bisa coba desain CV ini, download-nya klik aja link berikut creasi.co.id

Sebagai seseorang yang baru saja lulus kuliah, tentu kamu belum memiliki pengalaman kerja yang banyak. Jadi, yang ditulis di CV pun nggak sebanyak orang yang sudah bekerja.

Kamu bisa kok membuat CV yang menarik untuk seorang fresh graduate. Walaupun minim pengalaman kerja, kamu masih bisa menulis banyak pengalaman lain. Misalnya saja pengalaman mengikuti seminar atau sebuah lomba yang kamu menangkan. Tapi, tentu saja yang kamu tulis itu yang masih ada hubungannya sama pekerjaan ya.

Contoh CV Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Ininih desain yang sering dipakai di Indonesia, klik helpshared.com buat download file

Kalau kamu nggak suka dengan desain CV yang terlalu banyak tambahan, mungkin contoh CV ini bisa jadi pilihanmu. Dengan desain yang biasa, seperti CV pada umumnya.

Kamu bisa membuat CV seperti gambar di atas, mulai dari isi dan desain pun Indonesia banget kan? Mulai dari identitas diri yang lengkap banget isinya, sampai layout yang simple tapi tepat bagus dilihat.

Contoh CV Unik

CV yang unik biasanya anti-mainstream lho, file-nya ada di sini freepik.com

Kalau contoh-contoh sebelumnya memiliki desain yang kreatif, elegan, simple, dan keren, kamu pasti aneh melihat desain CV di atas. Desain CV yang nggak biasa dengan penempatan informasi unik.

Tertarik membuat yang seperti itu? Langsung aja coba dan atur sendiri CV yang kamu inginkan.

Setelah CV jadi, kumpulkan semua berkas di dalam satu map dan tata dengan rapi. Tempatkan CV di urutan pertama ya, biar perekrut baca duluan CV kamu. Tetap semangat dan selamat berjuang :)

Gabung Telegram

Ada banyak insight singkat-menarik yang ditulis di channel Telegram, tapi ngga ada di blog ini karena emang khusus buat catatan-catatan yang singkat-padat-jelas. Gabung sekarang.

Pelajaran Lainnya
Manajemen Sumber Daya Manusia dan Cara Membentuk Super Team
Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Supaya Hasil Lebih Produktif

Yakin Ngga Mau Komen?