Search Engine Optimization

SEO Basic: Apa Itu SEO?

0
MATERI BELAJAR SEO / Klik Untuk Membuka

Saat ini kamu membaca modul pertama dari lima modul materi belajar SEO.

  1. MODUL 1 – SEO Basic: Apa Itu SEO?
  2. MODUL 2 – Riset Kualitas Keyword & Kompetitor
  3. MODUL 3 – SEO Onpage: Membuat Konten Berkualitas
  4. MODUL 4 – SEO Offpage: Membuat Backlink Berkualitas
  5. MODUL 5 – Evaluasi, Evaluasi dan Evaluasi
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, sebuah strategi yang dilakukan untuk mendapatkan posisi yang menarik di halaman pertama mesin pencari.

Sekarang Google menguasai 70% mesin pencari. Oleh karena itu sah-sah saja kalau mulai materi ini dan seterusnya saya hanya menyebut nama Google ketika berbicara tentang mesin pencari.

Setiap halaman Google menampilkan 10 daftar website.

Dari 10 daftar yang muncul itu mempunyai tema yang relevan dengan keyword atau kata kunci yang kamu ketik di Google.

Pertanyaannya, bagaimana cara Google mengurutkan posisi website di Search Engine Result Page (SERP)? Mengapa hasilnya bisa sangat relevan dan sesuai dengan apa yang kita inginkan?

Google adalah sebuah layanan. Sebagai perusahaan, Google ingin memberikan yang terbaik pada para penggunanya, maka Google menciptakan berbagai algoritma supaya hasil pencarian bisa relevan dan berkualitas.

Artinya, jika kamu ingin mendapatkan posisi yang bagus di halaman pertama Google, maka kamu harus membuat konten yang relevan dengan keyword. Tidak hanya itu, konten yang kamu buat harus konten yang berkualitas.

Buatlah konten yang relevan dan berkualitas.

Selanjutnya definisi dari relevan dan berkualitas ini harus diseragamkan dengan definisi yang dimiliki oleh Google. Karena kalau kamu mempunyai definisi yang berbeda dengan Google, usaha kamu akan sia-sia.

Tapi, penjelasan mengenai definisi relevan dan berkualitas akan dibahas di MODUL khusus. Cukup bersabar dan nikmati proses belajar.

Seberapa Penting SEO Untuk Website kamu?

Data dari searchenginewatch.com mengatakan bahwa 9 dari 10 orang yang membuka internet, menggunakan mesin pencari sebagai bagian dari aktifitas online-nya. Dan seperti yang saya tulis di atas bahwa 70% pengguna mesin pencari dikuasai oleh Google.

Well, kamu sudah cukup pintar untuk mebaca data ringan seperti di atas, kan?

Di bawah ini adalah infografis data pengguna mesin pencari.

Infografis Pengguna Mesin Pencari

Ketika website kamu menempati posisi 3 besar di Google, potensi website kamu untuk dibuka mencapai 70%. Berikut ini gambaran cara membaca potensinya:

  1. Cari tahu seberapa besar pencarian untuk keyword yang kita inginkan. Bisa menggunakan bantuan Google Keyword Planner (di bahas di MODUL riset keyword). Satuan yang digunakan Google Keyword Planner adalah pencarian bulanan.
  2. Potensi pencarian bulanan x 70%

Sebagai contoh:

  1. Keyword “jual kemasan” dicari oleh 2.000 orang setiap bulan.
  2. Website kamu sudah berada di halaman pertama posisi 2 Google.
  3. Maka 2.000 x 70% adalah 1.400
  4. 1.400 adalah potensi klik yang bisa kamu peroleh setiap bulan.

Ingat bahwa pengunjung yang datang melalui Google adalah pengunjung yang sangat berkualitas. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya.

Mesin pencari bisa memberikan pengunjung yang sangat berkualitas, karena jauh sebelum mereka melihat produk atau penawaran kamu, mereka sudah mempunyai 70% niat untuk melakukan transaksi. Mereka sudah siap uang, mereka sudah punya beberapa informasi terkait produk.

Jiwa dan pikiran mereka sudah pada tahap mereka merasa memiliki produk. Ketika mereka melihat halaman penawaran yang menarik, mereka akan melakukan transaksi sambil tutup mata (maksudnya tanpa pikir panjang).

Katanaklah dari 1.400 pengunjung yang datang, yang konversi hanya 20% (ingat bahwa pengunjung dari Google sangat berkualitas, angka 20% adalah angka yang kecil), maka kamu akan mempunyai 280 transaksi dalam 1 bulan.

Apakah angka 280 transaksi ini angka yang sedikit? Iya jika kamu berjualan “produk kecil”. Silahkan baca materi Traffic Kecil Penghasilan Besar untuk menambah wawasan dan membuka mindset kamu.

