Memakan Diri Sendiri

If you don’t cannibalize yourself, someone else will (Steve Jobs)

Cannibalizing yourself merupakan metode yang (terbukti) cukup ampuh untuk dijadikan sebagai pertahanan terbaik dalam menjalani hidup.

Apple tetap merilis iPhone meskipun iPhone akan ‘memakan’ pasar iPod. Demikian pun dengan iPad yang ‘memakan’ penjualan MacBook ataupun iMac. Faktanya, saat ini Apple merupakan perusahaan paling valuable di dunia. Pendapatan dari beberapa produk berkurang namun pendapatan perusahaan secara keseluruhan bertambah.

Perubahan kerap ‘memakan’ ‘jatah’ dari hal yang telah ada. Hal ini menakutkan sekali untuk banyak orang. Tapi konsekuensi dari tidak melakukan hal ini? Jauh lebih fatal. Lihat raksasa yang dengan kokohnya mempertahankan status quo dan enggan merambah hal baru hingga mereka tersadar bahwa mereka terlambat satu juta langkah karena underdog telah dengan sukses melangkahi mereka:

  • Facebook melangkahi MySpace di ranah jejaring sosial
  • iPod melangkahi Walkman di ranah pemutar musik digital
  • Google melangkahi semua Search Engine di ranah mesin pencari
  • WordPress yang melangkahi Movable Type di ranah blogging platform
  • dan lain lain.

Sekarang, kamu.

Sudah puas dengan kamu yang sekarang? Apakah kamu akan mempertahankan status quo, padahal dunia selalu berkembang, hingga akan ada orang lain yang lebih baik datang dan menggantikan tempat kamu? Aspek apa dari diri kamu yang akan kamu buat lebih baik?

Gelasnya hanya ada satu. Sudah penuh belum isinya? Sering kali kamu perlu mengosongkan dulu isi gelasnya untuk kemudian diisi dengan yang lebih baik.

Kamu yang memutuskan.

Leave a Comment