Sudah mendapat gambaran seberapa pentingnya SEO untuk website bisnis kamu?

Oh iya, tambahan lagi, SEO adalah strategi pemasaran dengan pembiayaan yang sangat murah. Tidak ada biaya marketing yang berulang. Begitu website kamu bertengger di halaman 1, maka website kamu bisa bertahan dengan sangat lama.

Cara Kerja Google dan SEO

Ya, sudah saya tulis juga di atas bahwa Google bertanggung jawab pada para penggunanya untuk menampilkan website yang relevan dan berkualitas.

Google mempunyai algoritma. Algoritma inilah yang bekerja sebagai sistem canggih sehingga pengguna bisa sangat dimanjakan oleh Google.

SEO sangat berhubungan erat dengan cara kerja algoritma Google. Untuk itu, kamu juga harus mengerti bagaimana algoritma ini bekerja.

Berikut ini adalah hal-hal yang dilakukan oleh algoritma Google.

  1. Membaca jumlah kata pada sebuah halaman (konten).
  2. Membaca gambar pada sebuah halaman (konten).
  3. Melihat internal link.
  4. Melihat outbound link.
  5. Membaca backlink.

Tentang poin-poin di atas akan saya bahas di MODUL selanjutnya, tapi tidak ada salahnya bagi kamu untuk membaca materi ini; 8 Cara Supaya Artikel Ramah Google dan Nyaman Bagi Manusia.

Kira-kira seperti itulah algoritma Google dan cara kerja SEO.

SEO Bisa Dilakukan Oleh Semua Orang

Jangan melakukan underestimate terhadap diri kamu sendiri. Siapapun kamu, pendatang baru, tidak paham, bingung dengan istilah, merasa tidak yakin. kamu tetap bisa mendapatkan posisi yang bagus di halaman pertama Google.

Tidak jarang orang yang tidak mengerti konsep SEO tapi bisa menang di halaman pertama.

Mengapa bisa demikian?

Karena memang algoritma Google dibuat untuk membaca pola yang dilakukan oleh blogger, penulis, dan website yang tidak mengerti sama sekali tentang SEO. Sesuatu yang natural.

Apa maksudnya?

Perhatikan saja bagaimana seorang blogger sejati menulis konten. Apa yang biasanya ada pada konten yang mereka tulis? Pasti tidak jauh-jauh dari 5 poin yang sudah saya tulis di atas.

Perhatikan bagaimana mereka membuat internal link, membuat outbound link, memuat gambar, dan sangat menjaga kualitas. Karena sebab kualitas inilah web mereka menjadi banyak dibaca orang, viral, mendapat backlink natural (dibuatkan oleh orang lain).

Tapi tentu saja, hasil SEO akan lebih maksimal ketika itu dilakukan oleh kamu yang mengerti konsep dan cara kerja yang benar. kamu juga akan mengetahui semua prosesnya secara terukur sampai akhirnya sukses.

Seberapa Sulitnya SEO?

Di luar sana ada begitu banyak agency, perusahaan, dan perorangan yang menawarkan jasa SEO. Hal itu membuat kamu mempunyai asumsi bahwa SEO itu hal yang asing dan mustahil untuk kamu lakukan sendiri.

Faktanya tidak demikian. Sangat mungkin bagi single fighter kamu untuk menaklukkan halaman pertama Google.

SEO itu tidak sesulit yang kamu bayangkan. Cukup selesaikan materi yang ada pada 5 MODUL pembahasan mengenai SEO ini, insya Allah kamu bisa melakukan semuanya seorang diri.

Syaratnya kamu mau sabar dan siap untuk konsisten.

Pada materi selanjutnya kamu akan belajar banyak mengenai teknis sederhana yang bisa kamu jadikan daily activity sebagai seorang yang ingin serius menjalani bisnis online.

MATERI BELAJAR SEO / Klik Untuk Membuka

Saat ini kamu membaca modul pertama dari lima modul materi belajar SEO.

  1. MODUL 1 – SEO Basic: Apa Itu SEO?
  2. MODUL 2 – Riset Kualitas Keyword & Kompetitor
  3. MODUL 3 – SEO Onpage: Membuat Konten Berkualitas
  4. MODUL 4 – SEO Offpage: Membuat Backlink Berkualitas
  5. MODUL 5 – Evaluasi, Evaluasi dan Evaluasi
Magang 3 Bulan Untuk Hidup yang Lebih Baik

Insya Allah demikian. Udah kayak kampanye pilpres aja ya, hehe. Monggo yang tertarik bisa langsung baca selengkapnya.

You may also like
Ini ALT (wajib ada)
Cara Supaya Komentar Diapprove Pemilik Situs
Apa Itu Private Blog Network?

Yakin Ngga Mau Komen?

%d bloggers like this: